Baru Lagi, Lakukan Cara Memutihkan Pakaian yang Menguning

Author Larusso

Cara Memutihkan Pakaian yang Menguning

Pakaian yang menguning sering membuat kita merasa jengkel. Pasalnya, pakaian yang sudah lama tersimpan terkadang menguning. Tentu warna kuning ini mempengaruhi penampilan. Akhirnya, rasa percaya diri berkurang karena menggunakan pakaian kuning. Selain itu, perasaan tidak nyaman muncul ketika hadir dalam acara-acara resmi.

Bahkan, pakaian menguning dapat mempengaruhi masalah penampilan walaupun terlihat sepele. Oleh karena itu, anda perlu memperhatikan tentang bagaimana cara memutihkan pakaian yang menguning.

Cara Memutihkan Pakaian yang Menguning

Cara Memutihkan Pakaian yang Menguning

Cara memutihkan pakaian yang menguning menjadi solusi ketika pakaian mulai menguning. Jangan cemas apabila pakaian anda sudah telanjur menguning. Anda dapat melakukan cara-cara dan tips ini agar pakaian menguning dapat memutih:

Menggunakan Sabun Cuci untuk Pakaian Putih

Cari sabun cuci atau deterjen yang mengandung bahan pemutih pakaian. Deterjen dengan jenis ini dapat membantu pakaian yang menguning. Selain itu, deterjen dengan pemutih dapat mengembalikan warna kuning menjadi putih cerah kembali. Khususnya pada kain putih.

Menggunakan Pemutih Pakaian

Gunakan pemutih pakaian yang bahannya berkualitas. Jangan asal memilih pemutih. Pilih bahan yang tidak merusak serat pakaian. Supaya tidak salah dalam memilih, anda bisa melihat deskripsi dan pembahasannya.

Memanfaatkan Sabun Pencuci Piring

Anda bisa menggunakan sabun pencuci piring untuk merendam pakaian putih. Hal ini karena sabun tersebut mengandung bahan pemutih alami. Salah satu caranya ialah merendamnya dengan sabun pencuci piring dan air hangat. Sebelum mencucinya, rendam dengan air sabun pencuci piring selama beberapa jam saja.

Cara Memutihkan Pakaian Menguning dengan Bahan Alami

Cara memutihkan pakaian yang menguning juga bisa dengan menggunakan bahan alami. Kamu bisa mengembalikan tingkat kecerahan pakaian dengan bahan-bahan ini:

Menggunakan Garam

Anda bisa menambahkan beberapa garam pada rendaman air. Sedikit garam mampu menghilangkan noda dan warna kekuningan. Bahkan mampu mengembalikan tingkat kecerahan pada pakaian berwarna putih.

Menggunakan Cuka Putih

Berikan beberapa cuka putih ketika proses pencucian pada tahap akhir. Cuka putih memiliki senyawa yang dapat menghilangkan bau yang kurang sedap. Selain itu, cuka juga bisa memudarkan noda kuning secara bertahap.

Cara Mencegah Pakaian agar Tidak Menguning

Setelah mengetahui tentang cara memutihkan pakaian yang menguning, ada beberapa tips mencegahnya agar tidak menguning:

  • Menggunakan deodoran dan bedak khusus menyerap keringat dengan baik. Gunakan deodoran dan bedak anti keringat dengan kualitas baik. Dengan begitu, keringat tidak membekas pada baju yang menjadi pemicu warna kuning.
  • Menjemurnya sesekali setelah mengenakannya. Jemur pakaian putih di bawah terik matahari setelah menggunakannya. Dengan begitu, keringat dan noda akan cepat menghilang.
  • Mengenakan kaos dalam. Kenakan kaos dalam ketika menggunakan pakaian putih agar tidak memunculkan pemicu warna kuning pada pakaian.

Faktor yang Membuat Pakaian Menguning

Pakaian menguning, tidak hanya dari noda dan kotoran saja. Ada beberapa faktor yang membuat pakaian menguning.

Berkeringat pada Bagian Lipatan Tubuh

Keringat yang muncul pada bagian lipatan tubuh seperti ketiak. Bagian di lipatan leher juga memunculkan keringat. Kandungan keringat akan menimbulkan warna kuning apabila menggunakan parfum atau deodoran sembarangan. Kandungan keringat akan bereaksi dengan zat kimia yang ada pada deodoran atau pewangi. Inilah yang membuat pakaian menguning pada lipatan tertentu.

Kualitas Air Cucian yang Kurang Bersih

Gunakan air yang bersih saat mencuci pakaian, ini termasuk pada cara memutihkan pakaian yang menguning. Salah satu alasan pakaian menguning adalah mencucinya dengan air bekas cucian kemarin. Air bekas korosi besi atau air sungai yang keruh. Jadi, usahkan bilas dengan air bersih.

Meletakkan Cucian Pakaian Putih dan Pakaian Lain dalam Keadaan Basah

Hal yang menjadi faktor menguningnya pakaian adalah mencampurkan pakaian putih dengan warna lain. Warna putih pada baju mampu menyerap dengan warna lain.

Menggunakan Sabun Cuci dengan Porsi yang Banyak

Gunakan sabun cuci atau deterjen secukupnya. Baca petunjuk tentang cara mencuci pakaian pada kemasan deterjen atau botol sabun cair. Jangan sampai menggunakannya secara berlebihan. Hal ini dapat mempengaruhi kualitas warna pakaian.

Kurang Bersih Saat Membilasnya

Bersih dan sikat pakaian putih sampai tak ada sisa sabun cuci, deterjen dan lainnya. Sisa-sisa deterjen, sabun cuci, dan bahan lain yang masih tertinggal dapat merubah pakaian menjadi kuning.

Pakaian menguning bukan masalah besar, anda dapat mencoba tips-tips tersebut di rumah.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment