Inilah Deretan Bahan Baju Anti Kusut yang Wajib Kamu Ketahui!

Author Larusso

Untuk kamu yang memiliki rutinitas harian yang sangat padat, menggunakan bahan baju anti kusut sangatlah penting. Sebab tidak perlu melakukan kegiatan menyetrika. Di mana memang kegiatan ini biasanya membutuhkan waktu lebih lama dan bisa jadi masalah jika kamu sedang buru-buru.

Jika terpaksa menggunakan baju yang kusut, hal ini justru hanya akan membuat penampilan kurang rapi. Untungnya saja saat ini sudah banyak bahan yang anti kusut. Sehingga bisa menjadi pilihan yang tepat. Beberapa bahan tersebut biasanya mudah dilipat dan disimpan. Hal ini akan membuat tekstur bahannya tetap bertahan.

Beberapa Bahan Baju Anti Kusut

Ada banyak bahan baju anti kusut yang bisa ditemukan. Kebanyakan memang familiar ditemukan di pasaran. Nah, beberapa bahan baju ini bisa menjadi pilihan kamu.

Denim

Denim ialah bahan yang biasa digunakan dalam pembuatan jeans. Bahan denim terbuat dari serat kapas yang tebal dan tahan lama. Di mana, bahan ini memiliku kekakuan dan ketahanan yang baik. Itu sebabnya tidak mudah kusut. Di samping itu, bahan denim juga cenderung mempertahankan bentuknya dengan baik.

Bahkan, ketika bahan ini digunakan dalam waktu yang lama, bentuknya akan tetap bertahan. Itu sebabnya, denim menjadi bahan baju anti kusut yang banyak dipilih orang-orang. Tidak hanya dalam bentuk celana, tetapi juga rok, baju, atau jaket.

Satin

Selanjutnya ada bahan satin yang memiliki karakteristik permukaan halus dan mengkilap. Sebenarnya, satin sendiri bisa berkerut ketika dilipat, tetapi bahan ini tidak akan mudah kusut ketika kamu menggunakannya. Hal ini dikarenakan kelembutan dan kekakuan bahan satin mampu mempertahankan bentuknya.

Bahan baju anti kusut ini biasanya digunakan untuk berbagai pakaian formal. Di mana nantinya akan menghasilkan kesan mewah dan elegan. Bahan satin pun bisa menjadi pilihan yang tepat jika kamu memilih baju yang tidak panas.

Wol

Bahan lainnya yang tidak mudah kusut ialah wol. Bahan satu ini merupakan bahan alami yang sangat terkenal dengan kehangatannya. Menariknya lagi, wol juga memiliki sifat tahan kusut yang baik. Itu sebabnya bisa menjadi pilihan yang tepat ketika kamu sedang buru-buru.

Wol sendiri memiliki tingkat elastisitas dan kekakuan yang baik, sehingga mampu menjaga bentuknya. Hanya saja memang bahan baju anti kusut ini juga cenderung berkerut apabila kamu lipat dalam jangka waktu yang sangat lama.

Polyester

Polyester juga masuk ke dalam jajaran bahan anti kusut. Polyester merupakan bahan sintetis yang tahan lama dan tahan kusut. Di mana, bahan ini memiliki sifat yang kurang menyerap air. Sehingga pakaian dari bahan polyester cenderung tidak akan mudah berkerut.

Bahan baju anti kusut ini juga memiliki kelembutan yang baik dan mampu menjaga bentuknya dengan baik juga. Pakaian dari bahan ini tidak akan memerlukan penyetrikaan yang sering, sebab memang bisa dibentuk semula dengan sangat mudah.

Kashmir

Bahan selanjutnya yang akan dibahas ialah kashmir. Bahan yang satu ini sangat terkenal dengan kelembutannya. Serat dari bahan ini sangatlah ringan, halus, dan lembut. Ketika kamu menyentuhnya maka akan memberikan kesan perasaan yang nyaman dan mewah ketika digunakan.

Bahan baju anti kusut ini terbuat dari kambing kashmir dan kambing pashmina. Seratnya yang sangat halus hampir terasa seperti kain sutera. Kashmir sendiri memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap kerutan. Bahan ini cenderung akan mempertahankan bentuknya dengan baik.

Rayon

Rayon ternyata merupakan bahan serat alami yang berasal dari serat selulosa. Bahan ini cenderung memiliki tekstur yang lembut dan sifat anti kusut sangat baik. Biasanya bahan ini sering digunakan sebagai bahan pakaian berupa kaos dan hijab atau busana muslim.

Bahan baju anti kusut ini memiliki tekstur yang halus, licin, dan lembut menyerupai sutra. Di samping itu, bahan ini mudah diwarnai, sehingga memiliki varian warna yang sangat beragam. Rayon pun memiliki daya serap keringat yang tinggi seperti kain katun. Hanya saja karena sifatnya ini, kamu harus menjemur dan mengeringkan bahan ini dengan hati-hati.

Linen

Linen merupakan bahan anti kusut lain yang harus kamu ketahui. Bahan ini terbuat dari serat tanaman rami. Biasanya, baju yang dibuat dari bahan linen akan memberikan tampilan yang alami dan kasual. Itu sebabnya, pakaian dari bahan linen akan sangat cocok digunakan untuk cuaca hangat dan gaya santai.

Salah satu keunggulan dari bahan ini ialah mampu menyerap keringat dengan baik. Itu sebabnya sangat cocok digunakan pada musim panas. Bahan ini juga memiliki sifat tahan terhadap jamur dan bakteri. Ciri-ciri dari bahan baju anti kusut ini terlihat kaku dan cenderung tebal. Tetapi meskipun demikian, jika dipakai kain ini akan terasa halus dan tidak gerah.

Jersey

Nah, kalau bahan yang satu ini merupakan gabungan dari beberapa jenis serat kain sintesis. Biasanya, penggunaan dari bahan ini ialah untuk pembuatan baju olahraga dan gaun. Jersey memiliki kemampuan yang baik untuk bisa meregang dan mengembalikan bentuk semulanya. Itu sebabnya, bahan ini sangat mudah mengikuti bentuk tubuh.

Selain itu, jersey juga merupakan bahan baju anti kusut. Sehingga tidak akan banyak berkerut ketika dilipat atau digunakan. Jersey juga memiliki daya serap keringat yang cukup baik. Itu sebabnya tidak akan terlalu panas ketika kamu gunakan.

Flanel

Bahan selanjutnya yang akan dibahas ialah flanel. Bahan yang satu ini terbuat dari serat wol atau serat katun. Sehingga, teksturnya akan sangat lembut dan berbulu halus. Serat-serat dari bulu halus ini kan membantu menjaga kehangatan tubuh dengan sangat baik. Di samping itu, flanel pun sangat mudah dicuci.

Bahan baju anti kusut ini memiliki pinggiran kain tidak mudah brudu dan terjahit rapi. Bahkan, bahan ini pun sangat mudah untuk dibentuk dan digunting. Biasanya kain ini banyak digunakan untuk kerajinan. Itu sebabnya, kamu bisa membeli bahan flanel dalam ukuran yang kecil.

Spandeks

Terakhir ada bahan spandeks yang dikenal juga dengan nama lycra. Spandeks sendiri terbuat dari serat poliuretan yang dicampur dengan serat-serat lainnya. Salah satu ciri khas utama dari kain ini ialah tingkat elastisitas yang tinggi. Di mana, ketika kamu menariknya dengan kuat, bisa melar dan kembali ke bentuk semula.

Bahan baju anti kusut ini pun cenderung akan tetap rapi dan tidak mudah berkerut meskipun digunakan dalam jangka waktu yang lama. Bahan ini juga sangat populer, khususnya di kalangan wanita. Sebab, banyak ditemukan dalam bentuk dalaman, jilbab, baju olahraga, sampai celana bersepeda.

Itulah beberapa bahan baju anti kusut yang harus kamu ketahui. Dengan mengetahui beberapa bahan di atas, akan mudah bagi kamu memilih baju anti kusut untuk keperluan formal. Di samping itu, kamu juga bisa mengetahui kelebihan lain dari beberapa bahan di atas.

Also Read

Bagikan: