Cara agar Motor Kencang Tanpa Bore Up

Author Larusso

Cara agar Motor Kencang Tanpa Bore Up

Merasa tarikan motor kurang kencang? Kerapkali sebagian orang melakukan bore up mesin untuk meningkatkan performa mesin motornya. Cara agar motor kencang tanpa bore up dapat dilihat pada ulasan berikut. Karena dengan melakukan bore up, akan mengubah kondisi mesin standar kalian.

Cara agar Motor Kencang Tanpa Bore Up

Cara agar Motor Kencang Tanpa Bore Up

Memiliki tarikan motor yang kencang tanpa mengganti mesin standar yakni dengan memodifikasi di bagian sektor mesin seperti mengganti piston dengan diameter yang lebih besar, mengubah blok mesin, noken as dan bagian lain dari mesin standar agar mendapat hasil kerja mesin yang optimal dan lari motor lebih ngacir.

Namun yang perlu diperhatikan jika melakukan bore up mesin, tidak boleh dikerjakan secara sembarangan dan membutuhkan ketelitian. Resikonya alih-alih mendapatkan tarikan kencang, malah mesin jebol dan kalian harus merogoh kocek lebih dalam. Selain resiko tersebut, hal lain yang perlu dipertimbangkan yaitu mesin jadi cepat panas/over heat dan lebih boros BBM.

Cara agar motor kencang dengan melakukan bore selain mengubah mesin standar pabrikan motor juga membutuhkan biaya yang cukup mahal. Sedangkan cara agar motor kencang tanpa bore up, memiliki kelebihan tanpa harus mengubah mesin standar dan lebih murah biaya. 

Lalu, bagaimana caranya agar motor bisa jadi kencang tanpa bore up? Kalian dapat simak beberapa tips berikut ini:

Melakukan Perawatan Rutin

Perawatan teratur sangat penting untuk menjaga performa motor agar selalu dalam kondisi baik. Namun karena lamanya masa pemakaian, dapat berpengaruh pada kondisi spare part mesin, seperti menjadi aus bahkan rusak.

Jika hal ini dibiarkan maka akan berpengaruh pada performa mesin tidak optimal. Lakukan perawatan mesin secara berkala, seperti mengganti oli mesin, membersihkan karburator, tune up mesin membersihkan saringan udara, pengecekan busi. Perawatan rutin dapat melakukan 2 bulan sekali.   

Mengurangi Beban Motor

Cara agar motor menjadi lebih kencang tanpa bore up lainnya, yaitu dengan mengurangi beban kendaraan agar motor dapat melaju kencang, seperti mengganti velg motor dengan bahan yang lebih ringan namun sesuai dengan standar motor, seperti berbahan alloy atau alumunium meskipun bahan ini tidak sekuat velg berbahan baja.

Pergunakan ban sport yang memiliki karakter soft compound yang cocok menggunakan di jalan raya. Dengan mengganti kedua komponen tersebut, motor lebih ringan dan dapat melaju kencang, namun tetap aman dan nyaman dikendarai.

Setting Ulang Karburator

Ini dapat menjadi opsi penting, cara agar motor kencang tanpa bore up, yakni dengan memaksimalkan suplai bahan bakar ke ruang mesin agar dapat bekerja optimal. Dengan cara mengganti ukuran spuyer karburator lebih besar. Namun lebih dianjurkan untuk menggunakan jasa montir karena tidak hanya asal ganti tapi harus disesuaikan dengan karakter mesin agar motor dapat melaju kencang dan irit.

Shockbreaker dalam Kondisi Prima

Selain berfungsi sebagai penahan getaran dan kestabilan berkendara di saat melaju kencang di jalan. Jika kondisi shockbreaker tidak prima maka dapat menghambat laju motor sehingga kemampuan mesin tidak dapat optimal.

Knalpot dalam Kondisi Prima

Selain berfungsi untuk meredam suara bising dari ruang bakar mesin motor. Kondisi knalpot yang tidak baik dapat berpengaruh pada performa mesin motor. Tidak sempurnanya saluran buang dari hasil pembakaran mesin, seperti kondisi knalpot yang bocor maka mesin akan cepat panas sehingga tenaga mesin tidak optimal.

Bahkan dengan desain knalpot yang tepat dapat meningkatkan tenaga. Salah satunya dengan mengganti knalpot aftermarket namun upaya ini kerap berbenturan dengan aturan lalu lintas.

Menggunakan Roller yang Lebih Ringan

Khususnya untuk motor matik, salah satu cara agar motor menjadi kencang tanpa bore up. Caranya ialah dengan menurunkan bobot roller sekitar 2 gram dari berat roller standar pabrik.

Memakai Spare Parts Original dan Berkualitas

Hal ini sangat penting mendapat perhatian caranya agar motor kencang tanpa bore up, yaitu di saat harus melakukan penggantian spare parts motor. Pergunakan spare parts original sesuai standar pabrikan. Hal ini memungkinkan untuk mendapat spare parts berkualitas yang memiliki masa pemakaian lebih awet dan kerja mesin dapat lebih optimal.

Sudah jelas kah dengan cara agar motor kencang tanpa bore up?

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment