Cara Merawat Pakaian Berbahan Sutera

Admin

Baju Larusso – Pakaian berbahan sutera memang terkenal dengan kelembutan dan kilau alaminya. Namun, perawatan yang salah bisa merusak keindahan dan kenyamanan kain sutera. Sebagaimana seperti yang kita ketahui, kain sutra tergolong ke kategori kain yang sensitif sehingga dibutuhkan penanganan yang tepat dalam hal perawatannya. Nana cara merawat pakaian yang terbuat dari kain sutra? berikut adalah beberapa cara merawat pakaian berbahan sutra agar tetap awet dan lembut.

1. Pisahkan Pakaian dan Lakukan Pencucian Secara Manual

Hindari mencuci pakaian berbahan sutera dengan mesin cuci. Pastikan warna baju tidak luntur dan aman dicuci dengan tangan. Isi ember dengan air hangat, campur dengan deterjen yang mempunyai kandungan yang lembut. Rendam pakaian berbahan kain sutra selama 5 menit.

2. Gunakan Sabun yang Lembut

Sabun yang lembut akan membantu menjaga serat kain sutera. Pilih sabun dengan kandungan yang tidak keras dan tidak merusak serat kain.

3. Hindari Menjemur di Bawah Terik Matahari

Ketika hendak menjemur pakaian sutra, hindari untuk langsung menjemurnya di bawah terik matahari secara langsung. Ini bertujuan untuk menjaga warna dan kualitas kain.

4. Menyetrika dengan Suhu yang Sedang

Suhu setrika yang terlalu panas dapat merusak serat kain sutera. Oleh karena itu, setel suhu setrika pada tingkat yang sedang saat menyetrika pakaian sutera.

5. Simpan di Tempat Kering dan Hindari Ruangan yang Lembab

Tempat penyimpanan yang lembab dapat merusak kain sutera. Oleh karena itu, simpan pakaian sutera di tempat yang kering dan bebas dari kelembaban.

6. Hindari Mengucek atau Memeras Pakaian Berbahan Sutra dengan Kuat

Agar tak merusak serat kain, hindari mengucek atau memeras pakaian berbahan sutera dengan kuat. Rendam sambil tepuk-tepuk saja ketika mencuci, lalu peras menggunakan handuk untuk menyerap air.

Apa yang Harus Saya Lakukan Jika Pakaian Sutra Terkena Noda?

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan jika pakaian sutera Anda terkena noda

1. Gunakan Detergen yang Aman

Ambil sejumput detergen dan letakkan pada bagian nodanya saja. Detergen ini harus aman dan tidak merusak kain sutera.

2. Gunakan Air Dingin

Setelah noda pada pakaian sutra hilang, langkah selanjutnya adalah mencuci pakaian dengan menggunakan air dingin. Ini bertujuan untuk menghilangkan sisa deterjen dan noda.

3. Bilas dengan Cuka

Ini akan membantu menghilangkan sisa-sisa noda. Cuka memiliki sifat asam yang dapat menghilangkan noda tanpa merusak kain.

4. Hindari Kontak dengan Panas

Kebanyakan jenis noda akan mengendap lebih cepat akibat panas. Oleh karenanya, hindari menempatkan bahan yang bernoda tersebut dekat sumber panas atau terkena sinar matahari langsung.

Baca juga Cara Mengenakan Pakaian Pastel dengan Gaya

5. Hindari Tekanan

Jangan memeras kain terlalu bertenaga atau menyikat kuat-kuat. Jika tidak noda bisa masuk ke dalam kain lebih dalam, jauh dari permukaan.

6. Gunakan Bahan Alami

Beberapa bahan alami seperti garam, cuka, lemon, sabun cuci piring, susu, dan soda kue dapat digunakan untuk menghilangkan noda pada pakaian, tergantung pada jenis nodanya. Bahan-bahan ini tidak hanya efektif menghilangkan noda, tetapi juga aman bagi kain sutera.

Dengan perawatan yang tepat, pakaian berbahan sutera Anda akan tetap awet, lembut, dan indah. Ingat, selalu melakukan uji coba pada sampel kain kecil terlebih dahulu sebelum melakukan penanganan guna menghindari kesalahan yang terjadi pada penanganan yang bisa merusak kain secara menyeluruh. Itulah beberapa tips dalam merawat pakaian berbahan sutra dan semoga bisa bermanfaat. Dan jangan lupa jika anda mencari kemeja, kaos, jaket, topi, hoodie dan fashion pria lainnya, langsung saja mampir ke larusso.co.id yang merupakan pusat fashion pria berkualitas.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment