7 Cara Balik Nama BPKB Motor Sesuai Prosedur Kepolisian

Author Larusso

Cara Balik Nama BPKB Motor

Motor adalah kendaraan roda dua yang multifungsi dan sekaligus memiliki manfaat di banyak orang. Kendaraan ini cenderung banyak dipakai untuk angkutan barang, penumpang hingga mobilitas sehari-hari.

Cara Balik Nama BPKB Motor

Cara Balik Nama BPKB Motor

Untuk bisa memilikinya, masyarakat juga harus tahu bahwa kendaraan motor juga memiliki pajak. Berikut adalah cara balik nama BPKB motor di Samsat antara lain:

Kunjungi Polda Terdekat dan Berikan Keterangan Tujuan

Untuk bisa melakukan balik nama motor memang harus dilakukan di tempat yang tepat. Balik nama motor harus melalui prosedur serta hanya bisa dilakukan oleh instansi tertentu. Hanya kepolisian yang dapat memproses balik nama motor. Tentu saja, kepolisian punya wewenang terkait proses balik nama kendaraan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Pemilik kendaraan harus mengunjungi Polda terdekat dan berikan keterangan jelas tentang tujuan kedatangan. Setiap melakukan balik nama kendaraan akan dikenakan biaya administrasi.

Biaya ini dibebankan pada pemilik kendaraan. Anda juga bisa konsultasi langsung di Polda untuk mendapatkan informasi detail.

Serahkan Berkas Syarat Balik Nama Motor BPKB

Balik nama motor memiliki beberapa syarat yang harus Anda penuhi. Beberapa syarat tersebut seperti melampirkan berkas terkait kepemilikan kendaraan.

Berkas-berkas tersebut meliputi BPKB kendaraan, Stnk hingga ktp pribadi. Jika ada satu saja berkas yang belum lengkap maka pemilik kendaraan harus bisa melengkapinya.

Satu saja berkas yang kurang lengkap, maka balik nama BPKB motor bisa saja batal. Itu akan merugikan Anda selaku pemilik kendaraan karena berpotensi kesulitan serta beresiko di masa yang akan datang.

Isi Formulir Penerbitan BPKB Baru

Pemilik kendaraan akan diminta untuk mengisi formulir dari Polda setempat. Lakukan pengisian berkas hingga lengkap tanpa ada kesalahan.

Teliti sebelum mengisi karena hal ini akan berpengaruh terhadap hasil dari proses balik nama kendaraan. Pengisian formulir juga tidak bisa diwakilkan dan harus pemilik itu sendiri yang mengisinya.

Berkas ini akan langsung diproses oleh petugas setempat. Pemilik kendaraan akan diminta menunggu hasil dan jika pemberkasan sudah benar maka bisa melanjutkan ke proses berikutnya.

Petugas akan Memberikan Tanda Pembayaran

Petugas yang sedang berjaga di tempat akan memberikan sebuah tanda pembayaran. Pemilik kendaraan harus memenuhi tanggung jawab administrasi yang dibebankan.

Ketika sudah melakukan pembayaran, maka petugas akan memberikan bukti cek berupa kuitansi. Bukti ini harus Anda simpan hingga BPKB motor diberikan.

Cara balik nama BPKB motor ini adalah terapan langsung di lapangan. Jadi, pemilik kendaraan pasti akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan ekspektasi.

Apabila pemilik kendaraan tidak menerima kuitansi, maka Anda berhak mempertanyakannya pada petugas terkait. Pastikan bahwa kuitansi cocok dengan tujuan Anda berkunjung ke Polda terkait balik nama BPKB.

Petugas akan Memberikan Tanda Terima Pengambilan BPKB Motor

Ketika sudah menerima kuitansi pembayaran maka lanjut ke proses berikutnya. Petugas dari kepolisian akan memberikan Anda sebuah tanda terima.

Tanda terima ini berupa nota pengambilan BPKB motor. Pastikan bahwa tanda terima tersebut Anda simpan dan jangan sampai hilang.

Apabila merasa kesulitan akan proses dari balik nama BPKB motor, maka Anda bisa bertanya. Petugas akan membantu Anda mengatasi kesulitan baik di segi administratif hingga pemberkasan.

Datang Kembali ke Polda di Hari yang Sudah Ditentukan

Petugas akan memberikan jadwal kunjung untuk Anda yang ingin mengambil BPKB motor. Jika sudah tertera tanggal kunjung, maka Anda wajib mengunjungi Polda di hari yang tertera.

Jangan sampai lupa karena jam kunjung ini harus sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Apabila lupa, maka besar kemungkinan pihak kepolisian akan membuatkan tanggal kunjung yang baru.

Jika ini terjadi, maka bisa jadi BPKB yang seharusnya Anda ambil akan molor. Tentu saja, ini akan menyulitkan Anda karena proses pengambilan di hari lain bisa jadi lebih lama.

BPKB yang Baru Sudah Siap

Apabila Polda sudah menetapkan tanggal pengambilan BPKB. Kunjungilah sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Ketika berkunjung pada hari yang tepat, maka BPKB akan diserahkan secara langsung. Itu merupakan cara balik nama BPKB motor yang sesuai dengan prosedur kepolisian. 

Lakukan cara balik nama BPKB motor dengan tepat dan sesuai instruksi. Pastikan membawa berkas dan kelengkapan lainnya agar proses berjalan lancar.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment