10+ Bahan Rompi yang Bagus, Sesuaikan dengan Jenis Pakaian!

Author Larusso

Ada banyak jenis pakaian rompi mulai yang tipis sampai tebal. Maka dari itu, memilih bahan rompi yang bagus perlu disesuaikan dengan jenis pakaian. 

Mengingat masalah ini, tentu saja penting bagi pengusaha konveksi mengenal bahan-bahan rompi dan yang bagus untuk kebutuhan produk. Apa saja? Pastikan Anda membaca artikel ini sampai tuntas! 

Pilihan Bahan Rompi yang Bagus sesuai Kebutuhan

Ada beberapa pilihan bahan rompi yang bisa Anda gunakan untuk produk berbagai jenis pakaian. Berikut ini masing-masing yang dapat Anda pertimbangkan: 

Bahan Katun

Salah satu bahan multifungsi adalah kain katun. Bahan ini umumnya dibuat untuk segala jenis pakaian, tetapi penggunaannya pada pakaian ini, gunakan untuk membuat rompi vest. Tentu saja ini merupakan jenis rompi santai yang biasanya dipilih oleh wanita untuk melengkapi outfit hariannya. 

Hal ini karena bahan katun mempunyai sifat yang tipis, jatuh dan lembut saat dipakai. Beberapa konveksi memberikan model pakaian fashion saat ini, khususnya wanita dengan aksesoris rompi.

Bahan Fleece

Fleece juga termasuk bahan rompi yang bagus. Kain ini terbuat dari campuran katun dan wol, cocok untuk pembuatan rompi berbahan lembut, adem dan nyaman dipakai. 

Namun kelebihannya ini, bahan fleece mempunyai kekurangan mudah kotor dan rentan sobek bila bergesekan dengan benda tajam. Tapi jangan salah, banyak produsen yang memilih menggunakannya untuk pembuatan hoodie dan jaket. Pastinya ini karena  keunggulan kain fleece tidak main-main.

Bahan Rompi Yang Bagus: Drill

Bahan drill merupakan kain dengan karakteristik tebal tapi tetap adem saat dipakai. Selain itu, bahan ini juga kuat tidak mudah sobek dan mempunyai ketahanan tinggi sehingga kain drill terbaik tidak mudah pudar warnanya.

Paling banyak digunakan untuk kebutuhan pakaian dinas sehingga banyak dari kalangan perusahaan memilih bahan ini untuk membuat rompi vest. Menariknya, bahan ini ditawarkan dengan harga terjangkau tapi perlu diketahui kalau bahan drill memiliki tiga variasi tingkat ketebalan dan pastinya mempengaruhi harganya. 

Bahan Ripstop

Bahan rompi yang bagus juga termasuk kain Ripstop. Pilihan bagus bagi Anda yang ingin membuat rompi dengan kualitas lebih baik yaitu tahan gesekan dan anti sobek. 

Karakteristiknya sekilas mirip dengan bahan drill tetapi tekstur kain ini berbeda. Bahan drill mempunyai tekstur garis miring-miring tetapi Ripstop bercorak kotak-kotak. Selain itu, bahan rompi ini mempunyai sifat menolak air dan memiliki ketebalan yang bagus. Tapi massanya sangat ringan sehingga nyaman dipakai sebagai rompi.

Bahan Kanvas

Kain kanvas merupakan salah satu jenis kain rompi pilihan yang mempunyai tingkat ketahanan tinggi. Menariknya bahan ini tidak hanya bisa digunakan untuk pembuatan rompi tetapi produk fashion lainnya seperti jaket, sepatu sampai topi.

Ketebalannya yang cukup sempurna membuatnya salah satu rekomendasi bahan rompi terbaik. Cocok untuk dibuat pakaian dingin untuk melindungi tubuh dari ketidaknyamanan cuaca. 

Bahan Despo

Rekomendasi bahan rompi yang bagus berikutnya ada kain despo. Karakteristik kain ini cenderung licin dan memiliki tekstur super halus sehingga dapat memberikan kenyamanan pada pemakainya.

Serat kain despo sangat kecil, ini menjadi kelebihan tersendiri yang membuat bahannya selalu rapi. Tak heran, kalau banyak usaha konveksi memilih jenis kain ini untuk pembuatan rompi. Jadi, tidak salah kalau Anda ingin menjatuhkan pilihan bahan rompi dengan pemakaian lebih nyaman untuk pakaian resmi maupun casual.

Bahan Taslan

Anda juga bisa menggunakan kain taslan untuk bahan rompi yang bagus. Salah satu keunggulan menarik dari bahan ini yaitu ketahanannya terhadap air. 

Karakteristik lainnya juga dari bahannya yang kuat. Tak heran, jika kain ini tergolong tahan terhadap serangan angin. Jadi, sangat cocok untuk dijadikan sebagai bahan rompi yang dikenakan saat perjalanan jauh, misalnya ke kantor.

Bahan Rompi Yang Bagus: Parasut

Bahan rompi berkualitas yang bisa Anda pertimbangkan berikutnya adalah kain parasut. Karakteristik kain parasut yang tahan lama dan tahan air cocok untuk dijadikan bahan rompi. 

Apalagi yang sering aktivitas keluar rumah seperti pergi ke kantor atau kampus, menjatuhkan pilihan bahan rompi parasut tentu saja sangat tepat. Bahannya kuat dan ringan juga, makanya banyak juga yang memilih main ini untuk pembuatan produk rompi kekinian. Keunggulannya tentu lebih nyaman saat dipakai dan aman juga. 

Bahan Rajut

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan produk rompi berbahan rajut bukan? Ya, dengan bahan rajut sempat populer bahkan sampai sekarang masih terus eksis dan banyak peminatnya. 

Makanya, kain rajut menjadi salah satu rekomendasi bahan rompi yang bagus. Tampilannya juga kasual dan nyaman untuk dipakai beraktivitas. Bahan rajut tergolong tebal sehingga menjadi rompi yang nyaman dipakai saat musim hujan.

Bahan Brokat

Andalan saat kondangan adalah baju brokat bukan? Tapi paling bagus kalau memakai baju yang tidak seluruh bagiannya berbahan brokat misalnya dengan membuat rompi atau menjadikannya sebagai aksesoris. 

Bahan brokat mempunyai kelebihan tampilannya yang bagus dan cantik. Saat  dipakai ringan dan memberikan nilai estetika kesendiri bagi pemakainya. Banyak pilihan variasi motif brokat yang bisa dipilih, makanya bahan ini tak kalah lebih baik. 

Bahan Rompi Yang Bagus: Tenun

Kain tenun merupakan salah satu bahan favorit sejak dulu. Tak heran, kalau menjadi salah satu pilihan bahan untuk produksi fashion saat ini. Apalagi sekarang trend fashion nuansa vintage dan model klasik lainnya membuat bahan ini menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menghadirkan produk kekinian. 

Anda pastinya sudah tidak asing dengan karakteristik bahan tenun bukan? Kain tenun memiliki ciri tebal dengan tekstur yang jelas sehingga memberikan nilai estetika tersendiri pada pakaian yang menggunakan bahan ini. Rompi dengan bahan tenun cocok untuk dipakai saat cuaca dingin sekaligus tetap nyaman jika dipakai dalam aktivitas apapun di luar rumah.

Tips Memilih Bahan Rompi yang Bagus

Setelah mengetahui berbagai macam jenis bahan rompi yang berkualitas, tentu saja untuk memilih sesuai dengan kebutuhan Anda tidak kalah penting untuk juga dipertimbangkan. 

Jika Anda ingin menggunakan rompi untuk kebutuhan pakaian outdoor, pilihlah bahan yang tahan cuaca seperti drill, taslan, parasut dan Ripstop. Bila ingin dipakai untuk style fashion biasa, pilih saja bahan yang nyaman dipakai seperti katun dan kain tidak terlalu tebal lainnya. 

Sementara untuk kegiatan kerja memilih bahan rompi yang tahan lama dan kuat seperti bahan kanvas sangat direkomendasikan. Anda juga bisa memilih bahan yang mempunyai ketahanan tinggi terhadap panas maupun gesekan.

Selain itu, pertimbangkan juga dari kondisi iklim ketahanan dan kenyamanannya saat dipakai. Tidak lupa memperhatikan kualitas dan detail bahan sebelum membelinya untuk produk fashion Anda.

Sebagai contoh kalau pada musim hujan seperti sekarang untuk mengeluarkan produk rumpi dengan bahan kanvas, tenun dan taslan bisa laku keras. Jad,i bisa dikatakan bahan rompi yang bagus pertimbangannya kalau sesuai dengan kebutuhan. 

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment