Yuk,  Ikuti Cara Mencuci Baju Agar Wangi Seperti di Laundry Simple

Author Larusso

Tentunya, cara mencuci baju agar wangi seperti di laundry merupakan informasi yang dicari oleh cukup banyak orang. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan wangi pakaian yang mendominasi ruangan. Anda juga akan merasa lebih nyaman jika menggunakan baju yang bersih dan wangi. 

Cara Mencuci Baju Agar Wangi Seperti di Laundry Sederhana 

Mencuci baju merupakan salah satu kegiatan dasar yang pastinya dapat dilakukan oleh semua orang. Apalagi sekarang sudah ada bantuan teknologi dengan pemakaian berbagai macam mesin cuci. Anda dapat memilih sendiri untuk mesin cuci yang ingin digunakan. Namun, tidak semuanya bisa wangi.  Karena itu, coba manfaatkan berbagai cara berikut ini: 

Memisahkan baju 

Langkah yang dapat Anda lakukan lebih dulu dalam cara mencuci baju agar wangi seperti di laundry adalah memisahkan baju. Hal ini dilakukan agar baju yang dicuci bersih dengan maksimal. Anda harus memisahkan baju dipisah sesuai dengan warna dan juga jenis bahan yang digunakan. 

Ada beberapa jenis kain yang tidak bisa dicuci menggunakan mesin cuci, jenis seperti ini perlu dipisahkan lebih dulu. Anda juga harus memisahkan warna baru agar tidak ada yang luntur dan mengenai warna baju lainnya. Untuk memastikan hasil cuciannya akan wangi nanti, jangan lupa untuk membersihkan tabung mesin cucinya juga.  

Cek label 

Langkah selanjutnya dalam cara mencuci baju agar wangi seperti di laundry juga ada. Anda bisa menggunakan cara sederhana dengan memeriksa label perawatan yang ada. Setiap jenis baju mempunyai cara pencucian hingga ke penyetrikaan yang berbeda. Agar baju Anda tetap wangi dan terawat secara awet, gunakan panduan yang ada pada label.

Jangan asal mencuci atau mengeringkan baju. Ada beberapa baju yang hanya bisa dibilas saja. Ada juga yang tidak bisa disetrika karena akan menempel.  Semua ini diberikan dalam label sehingga Anda tidak perlu merasa bingung dalam mencuci nantinya. 

Memilih detergen 

Salah satu kunci dalam cara mencuci baju agar wangi seperti di laundry juga dapat dilihat dari detergen yang digunakan. Memilih detergen baju adalah hal yang penting karena tidak semuanya wangi dan berkualitas. Ada yang menimbulkan bercak putih pada pakaian juga. Karena itu, cari yang memang mudah larut dan wangi ketika mencuci. 

Untuk memilih deterjen yang akan digunakan, ada berbagai tips yang dapat Anda manfaatkan juga.  Setiap jenis pakaian yang ada membutuhkan deterjen yang berbeda juga. Agar hasilnya optimal, Anda bisa menggunakan deterjen cair jika bajunya berwarna.  Jadi, lebih mudah larut dan warna baju tidak mudah pudar. 

Dalam pemilihan deterjen untuk baju putih dan berbahan wol juga berbeda lagi. Untuk baju dengan warna putih, usahakan untuk menggunakan deterjen model bubuk.  Hal ini dikarenakan deterjen ini lebih baik dalam mengangkat noda. Jika menggunakan bahan sutra, belilah deterjen yang memang khusus untuk ini. 

Rendam sebentar 

Selain pemilihan deterjen yang berperan penting untuk mendapatkan baju yang wangi, ada hal lain untuk diperhatikan. Pastikan kalau Anda merendam baju dalam waktu yang pas saja. Jangan merendam baju terlalu lama karena akan menyebabkan baju mengalami perkembangbiakan bakteri. 

Biasanya, ada orang yang tidak paham ketika mencuci pakaian dan wanginya seperti di laundry yang satu ini.  Banyak yang merendam baju melebihi waktu yang ditentukan. Cukup rendam baju selama 15 hingga 20 menit. Langkah ini hanya perlu dilakukan jika baju Anda terlalu kotor atau ada noda yang membandel. 

Cek kualitas air 

Kualitas dan suhu air juga akan mempengaruhi pakaian yang Anda cuci. Setiap laundry cenderung memperhatikan kualitas air untuk mendapatkan cucian dengan hasil yang optimal. Anda dapat dengan mudahnya menggunakan suhu air yang sesuai dengan jenis kain. Suhu air juga memberikan pengaruh besar tergantung pada tingkat kekotoran pakaian. 

Agar tidak ada noda dalam pembersihan pakaian yang dicuci, gunakan cara cepat dengan memilih air bersih. Air yang bersih dan jernih akan membantu menghindari pakaian bertambah noda. Jika Anda menggunakan air yang keruh, hal ini akan meninggalkan noda kuning pada pakaian. 

Gunakan pelembut dan pewangi 

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah menggunakan pelembut atau pewangi baju yang tepat. Sebenarnya, tidak semua orang menggunakan pelembut dalam mencuci. Banyak yang merasa malas dan berakhir dengan menggunakan deterjen saja. Padahal, untuk mendapatkan pakaian dengan wangi impian, produk yang satu ini sangat penting. 

Dalam upaya yang dilakukan, sebaiknya memilih pelembut yang tepat merupakan hal penting. Anda perlu menggunakan produk ini pada bilasan terakhir. Dengan begitu, wanginya akan melekat pada baju dan lebih tahan lama. Pelembut juga akan membantu baju agar tidak mudah kusut dan jauh lebih mudah untuk disetrika.

Jemur dengan baik cara mencuci baju agar wangi seperti di laundry

Langkah menjemur baju juga menjadi hal penting yang tidak banyak diperhatikan. Anda harus memastikan kalau baju yang sudah dibilas dan diberikan pelembut ini dikeringkan. Cara mengeringkannya cukup mudah dimana hanya perlu mencari tempat yang berangin. Pilih tempat tanpa paparan sinar matahari secara langsung.  

Paparan matahari akan membuat warna baju menjadi luntur jika terkena secara langsung. Karena itu, hindari dari matahari tetapi jangan di dalam ruangan.  Ketika melakukan pencucian biasa, usaha Anda akan menjadi sia-sia karena baju bau apek. Segera angkat baju jika sudah selesai dikeringkan.  

Gunakan Parfum Cara Mencuci Baju Agar Wangi Seperti di Laundry

Langkah selanjutnya yang sangat membantu dan termasuk dalam kategori langkah yang cepat adalah menggunakan parfum. Penggunaan parfum sembari setrika baju merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Anda harus memilih parfum yang tepat dan baunya memang diinginkan. Tidak semua parfum wanginya akan cocok dengan baju Anda.  

Dala tips serta cara yang sangat tepat ini, Anda sebaiknya membeli parfum laundry merupakan langkah yang besar. Anda bisa mencari parfum laundry di berbagai macam tempat. Ada yang menjual parfum seperti ini di ecommerce.Namun, ada juga yang menjual produk secara langsung, beli dan semprotkan dalam jumlah yang sesuai.

Masukkan ke lemari 

Jangan membiarkan baju yang sudah Anda cuci dan setrika berada di luar ruangan dalam waktu yang lama. Hal ini akan membuat wangi pada pakaian Anda menjadi hilang. Untuk mencegah hilangnya wangi laundry pada baju Anda, simpan baju. Anda hanya perlu memasukkan pakaian ke dalam lemari dan menambah parfum agar wanginya tidak hilang. 

Cara mencuci baju agar wangi seperti di laundry ini sangat penting untuk dilakukan. Jika ingin baju awet wanginya, pastikan untuk tidak banyak berkeringat di luar ruangan. Selain itu, gunakan juga parfum pada pakaian Anda jika ingin beraktivitas outdoor. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan baju yang wangi sesuai keinginan. 

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment