Ketahui Cara Merawat Jet Cleaner Yang Efektif dan Tahan Lama

Author Larusso

Apakah Anda sudah tahu cara merawat jet cleaner yang baik dan benar? Jika belum Anda berada di laman yang tepat. Karena di sini, kami akan menjelaskan kepada Anda bagaimana caranya dan juga fungsi dan jet cleaner sendiri itu seperti apa.

Pencucian bertekanan memberikan pembersihan menyeluruh dan mendalam yang jauh lebih penting daripada yang Anda kira—tidak semuanya penting tentang penampilan, meskipun penampilan juga penting. 

Cara Merawat Jet Cleaner Yang Efektif 

Pembersihan yang baik dapat mencegah kerusakan pada rumah atau bisnis Anda dan bahkan membantu menjaga keluarga atau karyawan Anda tetap aman dan sehat. Maka dari itu penting untuk mengetahui cara merawat jet cleaner.

Pembersih bertekanan dapat membersihkan permukaan jalan lebih cepat dan lebih dalam dibandingkan pipa selang, serta menggunakan lebih sedikit air. Mencuci mobil dengan mesin cuci bertekanan juga meningkatkan kualitas pencucian mobil, dan sekali lagi, air yang digunakan jauh lebih sedikit, sehingga menghasilkan lebih banyak mobil yang dicuci.

Namun tidak semua mesin cuci bertekanan dibuat sama, dan bergantung pada faktor-faktor tertentu, ukuran mesin cuci bertekanan yang Anda perlukan akan menentukan. Jika Anda tidak mendapatkan mesin cuci bertekanan yang tepat untuk penggunaan yang dimaksudkan, mesin tidak akan bertahan lama. Sehingga penting untuk mengetahui cara merawat jet cleaner.

Rawat mesin Anda, periksa kebocoran, ganti bagian yang aus, dan pastikan untuk mengganti oli di pompa, setiap 300 jam penggunaan. Yang terbaik adalah berinvestasi pada mesin berkualitas baik.

Yaitu yang mampu melakukan fungsi yang diperlukan – mencoba menghemat uang dengan membeli pembersih bertekanan tinggi yang lebih kecil hanya akan membuat Anda mengeluarkan biaya lebih banyak untuk perbaikan. Berikut adalah cara merawat jet cleaner yang bisa Anda coba aplikasikan.

Air Menetes

Air menetes sudah menjadi masalah umum yang terjadi pada perlengkapan saniter kamar mandi. Meski pegangannya tertutup, air tetap saja menetes atau bahkan mengalir deras. Bagaimana memperbaikinya:

  • Buka katup atau penutup pegangan pada jet washer menggunakan kunci L.
  • Lepas mixer atau “hati” yang berfungsi sebagai keran terbuka dan tertutup pada jet washer.
  • Ganti dengan mixer baru dan tutup kembali.

Bocor Pada Selang

Cara merawat jet cleaner berupa masalah air yang menetes tidak hanya terjadi pada bagian ujung keran jet washer, namun juga pada bagian selang. Seperti diketahui, jet washer terdiri dari pegangan keran dan selang yang dihubungkan di bawahnya. 

Biasanya air akan bocor dan keluar melalui sambungan selang. Jika dibiarkan, selain membuat toilet membanjiri, air yang keluar terus-menerus akan membuat tagihan Anda membengkak. Solusinya:

  • Periksa penyebab kebocorannya, bisa karena kebocoran pada jet washer itu sendiri atau karena seal yang rusak.
  • Jika seal jet washer rusak, buka handle dengan kunci L, lepas seal dari selang.
  • Ganti dengan segel baru dan tutup kembali pegangan jet washer.

Kenop Rusak

Cara merawat jet cleaner berupa kenop jet washer digunakan dengan cara ditekan. Semakin keras Anda menekan kenopnya, semakin banyak air yang keluar. Namun seringkali kenopnya rusak atau sudah “dol” sehingga tidak bisa digunakan untuk mengatur intensitas debit air pada jet washer. Untuk memperbaikinya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka pegangan jet washer dengan kunci L.
  • Cabut knop yang rusak, ganti dengan knop yang baru.
  • Setelah selesai, tutup jet washer kembali normal.

Itulah cara merawat jet cleaner sesuai kendala masing-masing. Namun perlu diperhatikan, jet washer juga perlu perawatan agar tidak rusak. Kerak air yang menempel pada jet washer berpotensi merusaknya sehingga harus dibersihkan secara berkala agar optimal. Anda bisa mengikuti tahap-tahap di bawah ini!

  • Keringkan dan bersihkan terlebih dahulu permukaan jet washer yang akan dibersihkan dengan kain.
  • Oleskan cairan Chrome cleaner pada washer jet, diamkan selama 1 menit.
  • ​​​​​​​Setelah itu, keringkan kembali jet washer menggunakan lap.
  • Lakukan secara rutin sesuai intensitas pemakaian, minimal dua minggu sekali.

Manfaat Jet Cleaner

Sederhananya, jet cleaner adalah penggunaan pancaran air berkekuatan tinggi untuk membersihkan lumpur, debu, kotoran, cat lepas, lumut, ganggang, dan residu lainnya dari permukaan. Sehingga penting untuk mengetahi cara merawat jet cleaner.

Bagian “tekanan” inilah yang membuatnya jauh lebih efektif daripada sekadar mencuci biasa dengan air dan minyak siku, serta kemampuan pancaran air untuk menjangkau sudut dan celah kecil dan mengeluarkan semua kotoran yang tidak terlihat. Lalu apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan?

Mencegah Kerusakan

Apa bahayanya kotoran dan lumut terhadap rumah? Ternyata… banyak. Kotoran, lumut, kotoran, dan zat lain yang menumpuk pada bangunan atau benda luar ruangan Anda dapat menggerogoti permukaan sehingga menyebabkan korosi. Sehingga penting untuk mengetahi cara merawat jet cleaner.

Bahan-bahan tersebut tidak hanya merusak cat, pelapis beton, dan pelapis permukaan lainnya, tetapi juga dapat menyebabkan kerusakan pada material di bawahnya, seperti pelapis dinding vinil atau kayu dek Anda. 

Kerusakan tidak hanya berdampak pada permukaan saja, karena begitu lapisan permukaan dan material mulai rusak, semua yang ada di bawahnya juga rentan terhadap kerusakan. Artinya, bagian dalam dinding Anda dapat terkena kelembapan, hama, dan pengganggu lainnya. Sehingga penting untuk mengetahi cara merawat jet cleaner.

Menghemat Uang

Setelah mengetahui tentang kerusakan yang dapat dihentikan dengan pencucian yang baik, masuk akal jika pencucian bertekanan juga menghemat banyak uang dengan mencegah kerusakan.

Mencuci rumah atau bisnis Anda secara teratur jauh lebih murah daripada memperbaiki kerusakan yang diakibatkan oleh penumpukan kotoran dan kotoran. Pencucian bertekanan adalah pemeliharaan preventif. Sehingga penting untuk mengetahi cara merawat jet cleaner.

Menghemat Waktu dan Tenaga

Waktu Anda sangat berharga, jadi ini merupakan manfaat yang signifikan. Anda mungkin yakin bahwa membersihkan bagian luar bangunan itu penting, tetapi mengapa Anda harus menggunakan pencucian bertekanan khusus? 

Jumlah waktu dan tenaga yang Anda hemat dengan mengetahui Sehingga penting untuk mengetahi cara merawat jet cleaner, dibandingkan mencoba membersihkan barang atau bangunan secara manual, sungguh mengesankan. 

Bayangkan Anda mendapatkan spons pel bergagang panjang dan seember air dan pergi ke luar untuk menghabiskan akhir pekan Anda dengan membersihkan bagian luar rumah.  Anda akan mendapatkan latihan lengan yang sangat baik, tetapi Anda mungkin tidak bisa menyelesaikan semuanya dalam beberapa hari. 

Pembersih Lebih Aman

Kita semua tahu cara merawat jet cleaner yang baik penting untuk menjaga kesehatan kita, namun banyak orang tidak menyadari bahwa kebersihan permukaan luar di sekitar rumah dan tempat kerja kita juga dapat berdampak langsung pada kesehatan dan keselamatan keluarga, karyawan, dan bahkan kita. 

Pencucian bertekanan menghilangkan ancaman bakteri penyebab penyakit dan menciptakan lingkungan yang kurang ramah terhadap hama, sehingga melindungi keselamatan semua orang di dalam gedung. Itulah cara merawat jet cleaner yang bisa Anda coba lakukan. Berikan perawatan yang baik agar barang Anda dapat bertahan lama. Semoga bermanfaat!

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment