Cara Mencuci Karpet Karakter dengan Mesin Cuci

Author Larusso

Cara Mencuci Karpet Karakter dengan Mesin Cuci

Berbicara tentang cara mencuci karpet karakter dengan mesin cuci, anda perlu mengenal karpet ini terlebih dahulu. Ciri-ciri karpet karakter adalah desainnya. Karena namanya karakter, desain karpet bermacam-macam. Inilah salah satu keunggulannya. Variasinya mulai dari karakter anak-anak, seperti transportasi.

Anda bisa memilihnya mulai bentuk bus, mobil, pesawat dan apollo. Tidak hanya transportasi, ada juga bentuk-bentuk binatang. Umunya kucing, dinosaurus, bebek dan macam-macam burung. Bahkan, ada juga karpet dengan desain keropi, hello kitty dan tokoh kartun lain. Keunggulannya karpet karakter di desainnya. Pastinya, anak-anak, remaja dan dewasa suka dengan karakter seperti ini.

Namun, karpet karakter juga memiliki beberapa kelemahan. Kelemahan ini tergantung dari bahan masing-masing karpet. Jenis-jenis karpet unggulan antara lain karpet wol, kulit hewan, katun, sutra. Karpet yang harganya. Bahan wol bisa tahan bertahun-tahun. Ada juga bahan katun memiliki karakter.

Sutra berkualitas tinggi yang mudah pengguna bersihkan. Sisi kelemahannya, karpet tertentu mudah tertempelnya debu. Selain itu, karpet beludru butuh perawatan yang ekstra. Karpet dengan bahan tertentu juga riskan dengan kulit. Beberapa orang alergi dengan bahan karpet. Inilah yang menjadi salah satu kelemahan. Oleh karena itu, anda perlu memilihnya dengan tepat.

Cara Mencuci Karpet Karakter

Cara Mencuci Karpet Karakter dengan Mesin Cuci

Masalah perawatan dan kebersihan menjadi salah masalah kelemahan karpat karakter. Sebagai solusinya, pahami bagaimana cara membersihkan karpet karakter dengan tepat. Berikut langkah-langkah cara mencuci karpet karakter dengan mesin cuci:

Memastikan Ukuran Karpet Karakter Pas dengan Kapasitas Mesin Cuci

Pertama adalah memastikan ukuran karpetnya. Karpet dengan ukuran 1,5 meter x 2 meter bisa anda cuci dengan syarat tekstur kain yang lembut. Untuk tekstur yang kaku, tentu hal ini akan sulit.

Selanjutnya, Lipat Karpet Membentuk Persegi

Lipat menjadi persegi dengan ukuran kecil kemudian masukkan ke dalam mesin cuci. Masukkan air dan sabun. Untuk sabun, gunakan setengah takaran saja. Setengah takaran sabun saja sesuai kebutuhan. Bilas dan cuci dalam waktu 6 menit. Namun, sebelum proses pemerasan, tambahkan softener dan pelembut. Persingkat waktu proses pemerasan pada tahap final extract.

Cuci dengan Suhu yang Cukup

Jangan membilasnya dengan air yang terlalu panas atau terlalu dingin. Beri air dengan kapasitas tertentu hingga karpet tenggelam. Usahakan isi air dengan kapasitas secukupnya. Hal ini bisa menyebabkan tekstur karpet rusak jika air nya kurang.

Jangan Campur dengan Pakaian Lain

Jangan campur karpet dengan pakaian lain. Warna dari karpet karakter dapat membuat pakaian luntur. Hal ini dapat menyebabkan pakaian luntur dan banyak warna.

Menggunakan Mesin Cuci Satu Lubang dengan Pengeringan

Supaya karpet tidak terlalu berat, gunakan mesin cuci satu lubang pengerian. Dengan begitu, karpet bisa anda pindahkan dengan mudah. Proses pemindahan ke lubang kering hanya sekejap saja.

Mengeringkan Karpet Karakter

Setelah mencuci karpet karakter, kini saatnya tahap pengeringan. Agar proses pengeringan dapat bekerja secara maksimal. Begini tahapan pengeringan dapat anda lakukan:

Keringkan di Tempat Pengering

Masukkan karpet pada mesin pengering. Tunggu sampai karpet kering. Setelah karpet kering, keluarkan dan jemur di luar. Anda bisa letakkan di jemuran atau di teras rumah.

Gunakan Alat Penyedot Debu

Cara mencuci karpet karakter dengan mesin cuci selanjutnya adalah menggunakan penyedot debu. Alat ini bisa anda gunakan ketika dalam tahap proses pengeringan. Selain itu, penyedot debu juga bisa mengambil partikel dan debu yang kotor.

Memberikan Taburan Soda pada Karpet Karakter

Berikan taburan soda supaya karpet bisa kering secepatnya. Besarnya jumlah baking soda sesuai dengan ukuran karpet. Supaya waktu mencukupi, tunggu dan biarkan karpet 24 jam setelah tertabur baking soda.

Menjaga Karpet Karakter agar Tetap Awet

Cara mencuci karpet karakter dengan mesin cuci tetap optimal apabila anda dapat menjaganya. Jadi, ada beberapa cara agar karpet tetap awet dan terawat. Begini, tahapan supaya karpet karakter tetap bersih dan awet:

  • Pertama, anda bisa melakukan vakum kotoran secara rutin.
  • Selanjutnya cuci karpet dengan bilasan air deterjan.
  • Jemur secara rutin agar segera kering.

Jaga karpet karakter anda tetap bersih dan awet ya agar selalu nyaman untuk memakainya.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment