Ini 10 Cara Menghilangkan Kelunturan Pada Baju Yang Ampuh

Author Larusso

Cara Menghilangkan Kelunturan Pada Baju! Banyak kasus baru beli baju pas dicuci eh ternyata luntur, pasti sebel banget kan. Warna baju yang tadinya bagus tiba-tiba muncul bercak dan warna lain di sana-sini, hal ini sering terjadi karena bahan kain atau sablon an yang mudah luntur. 

Tapi tenang aja, ada kok cara mudah untuk menghilangkan noda di baju Anda. Simak ulasannya dibawah ini. 

10 Cara Menghilangkan Kelunturan Pada Baju

Rendam baju dengan air panas dan detergen

Cara Menghilangkan Kelunturan Pada Baju yang pertama yaitu dengan merendam pada air panas dan detergen. Cara ini mungkin terdengar agak asing tapi sudah banyak yang membuktikan dan ternyata ampuh mengembalikan warna baju Anda yang luntur. 

Tapi cara ini ampuh digunakan jika luntur pada baju Anda belum sampai 24 jam yaa. Jadi kalau Anda sudah menyadari baju kelunturan saat di cuci maka cara cepat mengatasinya dengan cara merendam dengan air panas dan detergen. 

Cara Menghilangkan Kelunturan Pada Baju cukup mudah, Anda bisa langsung menyiapkan air panas secukupnya dan campurkan dengan detergen. Kemudian Anda bisa menambahkan larutan vanish botol cair untuk penghilang noda ke dalam larutan tersebut. Lalu masukkan baju yang terkena luntur dan rendam selama 1 jam.

Setelah 1 jam, bilas baju yang sudah direndam dengan air bersih dingin. Setelah itu, Anda bisa mengeringkan dan menjemur seperti biasa. Jika lunturnya belum lama, biasanya akan cepat hilang dan bisa dengan cara semudah itu lho.

Bersihkan baju dengan larutan garam dan jeruk nipis

Kedua Cara Menghilangkan Kelunturan Pada Baju lain yaitu dengan membersihkannya menggunakan larutan garam dan jeruk nipis. Pernah dengar tidak kalau cara ini bisa mengembalikan warna baju yang kelunturan? Ternyata cara mudah ini bisa mengangkat noda dengan cepat.

Pertama Anda bisa menyiapkan potongan jeruk nipis dan garam, kemudian ambil sikat gigi bekas tapi bersih ya. Jika tidak ada sikat gigi, Anda bisa memakai sika tapa saja yang bulunya lembut. Kemudian ambil campuran garam dan jeruk nipis, letakkan di bagian baju yang terkena luntur.

Setelah itu, Anda bisa menyikat bagian yang kelunturan sampai noda nya hilang. Diamkan selama 30 menit, baru kemudian bisa dibilas atau dicuci seperti biasa. Jemur dan lihat hasilnya, kalau luntur di baju Anda tidak terlalu parah akan kembali seperti warna semula. Cara Menghilangkan Kelunturan Pada Baju ampuh untuk warna baju putih.

Pakai larutan baking soda

Cara berikutnya mungkin sudah tidak asing lagi yaitu dengan menggunakan larutan baking soda. Sudah banyak yang menggunakan cara ini dan terbukti bisa membuat warna baju kembali karena baking soda memiliki sifat asam yang tinggi. 

Cara Menghilangkan Kelunturan Pada Baju ini cukup dengan menyipakan bahan dapur serbaguna yaitu baking soda, kemudian larutkan pada air secukupnya. Lalu campur dengan sedikit detergen yang tidak mengandung pemutih. Masukkan ke dalam larutan.

Biarkan baju terendam selama 15 sampai 25 menit, setelah itu kucek baju dan bilas, keringkan dan jemur. Lihat hasilnya jika belum hilang atau noda masih ada samar-samar, bisa ulangi cara diatas hingga warna baju benar-benar kembali seperti semula.

Memakai belimbing wuluh

Cara Menghilangkan Kelunturan Pada Baju berikutnya yaitu dengan memakai belimbing wuluh. Siapa sangka buah yang rasanya asam dan sering digunakan untuk masakan ini bisa mengembalikan wrana baju yang kelunturan. Bahan alami ini memang terkenal ampuh dalam membersihkan. 

Caranya juga gampang, kalian bisa beli atau memetik dari pohonnya kemudian dipotong jadi dua bagian. Setelah itu gosokkan pada bagian daging belimbing wuluh, baju yang kelunturan tadi. Setelah dirasa cukup, diamkan selama 30 menit. 

Kemudian Anda bisa mencuci nya dengan detergen seperti biasa. Ingat ya, jangan campurkan dengan baju yang berpotensi akan membuat luntur lagi. Setelah itu, jemur dan lihat hasilnya. Cara Menghilangkan Kelunturan Pada Baju ini gampang banget.

Pakai cuka dapur

Lagi-lagi bahan dapur bisa menghilangkan kelunturan pada baju lho, yaitu cuka dapur. Sifatnya yang asam bisa digunakan untuk baju yang luntur. Meskipun cara ini hanya cocok digunakan untuk baju warna putih aja. Caranya juga mudah teteskan cuka dibagian yang luntur, sikat dengan sikat yang lembut dan kucek. 

Setelah selesai biarkan selama 15 menit, barulah bisa Anda bilas dan cuci seperti biasa. Lihat hasilnya jika Cara Menghilangkan Kelunturan Pada Baju dengan cuka dapur ini tidak berhasil Anda bisa mengulang lagi sampai noda nya hilang.

Pakai larutan vetcin dan detergen

Selain cuka dapur, ternyata vetcin bumbu masak ini juga bisa dipakai untuk menghilangkan noda luntur. Caranya mudah cukup campurkan vetsin dengan detergen, perbandingannya 3:2. Setelah itu larutkan dengan air hangat yang cukup dan rendam, diamkan 15-20 menit baru dikucek.

Bilas dengan air bersih dengn suhu dingin, kemudian keringkan dan jemur dibawah sinar matahari. Biasanya noda luntur pada baju Anda akan hilang. Cara Menghilangkan Kelunturan Pada Baju ini bisa dipakai untuk semua warna baju.

Memakai air soda

Kalau cara yang satu ini untuk menghilangkan noda kelunturan yang sudah lebih dari 24 jam yaitu dengan air soda. Wah emang bisa ya? Caranya gampang campur air soda dengan air biasa pada ember. Lalu masukkan baju yang kelunturan dan rendal selama satu malam. Cukup lama sih tapi liat deh hasilnya di pagi hari setelah dibilas dan dijemur.

Pakai semprotan hairspray

Cara berikutnya tidak kalah unik yaitu memakai semprotan hairspray yang biasa digunakan untuk menata rambut. Ternyata hairspray ini bisa dipakai untuk menghilangkan noda akibat kelunturan pada baju yang berwarna, sebuah tips yg sangat mudah

Cukup semprotkan hairspray ke bagian yang luntur tadi, lalu diamkan selama 15-20 menit. Biasanya noda akan langsung terlihat menghilang sedikit demi sedikit. Lanjutkan dengan menguceknya dan bilas dengan air bersih seperti biasa.

Pakai cairan alkohol

Bukan hanya hairspray, alkohol yang dikenal untuk membersihkan bakteri ini ternyata juga bisa untukMenghilangkan Kelunturan Pada Baju. Caranya gampang banget, kalian hanya butuh alkohol beberapa tetes saja diatas noda baju yang kelunturan, biarkan selama beberapa menit dan lihat hasilnya.

Noda luntur biasanya akan seketika hilang, setelah selesai bilas baju Anda dengan air hangat dan cuci bersih. Dijamin baju yang kelunturan tadi akan kembali seperti semula.

Oles dengan aseton

Aseton sebenernya mirip dengan alkohol biasanya dipakai untuk membersihkan cat kuku pada Wanita. Ternyata jadi salah satu tips biasanya hanya untuk baju warna putih atau warna nude yang tidak terlalu terang. 

Caranya cukup oles aseton sedikit saja ke noda luntur, biarkan selama 30 menit dan kucek seperti biasa. Keringkan baju dengan jemur sampai benar-benar kering dan lihat hasilnya.

Nah, itu dia semua Cara Menghilangkan Kelunturan Pada Baju yang mudah dengan bahan yang gampang ditemukan di rumah.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment