Cara Mereset Remote Mobil Universal

Admin

Kemeja Larusso – Mereset remote mobil universal mungkin menjadi kebutuhan bagi sebagian orang, terutama bagi mereka yang sering mengalami masalah dengan remote mobil mereka. 

Masalah pada remote mobil sebenarnya ada banyak faktor penyebab sehingga penanganan yang tepat  adalah  dengan mengidentifikasi sumber masalah terlebih dahulu. Namun meski demikian, ada beberapa cara umum yang sering dilakukan banyak orang salah satunya adalah dengan melakukan reset remote. Bagaimana cara reset remote? Simak selengkapnya sebagai berikut.

Berikut adalah cara mereset remote mobil universal yang dapat Anda coba.

Temukan Tombol Reset

Langkah pertama dalam mereset remote mobil universal adalah menemukan tombol reset. Tombol ini biasanya berukuran kecil dan terletak di dalam casing remote atau di belakang remote. Tombol ini mungkin perlu ditekan dengan bantuan peniti atau benda kecil lainnya. Pastikan Anda menemukan tombol ini sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

Tekan Tombol Reset

Setelah menemukan tombol reset, langkah selanjutnya adalah menekan tombol ini. Anda dapat menggunakan benda tajam atau pena untuk menekan tombol reset. Tahan tombol ini selama beberapa detik. Anda akan tahu bahwa proses reset telah dimulai ketika lampu LED di remote mulai berkedip atau menyala.

Lepaskan Tombol

Setelah menekan tombol reset selama beberapa detik, lepaskan tombol ini. Proses reset sekarang seharusnya sudah selesai dan remote mobil Anda seharusnya sudah kembali ke pengaturan awal.

Namun, apa yang harus dilakukan jika tombol di remote mobil Anda tidak berfungsi? Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda coba.

Periksa Baterai Remote

Baterai adalah komponen penting yang memungkinkan remote bekerja. Jika baterai lemah atau habis, tombol pada remote mungkin tidak akan berfungsi. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu memeriksa baterai remote Anda dan menggantinya jika diperlukan.

Periksa Fungsi Setiap Tombol pada Remote

Selain memeriksa baterai, Anda juga harus memastikan bahwa setiap tombol pada remote berfungsi dengan baik. Jika ada tombol yang tidak berfungsi, ini mungkin menjadi tanda bahwa remote Anda perlu diperbaiki atau diganti.

Cek Jalur Kabel

Jalur kabel pada remote juga perlu diperiksa. Pastikan tidak ada kabel yang putus atau rusak. Jika ada, Anda mungkin perlu membawa remote Anda ke bengkel untuk diperbaiki.

Lakukan Pengecekan Frekuensi di Sekitar Mobil

Gangguan frekuensi radio di sekitar mobil dapat mengganggu fungsi remote. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu melakukan pengecekan frekuensi di sekitar mobil Anda.

Lakukan Service Remote Mobil di Bengkel

Jika Anda telah mencoba semua langkah di atas dan masalah masih berlanjut, Anda mungkin perlu membawa remote Anda ke bengkel untuk diperiksa dan diperbaiki.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba mereset remote mobil Anda dengan cara berikut:

Posisikan kunci mobil pada mode “On”

Lalu tekan dan tahan lock button pada remote kurang lebih selama 5 sampai 10 detik. Setelah itu, lepaskan lock button dan posisikan kunci mobil pada mode “Off”. Lakukan cara tersebut secara berulang-ulang sampai lampu indikator alarm mobil pada dashboard mati.

Baca juga Cara Mengganti Kampas Rem Tromol Belakang Mobil

Masuklah ke dalam mobil dan tekanlah tombol unlock pada pintu depan

Cari tombol reset pada remote dan tekan tombol tersebut. Tanpa melepas tombol reset, tekan tombol lock pada remote hingga terdengar suara bunyi pada remote dan lampu pada remote menyala. Kemudian lepaskanlah tombol reset.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda seharusnya dapat mereset remote mobil universal Anda dengan mudah. Namun jika anda merasa khawatir melakukan penanganan sendiri, sebaiknya bawalah mobil anda langsung ke bengkel atau spesialisnya untuk melakukan perbaikan dengan minim resiko.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment