9 Fakta Unik Tembok Attack on Titan

Author Larusso

Keberadaan tembok Attack on Titan menjadi salah satu hal paling mencuri perhatian sepanjang seriesnya berjalan. Ayo, simak apa saja fakta menariknya disini!

Fakta Dibalik Tembok Attack on Titan

Pecinta series anime Attack on Titan dibuat heboh dengan fakta dibalik keberadaan Wall Titan. Bagaimana tidak, ternyata tembok-tembok tersebut adalah pondasi utama dari ketiga tembok pelindung di Pulau Paradis. Bangunan ini baru terungkap ketika pertempuran antara Female Titan Annie dan Attack Titan Eren berlangsung.

Ada sejumlah hal menarik dibalik bangunan kokoh yang misterius tersebut. Penasaran? Kamu wajib baca fakta menarik tembok Attack on Titan ini sampai habis!

Dibangun dengan Kekuatan Founding Titan

Faktanya dinding ini dibangun oleh Raja Karl Fritz sebagai upaya memindah para Eldian ke Pulau Paradis. Tujuannya adalah agar konflik berdarah sembilan Titan yang tak kunjung berakhir lebih terkendali. Pada tahun 743, Raja Fritz menggunakan kekuatan Founding Titan untuk membangung tembok sebagai pelindung penghuni Paradis.

Wall Titan tercipta sebagai pondasi utama dari ketiga tembok raksasa yang tingginya mencapai 50 meter. Dinding-dinding tertata melingkar membentuk sekat kokoh dengan nama tembok Maria, Rose, dan Sina. Ketiga nama tembok Attack on Titan ini merupakan nama dari anak-anak Raja Fritz pertama dengan Ymir Fritz.

Nah, sekarang kamu tidak bertanya-tanya lagi kenapa dalam tembok-tembok itu terdapat Titan. Pertanyaan besar tersebut sudah terjawab pada buku Grisha Jeger yang ada pada episode 19 musim ke-3.

Pure Titan Berwujud Colossal Titan

Tahukah kamu bahwa tembok Attack on Titan adalah salah satu dari jenis Titan murni? Dari penampilan dan wujudnya menyerupai Colossal Titan. Perhatikan bagaimana Wall Titan dilapisi jaringan otot yang keras tanpa kulit. Bedanya, postur wall Titan lebih pendek jika dibandingkan Colossal Titan. Walaupun termasuk dalam pure Titan, ketika Eren berhasil dibunuh di akhir cerita, wall Titan tersebut tidak berubah menjadi wujud manusia.

Pertama Kali Terungkap pada Assault on Stohess Arc

Terungkapnya keberadaan wall Titan sudah disinggung sebelumnya. Dimana baru diketahui selama terjadi pertumpahan darah Titan Shifter yakni antara Titan Annie di Distrik Stohess dengan Attack Titan Eren. Lantas, Female Titan Annie melarikan diri dengan cara memanjat wall Titan. Namun berhasil digagalkan oleh Mikasa. Pertempuran tersebut mengakibatkan kerusakan pada tembok dan sosok tersembunyi di balik tembok terungkap.

Sinar Matahari Mempengaruhi Gerak Titan

Sosok di dalam tembok Attack on Titan itu tidak bisa bergerak akibat kurang mendapatkan sinar Matahari. Hange Zoe melakukan penelitian terhadap Titan dan menemukan bahwa sinar matahari berpengaruh besar terhadap pergerakan Titan. Dan hal ini berlaku juga pada tembok Attack on Titan.

Setelah keberadaan bangunan tersebut terungkap, kerusakan pada tembok diperintahkan untuk ditutup segera. Agar para Titan yang berada di dalam tembok bergerak akibat energi yang didapat mereka dari sinar Matahari.

Hasilkan Uap dengan Suhu Sangat Tinggi

Tembok Attack on Titan juga bisa menghasilkan uap panas, sama seperti para Titan yang lainnya. Titan dalam tembok bisa menghasilkan uap panas akibat suhu yang tinggi. Uap panas yang dihasilkan ini sangat berguna untuk defensif juga ofensif.

Bagaimana tidak? Uap yang dihasilkan oleh wall Titan itu sangat panas. Air laut pun bisa mendidik akibat tingginya suhu yang dihasilkan Titan. Bahkan bisa membuat hangus dan menewaskan manusia dalam sekejap.

Hardening

Fakta unik lainnya, tembok Attack on Titan ternyata mampu melakukan pengerasan. Tapi, kemampuan ini tidak sama dengan kemampuan yang dimiliki oleh kesembilan Titan, ya. Menariknya wall Titan tidak hanya bisa membuat lapisan kulit mengeras, tapi juga bagian-bagian tubuhnya sendiri.

Inilah kelebihan yang kemudian dimanfaatkan oleh Raja Fritz dalam membangun tembok kokoh tersebut. Sayangnya, hanya Founding Titan yang bisa mengaktifkan kemampuan luar biasa tersebut.

Memiliki Kekuatan Menghancurkan sangat Cepat

Tembok Attack on Titan ternyata sangat berbahaya. Kekuatan dan kecepatannya dalam menghancurkan sangat dahsyat. Menurut penelitian Hange Zoe dan tim, wall Titan mempunyai kecepatan menghancurkan lebih cepat dari lari kuda, yakni sekitar 50 km/jam. Meskipun sedang berada di dalam air, wall Titan dapat menjaga kecepatannya dengan stabil.

Daratan sejauh 600 km bahkan bisa wall Titan lintasi hanya dalam waktu 12 jam, atau setengah hari saja. Tubuh besarnya juga memiliki kekuatan besar yang bisa membuat kehancuran. Bangunan bisa dengan mudah dihancurkan hanya dengan sekali langkah. Luar biasa bukan?

Eren Membebaskan Wall Titan untuk Rumbling

Selama rumbling, tembok Attack on Titan menjadi pasukan utama dari Eren. Seluruh tembok dihancurkan sekaligus untuk membangunkan para Titan yang masih tertidur. Sehingga Eren memiliki puluhan juta pasukan yang membuat kehancuran dahsyat. Tak heran jika bukan hanya bangunan yang menjadi korban.

Keberingasan wall Titan menelan korban seluruh makhluk hidup, termasuk manusia. Hingga rumbling baru bisa berhenti setelah Zeke ditumbangkan Levi. Namun sayangnya, sudah 80% populasi dunia yang telah musnah.

Lokasi Attack on Titan Ada di Dunia Nyata

Meskipun tembok Attack on Titan bersetting di dunia fiktif, karya Hajime Isayama ini terinspirasi dari dunia nyata. Ada sejumlah lokasi di dunia nyata yang hampir serupa dengan dengan Pulau Paradis.

Lokasi pertama yakni Nordlingen, Jerman yang merupakan kota yang berada di Distrik Donau Ries, Swabia, Bavaria. Dimana memiliki populasi sebanyak 19.190 jiwa. Sebuah kota yang dikelilingi tembok besar yang menjulang kokoh sebagai pembatas dengan wilayah lainnya. Bentuk dan struktur bangunan di tempat kelahiran Eren Yeager pun dibuat sama persis dengan tembok kota Nordlingen, Jerman.

Kamu juga bisa melihat tembok Attack on Titan versi nyata di Carcassonne, Perancis. Kamu akan melihat tembok seukuran wall Sina di serial anime. Salah satu situs warisan dunia ini juga memiliki kota yang dikelilingi tembok dengan perawatan terbaik di seluruh Eropa.

Bangunan ini merupakan benteng yang dibangun di abad pertengahan Romawi. Sebelumnya hanya sebuah pemukiman biasa, sebelum akhirnya diubah menjadi kota berbenteng oleh Romawi. Bagi kamu penggemar anime Attack on Titan, jangan lewatkan untuk mengunjungi destinasi Carcassonne di Perancis.

Lokasi tembok Attack on Titan di dunia nyata lainnya yaitu Burghausen, Oberbayern. Selain Nordlingen, Jerman juga memiliki destinasi mirip anime lainnya di Distrik Altotting. Lokasinya berada di perbatasan antara Jerman dan Austria dengan kastil terpanjang di Eropa, yakni Kastil Burghausen.

Ada banyak sekali bangunan-bangun dan situs tinggalan abad pertengahan, mulai dari gedung pemerintahan, balai kota, dan sebagainya. Disini kamu akan merasakan suasana layaknya sedang berada di Pulau Paradis tempat para Titan berada.

Selain ketiga lokasi di atas, masih ada kota kuno Bajiao, Tibet yang menyerupai tempat tinggal Eren dan kawan-kawan. Kendati bentuk temboknya tidak sama persis, tapi pemukiman di dalamnya sangat mirip dengan pemukiman.

Ternyata ada banyak fakta unik di balik tembok Attack on Titan. Tidak hanya menonton serial animenya, sekarang kamu juga bisa melihat langsung wall Titan dalam versi dunia nyata. Gimana, sangat menarik bukan?

Also Read

Bagikan: