Cara Membuat Lampu Belajar dari Tempurung Kelapa Estetik

Author Larusso

Cara Membuat Lampu Belajar dari Tempurung Kelapa

Kelapa memiliki segudang manfaat, bahkan limbahnya sekalipun. Salah satu limbah kelapa yang bermanfaat adalah tempurungnya. Anda bisa memanfaatkan bahan tempurung untuk membuat apa saja. Bahan daur ulang dari tempurung kelapa adalah lampu belajar.

Cara Membuat Lampu Belajar dengan Bahan Tempurung Kelapa

Cara Membuat Lampu Belajar dari Tempurung Kelapa

Beberapa tips dan cara membuat lampu belajar dari tempurung kelapa.

Menyiapkan Bahan dan Alat-alat Sesuai dengan Kebutuhan

Sebelum merakit lampu belajarnya, siapkan bahan dan alat-alatnya terlebih dahulu. Alat dan bahan yang anda siapkan, antara lain limbah tempurung buah kelapa.

  • Pertama, adalah menyiapkan buah kelapa 1 biji atau tempurung buah kelapa sebesar satu tangkap.
  • Selanjutnya, mempersiapkan tiang lampunya. Anda dapat memanfaatkan tiang bekas lampu belajar. Untuk membuat lampu belajar yang fleksibel, anda dapat menambahkan mur baut. Selain penyangga dari lampu bekas, manfaatkan juga pipa fleksibel. Dengan begitu, lampu dapat anda putar ke segala arah.
  • Supaya batok kelapa terlihat lebih halus, bersihkan bagian dari limbah ini. Amplas permukaan batok kelapa hingga halus. Hal ini untuk menghindari risiko terluka yang terjadi akibat permukaan batok kelapa masih kasar. Gosok batok kelapa hingga halus. Hingga muncul tekstur batok kelapa yang estetik. Motif batok kelapa memberikan kesan sendiri bagi tekstur pembungkus bola lampu.
  • Siapkan spidol.
  • Sakelar sesuai kebutuhan.
  • Persiapkan gergaji jenis gergaji tangan dengan gigi halus.
  • Kabel sepanjang 1 hingga 2 meter.
  • Kertas amplas kasar dan halus.
  • Lampu belajar bekas dan ambil bagian tiang lampunya saja.

Bahan-bahan tersebut merupakan bagian dari cara membuat lampu belajar dari tempurung kelapa.

Membuat dan Merakit Lampu Belajar dari Tempurung Kelapa

Setelah menyiapkan bahannya, saatnya untuk merakit dengan persiapan alat tadi. Beberapa langkah yang perlu anda lakukan adalah:

  • Awali dengan membersihkan batok kelapa dengan amplas. Bersihkan semua sabut dan kulit dari batok kelapa. Supaya batok kelapa menjadi presisi, lingkari batok kelapa terlebih dahulu menggunakan spidol. Belah menjadi dua bagian dengan menggunakan gergaji tangan.
  • Ambil amplas kasar dan gosokkan pada permukaan belahan batok kelapanya. Gosok permukaannya hingga semua bagian permukaan kasar hilang. Berikutnya gosokkan permukaan batok dengan amplas halus pada tahap finishingnya. Jika tampilannya ingin terlihat lebih bersih dan mengkilap, tambahkan cat pernis.
  • Langkah selanjutnya pada cara membuat lampu belajar dari tempurung kelapa, proses melubangi. Buat lubang pada batok kelapa yang pas untuk kabel fitting bola lampu. Jadi, buat lubang yang tidak terlalu lebar dan besar. Selanjutnya, tambahkan tiang lampu dengan cara menguncinya. Ikat dan kunci pengait dengan 2 set mur baut. Supaya tidak ikatannya kuat, tambahkan ring plat yang ada pada bagian dalam permukaan batok kelapa.
  • Cara selanjutnya adalah memberikan dudukkan lampu. Pasang bagian dudukkan pada bagian dalam batok kelapa. Terutama fokuskan pada bagian batok kelapa atas. Gunakan sekrup dan plat tipis untuk mengunci dudukkan dan pegangan lampu. Pastikan juga kabel telah terpasang pada fitting lampu melalui bagian plus minusnya. Ulur kabel dan masukkan ke dalam tiang lampu. Hubungkan kabel ke bagian dasar lampu.
  • Setelah kedua batok kelapa yang terbelah tadi sudah terhubung, saatnya memasang sakelar. Pasang sakelar pada bagian belahan batok kelapa yang satunya. Setelah steker dan kabel terpasang listrik, anda dapat menggunakannya.
  • Sekarang, semua alat dan perangkat telah terpasang dengan kuat. Lampu belajar dari tempurung kelapa yang estetik dan ekonomis bisa anda pakai.

Mencari Beberapa Ide Lain dalam Mendesain Lampu Belajar

Ketika masih bingung menentukan cara membuat lampu belajar dengan bahan tempurung kelapa, cari model lain. Ada banyak konsep dan model lampu belajar yang anda temukan. Model lampu belajar meja, lampu belajar tempel, sampai desain yang lebih minimalis lagi.

Pastikan lampu hemat ruang dan lebih stabil. Selain itu, pastikan lampu belajar lebih fleksibel dan mudah untuk anda pindahkan. Cari konsep, ide-ide model lampu lain melalui beberapa referensi. Eksplore informasi melalui website, desain furniture, warna dan ide-ide menarik dari desain lampu lainnya.

Dengan banyaknya inovasi dan ide lampu lainnya, cara membuat lampu belajar dari tempurung kelapa pun bisa melakukannya dengan mudah. Sudah siap membuatnya?

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment