6 Cara Merawat Louhan Golden Base

Author Larusso

Cara Merawat Louhan Golden Base

Ingin memelihara ikan hias louhan? Sepertinya Anda perlu mengerti cara merawat louhan golden base. Ikan louhan adalah jenis ikan hias dengan harga yang sangat fantastis. Ini karena louhan memiliki sisik yang cantik dan beragam. Bentuk kepala dan dahi yang menggembung membuat tampilan ikan ini menjadi lebih unik.

Kata louhan artinya dewi pelindung. Maka tak heran jika banyak yang ingin memiliki ikan ini karena dianggap sebagai ikan yang membawa hoki, pelindung, dan keselamatan. Bentuknya yang cantik dan filosofinya yang kuat membuat harga ikan ini meroket dari waktu ke waktu.

Cara Merawat Louhan Golden Base

Cara Merawat Louhan Golden Base

Louhan golden base adalah varian ikan louhan yang banyak dicari oleh penggemarnya. Karena memiliki corak sisik yang indah dengan corak warna emas kekuningan. Harganya yang cukup mahal membuat pemiliknya harus melakukan usaha ekstra untuk merawat ikan ini. Berikut caranya merawat louhan golden base yang mudah.

Mengenali Jenis Ikan

Setidaknya ada 4 jenis ikan louhan. Yaitu louhan Kamfa, Golden Base, Zhen Zey, dan golden monkey. Setiap jenis memiliki karakteristik yang berbeda. Memahami karakteristik setiap jenis ikan akan membantu mengetahui bagaimana cara merawat ikan louhan yang baik.

Jenis golden base termasuk ikan dengan tempramen yang rendah. Anda bisa menempatkan ikan ini pada aquarium bersaman ikan lainnya. Tingkat tempramen yang rendah tidak akan membuat ikan ini merusak ikan lainnya. Sehingga sering menjadi pilihan untuk hewan piaraan.

Ukuran Aquarium

Ukuran aquarium yang tepat akan membantu tumbuh kembang ikan louhan. Semakin tinggi dan luas ukuran aquarium, maka semakin baik perkembangan ikan ini. Louhan bisa berenang bebas untuk memaksimalkan tumbuh kembang dan mencegahnya dari tingkat stres yang berlebihan.

Dimensi aquarium yang pas adalah dengan panjang 90 cm, lebar 40 cm, dan tinggi 50 cm, serta ketebalan 3-8 inci. Semakin tinggi aquarium semakin baik untuk perkembangan ikan. Tidak hanya luas saja, kebersihan dan penerangan aquarium juga menjadi perhatian untuk tumbuh kembang yang maksimal.

Perhatikan Suhu dan pH Air

Louhan hanya bisa hidup dan berkembang baik jika Anda meletakkannya pada suhu dan pH air yang tepat. Tidak terlalu panas, dan juga tidak terlalu dingin. Suhu yang pas adalah 23 hingga 28 derajat celsius. Anda bisa melakukan pengecekan suhu setiap hari untuk memastikan suhu berada di kondisi yang sesuai.

Selain suhu, pH air juga harus menjadi perhatian. Pastikan pH air berada di tingkat sedang antara 7,5 hingga 8. Anda bisa melakukan pengukuran pH setiap hari dengan alat ukur pH. Kandungan keasaman air yang tidak sesuai akan membuat warna sisik menjadi kurang cemerlang.

Pakan Ikan

Cara merawat louhan golden base selanjutnya adalah dengan memperhatikan pakan ikan. Pakan yang paling tepat adalah udang atau cacing darah beku. Pastikan memberi makan rutin minimal seminggu dua kali atau sesui kebutuhan. Ini akan membantu pertumbuhan ikan dengan sebaik mungkin.

Anda bisa meletakkan louhan jantan dan betina dalam satu aquarium. Karena dalam hal makanan, baik jantan maupun betina memiliki kebutuhan makanan yang sama. Menempatkan jantan dan juga betina dalam satu aquarium juga akan membantu proses perkembangbiakan.

Perkembangbiakan

Setelah proses kawin antara jantan dan betina selesai, anda bisa memindahkan betina pada aquarium lainnya. Sebaiknya hati-hati dalam proses pemindahan, jangan sampai telur ikut terserok.

Sebaiknya perhatikan filtrasi aquarium. Jangan sampai telur ikut terhisap dalam penyaringan. Agar telur tidak rusak dan bisa menghasilkan ikan baru dengan kondisi yang baik dan sehat.

Perawatan Saat Sakit

Sama seperti manusia, ikan juga pernah mengalami sakit. Jika ini terjadi, segera pindahkan ikan ke aquarium lain. Atau pisahkan dari ikan lainnya di aquarium yang sama agar tidak menularkan penyakit. Lalu beri perawatan sebaik mungkin hingga ikan sehat kembali.

Itulah 6 cara merawat louhan golden base. Beberapa poin di atas memang tidak sulit. Tapi jika tidak dilakukan dengan sebaik mungkin, ikan louhan golden base yang Anda miliki tidak bisa tumbuh kembang dengan maksimal.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment