Begini Cara Menghilangkan Noda Oli di Pakaian

Author Larusso

Cara Menghilangkan Noda Oli di Pakaian

Noda oli yang tertinggal pada pakaian membuat pemakainya merasa jengkel. Bahkan, noda oli pada umumnya susah hilang. Warna hitam yang membekas pada pakaian putih tentu akan merusak suasana. Dengan menggunakan cara-cara ini, masalah tersebut dapat teratasi dengan mudah.  

Cara Menghilangkan Oli pada pakaian

Cara Menghilangkan Noda Oli di Pakaian

Berbagai cara dalam menjalankan tentang cara menghilangkan noda oli di pakaian ini bisa membantu anda. Cara dan petunjuk menghilangkan noda oli bermacam-macam. Anda dapat menggunakannya dengan berbagai macam jenis bahan.

Mengolesnya dengan Sabun Pencuci Piring

Cara yang pertama adalah mengolesnya dengan sabun pencuci piring. Beri tuangan sedikir cairan cuci piring pada noda oli. Selanjutnya, bersihkan dengan menggunakan alat bantu seperti sikat gigi bekas. Sikat sampai noda memudar dengan air mengalir. Pada tahap terakhir, bilas baju dengan memberikan deterjen.

Memberikan Cairan Sampo

Tidak hanya dengan sabun cuci saja, anda juga dapat membilasnya dengan cairan sampo. Sama halnya dengan menggunakan sabun pencuci piring, anda bisa menyikatnya hingga bersih.

Membubuhkannya dengan Soda Kue

Anda bisa mengawalinya dengan cara melap area baju yang terkena noda oli. Bubuhkan soda kue di wilayah noda tersebut. Setelah menaburkannya, tunggu selama 30 menit sampai noda benar-benar menghilang. Selanjutnya, bersihkan pakaian tersebut dari taburan soda kue. Selanjutnya, lakukan pembilasan dan pencucian seperti biasa.

Memberikan Tepung Maizena

Sama halnya dengan cara penggunaan soda kue sebelumnya. Awali dengan melapnya terlebih dahulu. Setelah itu, bilas dengan deterjen seperti biasa. Singkirkan tepung maizena dan bilas seperti biasa.

Memberikan Kapur

Tetap sama dengan cara sebelumnya ketika menggunakan soda kue, tepung maizena atau kapur, anda bisa menggunakan kapur. Namun, sebelum menggunakannya, hancurkan kapur menjadi bubuk terlebih dahulu.

Menghilangkan Oli yang Sudah Kering pada Pakaian

Cara menghilangkan noda oli di pakaian selanjutnya adalah ketika pakaian noda oli yang telah mengering:

Menggunakan Minyak Tunggal atau Oil Solvent

Gunakan minyak pada noda oli yang sudah mengering. Minyak tunggal ini memili contoh beberapa jenis minyak lain seperti baby oil. Jadi, anda bisa mengoleskan beberapa minyak bayi pada noda yang telah mengering. Setelah itu, biarkan noda minyak mulai meresap selama beberapa menit. Kemudian, bilas pakaian dengan air bersih seperti biasa.

Memanfaatkan Alkohol atau Hand Sanitizer Gel

Manfaatkan alkohol biasa atau alkohol isopropil atau gel hand sanitizer pada noda oli yang sudah mengering. Setelah meneteskannya ke beberapa noda pada pakaian, diamkan beberapa saat. Lap dengan kain bersih dan gosokkan secara perlahan-lahan. Gosokkan secara berulang-ulang hingga noda mulai menghilang.

Namun, lakukan tes dan uji coba pada pakaian bekas. Apabila alkohol tidak merusak tekstur kain, anda bisa melakukannya secara berulang-ulang pada pakaian yang terkena noda oli.

Mencucinya dengan Air Panas

Anda bisa mencuci pakaian yang terkena noda oli kering dengan air panas. Air panas dapat membuat noda oli yang keras menjadi lunak. Hal ini akan memudahkan noda cepat terangkat. Namun, sebelum melakukannya, anda bisa mencobanya terlebih dahulu pada pakaian biasa. Apabila air panas dapat merusak tekstur pada pakaian tersebut, maka jangan membilasnya dengan air panas. Semua tergantung dari bahan kain masing-masing.

Anda dapat memilih beberapa bahan tersebut. Jadi, cara menghilangkan oli di pakaian memiliki berbagai bahan yang bermacam-macam. Anda boleh memilih salah satunya.

Pilih Pembersih Penghilang Noda Oli yang Tepat

Apabila cara-cara seperti ini masih saja tetap membandel. Bahkan, cara menghilangkan noda oli di pakaian seperti ini tidak membuahkan hasil sama sekali. Gunakan cairan pembersih khusus untuk membeli beberapa produk. Produk-produk ini dapat membantu anda dalam hal menghilangkan noda. Selain pembersih, ada juga produk lain berupa penyemprot atau bahkan bahan lain.

Meskipun begitu, anda tetap perlu berhati-hati dengan produk tersebut. Hal ini bisa saja menimbulkan efek samping pada penggunanya. Apabila anda menggunakan bahan kimia sebagai solusinya, sebaiknya konsultasikan pada ahlinya terlebih dahulu.

Hal yang paling penting adalah membaca aturan pakai terlebih dahulu. Lakukan uji coba pada pakaian bekas sebelum mengaplikasikan ke tahap pencucian. Semoga informasi ini bermanfaat bagi semuanya.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment