4 Cara agar Baju Tidak Berbulu

Author Larusso

Cara agar Baju Tidak Berbulu

Memiliki masalah baju jadi berbulu? Tentu kalian merasa kesal, terlebih jika hal itu terjadi pada baju kesayangan. Masalah ini kerap terjadi pada baju yang biasa dirawat seperti rutin dicuci, setrika, diberi pelembut, tapi ada saja baju yang berbulu. Jadi apa penyebab baju bisa berbulu dan bagaimana cara agar baju tidak berbulu. Berikut ini akan dibahas bagaimana caranya agar baju tidak berbulu.

Cara agar Baju Tidak Berbulu

Cara agar Baju Tidak Berbulu

Sebenarnya ada beberapa penyebab baju bisa berbulu. Seperti karakter bahan baju itu sendiri memiliki serat yang agak jarang sehingga rentan untuk berbulu contoh, pada bahan baju olahraga, t-shirt, dan juga sweater.

Untuk perawatan caranya biar baju tidak berbulu, cukup dicuci dengan tangan. Jika harus menggunakan mesin cuci atur pada putaran lembut (soft) dengan menggunakan detergen cair yang cenderung lembut.

Selain masih layak dipakai dengan perawat rutin seperti dicuci setelah dipakai. Juga penyimpanan pakaian yang tepat akan menjadikan baju lebih awet. Lalu bagaimana cara agar baju tidak berbulu? Ada 4 tips yang kalian dapat lakukan agar pakaian awet bahkan tidak berbulu, di antaranya:   

  • Jika harus memilih baju hindari yang memiliki serat yang renggang seperti bahan sweater, t-shirt atau bahan yang rentan untuk berbulu. Resiko baju berbahan tersebut akan lebih repot dalam perawatan dan masa pakai yang mungkin saja tidak lama karena tidak merasa nyaman dipakai atau dilihat.
  • Secara umum untuk jenis baju berbahan apapun, terlebih berbahan seperti sweater dan t-shirt hindari merendam baju lebih dari 1 jam. Cara agar baju tidak berbulu, karena bisa menyebabkan serat baju lebih merenggang.
  • Sortir terlebih dahulu berdasarkan bahan. Untuk jenis baju berbahan yang rentan untuk berbulu pisahkan cuci tersendiri dan akan lebih baik menggunakan tangan.
  • Pergunakan putaran lembut (soft) jika mencuci dengan mesin serta hindari jumlah banyak untuk menghindari gesekan dan beban tarikan kuat pada baju. Gunakan detergen cair yang lembut agar baju lebih awet.
  • Hindari mencuci dengan menggunakan sikat yang dapat berakibat serat pakaian semakin renggang terutama bahan seperti t-shirt dan sweater atau bahan baju yang berpotensi berbulu.
  • Membalikan baju bagian luar ke bagian dalam sebelum dicuci, agar gesekan terjadi pada bagian dalam pakaian. Bahkan jika proses pengeringan baju masih dijemur cahaya matahari baju akan lebih awet dan warna tidak mudah pudar.
  • Keringkan baju yang berpotensi berbulu seperti bahan sweater dengan memeras cara manual dengan tangan. Hingga air benar tiris, agar tidak menjadi beban yang bisa menyebabkan serat merenggang saat dikeringkan dengan gantungan pakaian.

Untuk mengatasi baju berbulu termasuk gampang-gampang susah. Namun seringkali ada beberapa baju kesayangan sudah telanjur berbulu. Jadi bagaimana cara agar bulu pada baju tersebut dapat diatasi. Jadinya masih nyaman untuk dipakai dan tidak merusak penampilan. Berikut ada beberapa cara mengatasi baju berbulu. Silakan simak berikut ini.

Menggunakan Sikat Bulu

Sikat khusus untuk mengangkat bulu pada baju. Sikat memiliki berbulu halus dan tidak memperparah baju berbulu. Cara menggunakannya sikat permukaan baju secara perlahan hingga bulu pada baju dapat terangkat.

Menggunakan Lint Roller

Penggunaan lint roller pada permukaan baju secara perlahan dapat mengangkat bulu atau serat baju. alat ini memang dirancang khusus untuk mengangkat bulu atau serat pada baju sehingga sangat cocok merawat baju yang mempunyai serat yang renggang dan rentan berbulu. 

Menggunakan Perekat Khusus

Perekat ini cukup dioleskan pada permukaan baju, biarkan hingga mengering kemudian kelupas hingga bulu pada pakaian terangkat.

Gunakan Bola Pemutar

Bola-bola ini digunakan pada mesin pengering di saat pakaian akan dikeringkan. Bisa menggunakan bola – bola khusus atau bola tenis. Putaran bola-bola ini dapat membantu menghilangkan bulu pada baju.

Nah itulah empat cara agar baju tidak berbulu. Semoga dengan adanya artikel yang mengulas tentang cara ini, membuat Anda semakin paham bagaimana memperlakukan baju agar tidak berbulu. Karena pasti akan terlihat tidak menawan lagi nantinya kan ya? semoga menambah manfaat untuk Anda ya.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment