Beda Jet Pump dengan Pompa Air Biasa

Author Larusso

Beda Jet Pump dengan Pompa Air Biasa

Kurangnya pemahaman terhadap perbedaan pompa biasa dengan jet pump menentukan keputusan. Karena tidak bisa membedakannya, keputusan membeli jadi bingung. Supaya tidak membingungkan lagi, ketahui beda jet pump dengan pompa air biasa.  

Definisi Jet Pump dan Pompa Air

Sebelum memahami perbedaannya, ketahui definisinya terlebih dahulu. Jet pump merupakan salah satu tipe pompa air dengan gaya hisap dari sumur atau mata air. Sebagian besar perumahan menggunakan pomp air dari jenis ini. Bisanya, orang-orang menyebutnya dengan alat pompa air sumur dalam.

Kebutuhan pompa air ini menjadi kebutuhan umum dari setiap rumah. Pasalnya, alat ini mampu mencari lokasi sumber mata air lebih dalam lagi. Jadi, secara manual pompa ini membutuhkan tekanan secara meluas. Desain jet pump juga berbeda dengan yang lain. Prinsip kerja jet pump adalah menghisap sumber mata air dengan teknik hisap udara.

Setelah mengetahui beda jet pump dengan pompa air biasa, kenali juga tentang definisi pompa air biasa. Fungsi pompa air adalah memindahkan dari sumber mata air ke tempat lainnya. Proses kerjanya adalah menghisap air melalui proses pipa masukan dan berakhir melewati pipa keluaran. Jadi, menghisap dan mengeluarkan sumber mata air sesuai jalur pipanya.

Persamaan Jet Pump dan Pompa Air Biasa

Beda Jet Pump dengan Pompa Air Biasa

Pada dasarnya, jet pump dan pompa air biasa adalah alat yang fungsinya sama. Peranan pompa air biasa dan jet pump adalah memindahkan air melalui energi pompa. Kegunaan pompa air biasa dan jet pump, yaitu sama-sama memompa air dari sumber mata air ke atas.

Meskipun begitu, kedua alat pompa ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Bahkan, prinsip kerja kedua alat ini pun juga berbeda.

Perbedaan Jet Pump dan Pompa Air Biasa

Beberapa hal yang membuat beda jet pump dengan pompa air biasa tetap ada. Meskipun terlihat sama dan mirip. Prinsip kerja dari kedua jenis ini benar-benar tidak sama.  Perbedaan ini dapat anda lihat dari beberapa aspek meliputi:

Kebutuhan Energi yang Terdapat pada Kedua Jenis Pompa

Bahkan, kedua energi pompa ini memiliki kebutuhan yang berbeda. Efisiensi tenaga pada kedua tipe pompa ini sangat siginifikan. Pada pompa jet pump, kebutuhan energi tidak sesuai ketika hendak memompa sumur yang terlalu dalam.

Lain halnya dengan pompa air biasa. Kebutuhan energi pompa air cenderung lebih efisien. Pompa air sumur ini sesuai dengan kebutuhan sumur yang dangkal sampai sedang. Sedangkan pompa jet mampu menjangkau hingga sumur yang lebih dalam.

Perbedaan Model dan Prinsip Kerja

Jet pump dan pompa air memiliki prinsip dan model kerja yang berbeda. Jet Pump menggunakan prinsip kerja jet venturi. Kecepatan aliran air menentukan tekanan rendah. Tekanan ini mampu menarik air dari dalam sumber atau sumur. Proses ini mempercepat tarikan air agar segera memompa ke permukaan.

Berbeda dengan pompa air biasa. Pompa air ini memiliki prinsip hisap dan tekan. Hal ini mampu menciptakan tekanan negatif dalam pompa air pertama. Selanjutnya, pompa juga menciptakan tekanan positif. Dalam fungsi pipa keluaran, tekanan ini mampu memompa air sesuai dengan posisinya. Jika anda menginginkan lokasi tersebut. Alat ini mampu memompa air sesuai dengan lokasi keinginan.

Letak Sumber Mata Air dan Kedalamannya

Letak perbedaan selanjutnya ada di kedalaman sumber mata airnya. Pompa air biasa mampu menjangkau kedalaman sumber mata air hingga 30 meter. Kemampuan kinerja mata air menurun jika kedalaman diatas 30 meter.

Berbeda dengan jet pump, proses pengerjaannya mampu menjangkau lebih dari 30 meter. Ini karena daya isapnya melalui tekanan udara.

Dari perbedaan kemampuan antara jet pump dan pompa air biasa, semua tergantung kebutuhan. Jet pump untuk pemukiman yang jauh dari mata air. Sedangkan pompa air biasa dapat anda gunakan untuk tempat tinggal yang dekat dari jangkauan mata air.

Harga Jet Pump dan Pompa Air Biasa

Informasi harga jet pump dan pompa air biasa bisa anda liat di website e-commerce langganan anda. Pastikan survei harga secara tepat sebelum membelinya. Ini karena beda jet pump dengan pompa air biasa, beda harga juga. Sesuaikan dengan kebutuhannya antara membeli pompa air biasa atau pompa jet pump.

Jadi, baca review dan teliti dulu sebelum membeli pompa air ya agar tidak salah.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment