3 Cara Menempelkan Tempered Glass yang Sudah Tidak Lengket Pada Layar Ponsel

Author Larusso

Menggunakan tempered glass sudah merupakan “item  wajib” yang harus terpasang pada ponsel. Namun, ada kalanya tempered glass ini tidak bisa melekat dengan baik.  Itu sebabnya, Anda harus tahu bagaimana cara menempelkan tempered glass yang sudah tidak lengket tersebut. Apakah menggunakan lem, minyak goreng, minyak zaitun, baby oil, atau bahan lainnya. Seperti apa caranya? Berikut penjelasannya. 

Begini Cara Menempelkan Tempered Glass yang Sudah Tidak Lengket

Ada berbagai macam kondisi yang membuat tempered glass tidak bisa lengket pada ponsel. Bisa disebabkan adanya gelembung udara di bagian-bagian tertentu tempered glass atau karena cara pasangnya yang tidak tepat sehingga membuat bagian ujungnya terkelupas. 

Ingin memperbaiki sendiri? Berikut cara-cara yang bisa dilakukan di rumah untuk menempelkan kembali tempered glassyang sudah tidak lengket pada ponsel. 

Cara Menempelkan Tempered Glass yang Sudah Tidak Lengket Menggunakan Lem

Umumnya, setiap tempered glass yang dijual sudah dalam kondisi siap pakai. Artinya, setiap orang bisa memasangnya sendiri dan tidak perlu menggunakan perekat tambahan. 

Namun, terkadang ada bagian tertentu pada tempered glass yang terkelupas atau terangkat karena lem di bagian tersebut tidak bisa melekat. 

Solusi untuk mengatasi bagian tempered glass yang terangkat tersebut adalah dengan menambahkan lem kembali. Berikut caranya.  

Tambahkan Lem

Cara menempelkan tempered glass yang sudah tidak lengket adalah dengan menggunakan lem tempered glass ke bagian yang terangkat atau terkelupas. Lem ini bisa Anda temukan dengan mudah di toko yang menyediakan aksesoris ponsel. 

Kondisi ini biasanya terjadi pada ponsel dengan layar 2,5D. Sebagian besar ponsel jenis ini bagian pinggirnya melengkung sehingga tempered glass tidak bisa melekat dengan kuat. 

Untuk mengatasinya mudah, tinggal menambahkan lem tempered glass dan mengoleskannya di bagian pinggir tempered glass. 

Gunakan Tusuk Gigi

Setelah menambahkan lem tempered glass, gunakan aplikator yang ada di bagian ujungnya agar lem bisa tersebar secara merata ke seluruh bagian, terutama di bagian pinggir tempered glass.

Kemudian, lap permukaan layar ponsel sambil ditekan-tekan secara perlahan sampai Anda yakin bahwa lem tempered glass telah terpasang/melekat dengan sempurna. 

Cek ulang dan pastikan tidak ada bagian pelindung layar ponsel yang bergelembung ataupun ada noda kotoran yang ikut menempel.

Jika ada bagian ponsel yang sulit dijangkau oleh aplikator lem, cara menempelkan tempered glass yang sudah tidak lengket adalah dengan memanfaatkan tusuk gigi untuk mengangkat pelindung layar ponsel tersebut. 

Mulailah dari ujung yang lebih lebar lalu secara perlahan angkat tempered glass dengan lembut. Hindari memulainya dari bagian depan karena bisa membuat tempered glass menjadi pecah.

Bersihkan Layar

Setelah menambahkan lem dan meratakannya dengan aplikator lem dan tusuk gigi, cara menempelkan tempered glassyang sudah tidak lengket selanjutnya adalah membersihkan permukaan layar. 

Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa mengaplikasikan minyak kayu putih pada layar. Kemudian, lap layar ponsel menggunakan kain khusus (microfiber) atau tisu. Cairan minyak ini mampu membersihkan minyak sekaligus kotoran yang mungkin menempel di jari Anda.

Cara Menempelkan Tempered Glass yang Tidak Lengket karena Bergelembung 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada kalanya pelindung layar ponsel tidak bisa melekat dengan tepat karena ada bagian yang bergelembung. 

Sebelum melakukan perbaikan, sebaiknya siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan seperti cotton bud, kain microfiber, dan minyak goreng/minyak zaitun/baby oil. 

Apabila semua bahan telah tersedia, cara menempelkan tempered glass yang sudah tidak lengket selanjutnya adalah sebagai berikut: 

Siapkan Cairan

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah memastikan bahwa cairan yang digunakan adalah cairan yang sifatnya sedikit lengket di tangan namun tidak terlalu pekat. 

Anda bisa menggunakan minyak goreng yang masih baru untuk melekatkan tempered glass ke layar ponsel. Jika kurang menyukai aroma dari minyak goreng, Anda bisa menggantinya dengan cairan yang lebih harum seperti minyak zaitun atau baby oil. 

Perlu diingat, hindari penggunaan cairan yang sifatnya terlalu encer untuk mencegah cairan tersebut merembes masuk di sela-sela ponsel. Jika terjadi, bisa berpotensi merusak perangkat ponsel Anda. 

Matikan Ponsel 

Saat mempraktekkan tips serta cara yang paling rekomended ini, pastikan ponsel dalam keadaan mati. Ini perlu dilakukan untuk mencegah kerusakan yang bisa terjadi pada ponsel saat proses perbaikan atau pembersihan layar berlangsung. 

Pasalnya, sangat beresiko jika melakukan perawatan/perbaikan dalam kondisi nyala. Khususnya di bagian sensitivitas ponsel yang bisa berkurang atau bahkan rusak akibat terkena minyak. 

Gunakan Cotton Bud

Untuk meminimalisir potensi kerusakan yang terjadi pada ponsel, Anda bisa menggunakan cotton bud. Jadi, tuangkan minyak goreng/minyak zaitun/baby oil ke wadah kecil. 

Kemudian, celupkan cotton bud ke cairan tersebut lalu oleskan ke pinggiran tempered glass yang tidak menempel ke layar ponsel. Agar lebih maksimal, Anda bisa mengangkat tempered glass sedikit lebih lebar agar minyak bisa mengoleskan masuk ke celah tersebut. 

Biarkan minyak tersebut mengisi celah sampai tidak ada lagi bagian tempered glass yang bergelembung. Ingat, usahakan cairan yang digunakan tidak melebar sampai kemana-mana. Jadi, cukup oleskan pada bagian yang terlihat bergelembung saja. 

Lap Ponsel Menggunakan Kain Halus

Setelah mengoleskan minyak secukupnya, tips dan cara berikutnya adalah mengambil kain lap yang berserat halus (microfiber) untuk membersihkan sisa-sisa minyak yang berlebih pada ponsel. 

Jika tidak memiliki kain microfiber, Anda bisa mengelap ponsel menggunakan tisu berbahan lembut. Lap seluruh permukaan ponsel sampai sisi tau bagian tempered glass tersebut rata dan lapisan lemnya bisa merekat kembali. 

Menggunakan Lem UV Full Cover

Tempered glass yang sudah tidak lengket pada layar ponsel juga bisa diatasi dengan menggunakan lem UV full cover.Lem yang satu ini memiliki daya rekat yang cukup kuat dan mampu bertahan lama. 

Selain itu, lem UV full cover juga bisa melindungi tempered glass dari potensi retak, bekas sidik jari, benturan, debu, kotoran atau minyak yang bisa jadi menempel pada layar ponsel. 

Sebelum menerapkan tips yang super mudah ini menggunakan lem UV full cover,Anda harus melepaskannya terlebih dahulu. Berikut caranya. 

Bersihkan Layar Ponsel

Anda harus membersihkan permukaan layar ponsel terlebih dahulu sebelum menempelkan tempered glass, bisa menggunakan minyak kayu putih atau alkohol. Kemudian, tutup lubang speaker dengan lakban, stiker, atau menggunakan dust remover.

Ini dimaksudkan agar cairan lem tidak merembes hingga masuk ke lubang speaker dan merusak perangkat di dalamnya. 

Tuangkan Lem

Cara menempelkan tempered glass yang sudah tidak lengket berikutnya adalah membuka bagian tutup lem dan tuangkan ke tengah layar. 

Usahakan tidak ada gelembung yang muncul saat proses penuangan lem berlangsung. Kemudian, letakkan tempered glass ke posisi semula dan biarkan lem menyebar tanpa perlu ditekan. 

Gunakan Sinar UV

Tahap akhir adalah mengeringkan lem dengan mengarahkan sinar UV ke tempered glass sekitar 4 menit atau hingga kering dan terpasang secara sempurna. 

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merekatkan kembali tempered glass yang terangkat atau bergelembung. 

Jika sudah menerapkan cara menempelkan tempered glass yang sudah tidak lengket hingga berfungsi dengan baik kembali, jangan lupa untuk membersihkan layar secara rutin. Selamat mencoba. 

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment