Cara agar Tarikan Gas Motor Matic Enteng

Author Larusso

Cara agar Tarikan Gas Motor Matic Enteng

Daripada jenis sepeda motor lain, kini sepeda motor lebih masyarakat minati. Anggapannya lebih praktis tanpa harus mengoperasikan kopling dan gigi secara manual. Namun seiring lamanya usia pakai motor, mungkin saja beberapa komponen perlu mendapat perawatan, bahkan penggantian secara berkala, Seperti oli pelumas, busi, kampas rem, saringan udara dan komponen lainnya.

Terlebih jika menggunakannya sebagai kendaraan penunjang aktivitas sehari-hari. Perawatan wajib melakukan secara berkala, agar sepeda motor matic selalu dalam kondisi prima dan nyaman dikendarai. Namun mungkin saja karena pemakaian mengalami masalah. Salah satunya, tarikan gas motor matic terasa berat dan bagaimana cara agar tarikan gas motor matic enteng.

Penyebabnya Tarikan Gas Motor Matic Tidak Enteng

Cara agar Tarikan Gas Motor Matic Enteng

Tarikan gas yang berat pada motor matic berakibat motor jadi kurang responsif dan menghambat akselarasi motor saat dikendarai. Terutama melintas di jalan tanjakan yang membutuhkan tarikan lebih kuat justru mesin terasa berat dan tidak bertenaga. Jadi apa penyebab tarikan gas motor matic terasa berat dan bagaimana cara agar tarikan gas motor matic enteng?

Ada beberapa kemungkinan penyebab tarikan gas motor matic terasa berat, antara lain:

Kabel Gas yang Aus atau Rusak

Salah satu caranya agar tarikan gas motor matic enteng, diperiksa kondisi gas. Bisa saja kabel gas seret karena kotoran atau beberapa serat di dalamnya mulai putus sehingga kabel gas tersangkut dan tarikan gas terasa berat. 

Karburator atau Injektor Kotor

Karburator berfungsi untuk mengatur aliran bahan bakar ke ruang pembakaran. Fungsi yang sama juga pada injektor, jika kedua perangkat ini kotor atau rusak maka mesin seperti tersendat, tarikan gas berat, sulit hidup jika dinyalakan.

Kampas Kopling Aus

Kampas kopling yang tidak bekerja baik, mungkin karena aus ketika menarik gas untuk menghubungkan dan memutuskan tenaga dari mesin ke transmisi terasa berat dan perpindahan gigi tidak lancar karena kopling slip.

CVT Bermasalah

Continuously Variable Transmission (CVT) merupakan sistem transmisi yang digunakan pada motor matic. Jika CVT ini tidak berfungsi baik maka tarikan gas pada motor matic akan terasa berat. Adapun penyebab kerusakan pada sistem transmisi ini yaitu sabuk CVT aus karena gesekan pada rol dan komponen CVT lainnya serta oli transmisi yang kurang baik.

Komponen Mesin Bermasalah

Mesin pada sepeda motor berfungsi mengubah energi menjadi tenaga. Jika komponen mesin ini aus atau rusak maka tenaga yang dihasilkan tidak optimal dan tarikan terasa berat saat tuas gas ditekan.

Cara agar Tarikan Gas Motor Matic Enteng

Setelah mengetahui kemungkinan beberapa penyebab gas motor matic terasa berat. Kalian dapat melakukan beberapa cara agar tarikan gas motor matic enteng saat dikendarai, antara lain:

Lakukan Penyetelan Ulang Gas Motor

Caranya buka baut pengunci kabel, periksa handle dan kabel gas. Kabel seret oleh kotoran dapat dibersihkan namun jika serabutnya mulai putus segera ganti. Agar kabel gas awet beri pelumas oli kemudian atur ketegangan tali gas kembali.

Periksa Kondisi Karburator atau Injektor

Lepas karburator dan saring udara. Bersihkan dengan cairan pembersih khusus. Kemudian bersihkan bagian pilot jet, main jet, needle jet. Untuk membersihkan spuyer gunakan ampelas alus. Setelah selesai rakit kembali dan Lakukan penyetelan.

Periksa Kondisi Busi

Lepas busi cek kondisi busi, kerenggangan dan loncatan api, jika perlu diganti gunkan busi sesuai spesifikasi motor.

Periksa Kondisi Oli Mesin dan Transmisi

Dengan memeriksa level jumlah oli. Jika berkurang kemungkinan ada kebocoran oli dan periksa kondisi oli, lakukan pergantian oli secara berkala dan pergunakan oli sesuai standar pabrikan motor. 

Lakukan Perawatan Berkala CVT

CVT motor matic yang rusak dapat terlihat dari mesin yang bergetar, Tarikan mesin berat dan terdengar suara decitan serta tercium bau gosong. Agar CVT bekerja normal lakukan perawatan berkala namun jika salah satu komponen aus segera ganti.

Gunakan Bahan Bakar Rekomendasi Pabrikan

Pergunakan bahan bakar motor sesuai dengan oktan yang pabrik rekomendasikan.

Nah itulah informasi mengenai cara agar tarikan gas motor matic enteng. Semoga bisa menambah wawasan kita semua ya.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment