Cara Menggunakan Mesin Fotocopy untuk Pemula

Author Larusso

Cara Menggunakan Mesin Fotocopy

Bagaimana cara menggunakan mesin fotocopy? Walaupun jenis mesin ini sudah sering masyarakat lihat, namun bukan berarti semua orang tahu cara menggunakannya, sebab mesin fotokopi memiliki harga yang terbilang mahal, sehingga bukan barang elektronik yang biasa masyarakat gunakan.

Semakin jarang tersebut masyarakat gunakan, maka semakin sedikit pula orang yang memiliki kemampuan untuk mengoperasikannya. Memang kita tak akan setiap waktu menggunakannya, tetapi saat memiliki kemampuan untuk mengoperasikan mesin fotocopy maka hal itu bisa memberikan keuntungan.

Cara Menggunakan Mesin Fotocopy yang Benar

Cara Menggunakan Mesin Fotocopy

Setelah mengetahui apa saja macam-macam mesin fotocopy, maka sudah saatnya untuk mengetahui bagaimana cara memakai mesin fotocopy yang paling benar dan aman. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kita ikuti:

Menyalakan Mesin

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menyalakan mesin fotokopi terlebih dahulu. Cara untuk menyalakannya dengan menekan tombol ON selama beberapa saat, kemudian monitor yang ada di sebelah tombol pun akan menyala. Jika monitor sudah menyala maka mesin tersebut sudah siap untuk kita gunakan.

Memasukkan Kertas ke dalam Rak

Langkah berikutnya adalah memasukkan kertas ke dalam baki atau rak yang telah tersedia, ukuran kertasnya berbeda-beda, sesuai dengan yang kita butuhkan. Mulai dari A4, A3, sampai F4.

Posisikan Dokumen dalam Mesin

Sekarang kita buka kap mesin fotokopinya, lantas letakkan dokumen atau pun media yang akan kita fotokopi. Misalnya saja lembar dokumen, kartu, buku, atau media lainnya, cukup letakkan saja pada bagian kacanya secara terbalik. Jadi bagian yang akan kita cetak letakkan menghadap ke kaca tersebut.

Kemudian supaya hasil fotokopi tak terpotong, maka pastikan tepi dokumen yang kita fotokopi, tepi dokumennya harus pas berada pada bagian tengah dan setelah itu baru tutup kapnya.

Mengatur Ukuran Kertas pada Mesin

Sampai yang telah tersampaikan sebelumnya, bahwa dalam mesin fotokopi ada pengaturan macam-macam ukuran kertas. Jangan lupa atur dulu ukuran kertas hasil cetak nanti dengan memakai tombol ‘Paper Select’ yang tersedia. Kita juga bisa tentukan orientasi cetaknya apakah landscape atau portrait.

Menentukan Jumlah Cetakan Dokumen

Kita bisa menentukan seberapa banyak jumlah cetakan dokumennya, dengan memasukkan jumlah output dokumen dalam mesin. Misal ingin mencetak sebanyak 50 lembar, maka tekan angka 5 dan 0 satu kali saja.

Supaya proses fotokopi berjalan lancar dan tak terjadi macet, pastikan jumlah kertas dalam rak mencukupi. Tak ada salahnya kita menambah kertas terlebih dahulu supaya tak mengalami masalah nantinya.

Memulai Proses Cetak 

Sekarang kita bisa menekan tombol Start atau Mulai untuk mencetak dokumen. Prosesnya sangat cepat, jadi bisa kita tunggu hingga mesinnya mencetak semua dokumen sejumlah yang telah terinput sebelumnya. Hasil cetak akan keluar pada bagian bawah rak kertas sehingga terpisah dari kertas yang masih kosong.

Macam-macam Mesin Fotocopy

Jika mengira mesin fotokopi hanya ada satu jenis saja, maka itu adalah pernyataan yang salah. Sebab banyak sekali model dan jenis mesin fotokopi sekarang ini. Itulah kenapa cara menggunakan mesin fotocopy terkadang berbeda satu sama lain.

Nah berikut adalah macam-macam mesin fotokopi:

Mesin Fotokopi Hitam Putih

Merupakan mesin yang menggunakan satu tinta saja yakni hitam, dan paling banyak terpakai dalam dunia perkantoran.

Mesin Fotokopi Warna

Merupakan mesin yang memakai empat warna yaitu cyan (c), magenta (m), kuning (y), serta hitam (k) supaya bisa menghasilkan aneka warna menggunakan spektrum CMYK.

Mesin Fotokopi Multi-Fungsi

Mesin ini merupakan sebuah mesin kantoran yang tak hanya menyalin saja, namun juga mencetak, memindai dokumen dan bahkan menerima fax juga.

Mesin Fotokopi Desktop

Mesin dengan ukuran kecil sehingga muat pada meja kerja, dan hanya bisa mencetak kertas ukuran kecil, maksimal hanya A4 saja.

Mesin Fotokopi Jaringan

Mesin ini adalah mesin fotokopi dengan jaringan sehingga semua pengguna dalam satu ruangan bisa memakainya untuk memindai serta mencetak dokumen apapun secara tanpa sambungan kabel.

Demikian adalah cara menggunakan mesin fotocopy untuk pemula, semoga bermanfaat.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment