Cara Cek Sertifikat K3 Online

Author Larusso

Cara Cek Sertifikat K3 Online

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang bagaimana cara cek sertifikat K3 online? Secara umum K3 adalah kepanjangan dari Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Sertifikat ini merupakan lisensi yang akan peserta peroleh ketika mengikuti pelatihan di berbagai lembaga seperti BNP ataupun Kemnaker.

Sertifikat K3 menjadi salah satu persyaratan yang sering perusahaan ajukan kepada calon karyawan mereka. Persyaratan ini juga menjadi program pemerintah yang bertujuan untuk menjamin keamanan, keselamatan dan hak-hak dari para pekerja.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengikuti pelatihan ini. Antara lain meningkatkan pengetahuan, keterampilan kerja, produktivitas, meminimalkan risiko saat bekerja dan menghindari kecelakaan.

Bagaimana Cara Cek Sertifikat K3 Online?

Cara Cek Sertifikat K3 Online

Bagi Anda yang sudah mengikuti pelatihan K3 pada lembaga terkait dan ingin melakukan pengecekan secara daring. Simak tutorial mengenai cara mengecek sertifikat K3 online berikut ini.

  • Pertama-tama, Anda dapat mengunjungi laman atau website dari lembaga dimana Anda mengikuti pelatihan.
  • Selanjutnya, cari menu yang berfungsi untuk melakukan pengecekan sertifikat. Pada menu tersebut biasanya akan terdapat kolom yang bisa kita gunakan untuk melakukan pencarian.
  • Lalu Anda dapat memasukkan nama lengkap dan juga nomor sertifikat pada kolom tersebut.
  • Setelah pengisian selesai, klik opsi ‘cari’ dan tunggu hingga beberapa saat.
  • Setelah proses ini selesai, Anda akan mendapatkan informasi mengenai sertifikat terkait.

Apabila informasi tidak bisa Anda temukan atau error, sebaiknya Anda melakukan pengecekan kembali apakah nomor sertifikat dan nama peserta sudah benar ataukah belum. Apabila informasi yang Anda input sudah benar, biasanya akan muncul hasil yang relevan dengan pencarian.

Cara Cek Sertifikat K3 Asli atau Palsu

Sertifikat K3 menjadi salah satu persyaratan yang perusahaan ajukan kepada para calon karyawan. Tidak hanya untuk mematuhi aturan pemerintah, adanya lisensi K3 dari para pelamar juga membuktikan bahwa mereka kredibel dan memiliki skill yang mumpuni sesuai bidangnya.

Beberapa waktu ini ada fenomena sering muncul sertifikat K3 palsu. Secara sekilas mungkin lisensi palsu akan tampak serupa dengan yang asli. Namun sebenarnya banyak perbedaan yang bisa kita temukan dari keduanya.

Apa saja perbedaannya? Simak selengkapnya berikut ini.

Membandingkan Sertifikat Asli dan Palsu

Meskipun sekilas terlihat mirip, sebenarnya sertifikat asli dan palsu memiliki banyak perbedaan. Jika Anda memiliki contoh sertifikat asli, Anda dapat membandingkannya dengan versi yang palsu.

Jenis kertas, isi tulisan, tanda tangan, hingga warna kertas akan memiliki perbedaan signifikan dengan yang asli. Jika kita mengamatinya secara fisik dan membandingkan keduanya maka akan menemukan banyak perbedaan.

Melihat Nomor Registrasinya

Nomor registrasi pada sertifikat K3 biasanya akan menyesuaikan dengan bidang keahlian pemiliknya. Apabila pemiliknya mengikuti pelatihan K3 umum, maka akan terdapat kode AK/U pada nomor registrasinya.

Sedangkan jika peserta mengambil sertifikat dengan bidang keahlian Auditor SMK, maka kode pada nomor registrasinya adalah Auditor SMK 3. Jadi jika terdapat perbedaan antara keahlian dengan kode yang ada pada sertifikat maka itu sudah pasti lisensi palsu.

Memperhatikan Terjemahan Bahasa Inggrisnya

Sertifikat K3 biasanya memakai penggunaan Bahasa Indonesia dan terjemahan Bahasa Inggris. Anda dapat memperhatikan relevansi antara tulisan Bahasa Indonesia dan terjemahan versi Bahasa Inggrisnya. Jika terdapat banyak kekeliruan pada bagian ini maka kemungkinan sertifikat itu adalah palsu.

Perhatikan Bagian Belakang Sertifikat

Pada sertifikat yang asli kita bisa mendapati keterangan mendetail mengenai jam ajar proses pelatihan K3. Sedangkan pada versi yang palsu kemungkinan keterangan itu tidak tercantum.

Cek di Perusahaan Penyedia Lisensi

Untuk lebih pastinya, Anda juga dapat mengecek lisensi ini secara langsung pada perusahaan penyedia sertifikat K3. Cara cek sertifikat K3 online adalah seperti langkah-langkah yang kami ulas di atas. Pengecekan dapat membuktikan spesifik keaslian dari sertifikat tersebut.

Mengetes Pemegang Sertifikat

Untuk mengetahui apakah pelamar memang mencantumkan lisensi asli ataukah tidak dapat Anda lakukan dengan cara mengetes langsung pemegang sertifikatnya.

Apakah orang tersebut menguasai skill dan materi-materi sesuai dengan lisensi yang mereka ajukan ataukah tidak. Jika tidak sesuai, maka kemungkinan mereka memang tidak mengikuti pelatihan K3.

Demikian beberapa informasi mengenai cara cek sertifikat K3 online dan cara membedakannya dengan yang palsu. Semoga informasi ini bermanfaat.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment