Cara Menghilangkan Karat di Baju

Admin

Pakaian pria online – Karat pada baju bisa menjadi masalah yang cukup mengganggu. Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghilangkan noda karat tersebut. Seperti apa caranya? Simak selengkapnya sebagai berikut.!

Penyebab Karat di Baju

Sebelum memahami bagaimana cara menghilangkan karat yang timbul di baju, hal penting pertama adalah memahami penyebabnya. Nah untuk penyebab timbulnya karat di baju, berikut beberapa diantaranya

Barang berkarat yang bersentuhan langsung dengan baju: Jika ada barang berkarat yang bersentuhan langsung dengan baju, bisa menyebabkan noda karat pada baju.

Air yang mengandung mineral tinggi: Jika Anda menggunakan air yang mengandung kadar besi tinggi untuk mencuci baju, besar kemungkinan noda karat akan muncul.

Mesin cuci berkarat: Komponen mesin cuci yang terbuat dari besi dan mulai berkarat bisa menjadi sumber noda karat pada baju.

Kancing atau aksesoris berkarat: Kancing atau aksesoris pada baju yang berkarat juga bisa menjadi penyebab noda karat.

Zat kimia: Beberapa zat kimia juga bisa menyebabkan noda karat pada baju.

Alat setrika berkarat: Jika alat setrika yang Anda gunakan berkarat, bisa menyebabkan noda karat pada baju.

Penyimpanan yang tidak tepat: Penyimpanan baju yang tidak tepat juga bisa menjadi penyebab noda karat.

Kebiasaan menjemur baju basah pada gantungan jemuran yang terbuat dari besi: Jika noda karat muncul setelah Anda menjemur baju, berarti sudah jelas penyebabnya adalah gantungan jemuran berbahan besi tersebut.

Kontak antara baju dengan besi yang berkarat, seperti pagar rumah: Serbuk kering karat besi dapat menempel dengan mudah pada baju Anda.

Baca juga Cara Melipat Kemeja untuk Traveling

Cara Mengatasi Karat di Baju

Setelah memahami penyebab timbulnya karat di baju, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya

1. Menggunakan Pasta Gigi

Pasta gigi putih biasa tanpa pewarna atau pewangi tambahan bisa digunakan untuk menghilangkan noda karat. Oleskan pasta gigi langsung ke noda karat pada baju. Gunakan sikat gigi bekas atau sikat lembut untuk menggosok noda karat dengan gerakan melingkar. Diamkan pasta gigi bekerja pada noda karat selama 5-10 menit. Kemudian, bilas baju dengan air bersih untuk menghilangkan pasta gigi dan residu noda. Pasta gigi memiliki sifat abrasif yang dapat membantu mengangkat noda karat dari serat baju.

2. Baking Soda

Baking soda juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda karat. Caranya hampir sama dengan menggunakan pasta gigi. Anda hanya perlu mengganti pasta gigi dengan baking soda. Baking soda memiliki sifat alkali yang dapat membantu menghilangkan noda karat.

3. Buah Lemon

Buah lemon yang asam juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda karat. Anda bisa mengoleskan jus lemon ke bagian yang terkena karat dan diamkan selama beberapa menit sebelum membilasnya. Asam sitrat dalam lemon dapat membantu menghilangkan noda karat.

4. Menggunakan Garam Dapur

Siapkan seember air bersih dan campur dengan garam, kemudian aduk hingga merata. Rendam baju dalam air yang sudah dicampur dengan garam selama 20-30 detik. Bersihkan bagian yang terkena karat kemudian bilas dengan air bersih. Garam dapur memiliki sifat korosif yang dapat membantu menghilangkan noda karat.

5. Menggunakan Cuka

Campurkan satu sendok makan cuka dengan air hangat. Campur larutan hingga merata. Rendam baju di dalam larutan cuka atau tuangkan cairan cuka langsung pada bagian yang terkena karat. Bilas baju dengan air hingga bersih. Asam asetat dalam cuka dapat membantu menghilangkan noda karat.

6. Menggunakan Produk Khusus Penghilang Noda Karat Pakaian

Jika metode-metode di atas masih belum berhasil, Anda bisa mencoba menggunakan produk khusus penghilang noda karat pakaian yang banyak dijual di pasaran. Produk ini biasanya mengandung bahan kimia yang dirancang khusus untuk menghilangkan noda karat.

Perlu diingat bahwa tidak semua metode akan bekerja untuk setiap jenis baju atau noda karat. Anda mungkin perlu mencoba beberapa metode berbeda sebelum menemukan yang paling efektif. Selalu lakukan tes kecil pada bagian yang tidak terlihat dari shirts/baju sebelum menerapkan perawatan ke seluruh bagian yang terkena karat.

Semoga metode-metode di atas bisa membantu Anda dalam menghilangkan noda karat pada baju. Selamat mencoba!

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment