Cara Beli Motor Tarikan Leasing

Author Larusso

Cara Beli Motor Tarikan Leasing

Sepeda motor sudah menjadi kebutuhan masyarakat pada umumnya. Untuk menunjang aktivitas bekerja, berdagang, mengantar anak sekolah, dan beragam aktivitas sehari-hari lainnya. Tak heran, permintaan alat transportasi roda dua ini tiap tahun terus meningkat, termasuk untuk tahu cara beli motor tarikan leasing.

Karena seiring kebutuhan masyarakat akan sepeda motor, kini semakin menjamur perusahaan pembiayaan atau leasing sebagai sarana masyarakat membeli kendaraan secara kredit. Namun tidak semua, orang berminat memiliki motor dengan cara kredit. Mungkin merasa akan terbebani harus membayar angsuran setiap bulan selama waktu yang disepakati.

Dengan resiko jika tidak terbayar maka motor akan disita oleh pihak leasing. Membeli motor secara cash baik baru maupun bekas cara teraman. Namun untuk membeli motor baru, mungkin sebagian orang harus mempertimbangkan budget yang dimiliki.

Terutama penawaran melalui media sosial dengan pajangan foto motor kondisi sangat bagus dengan harga murah. Setelah terjadi kesepakatan harga, maka akan meminta transfer uang terlebih dahulu, tanpa bertemu dan melihat kondisi motor terlebih dahulu. Berikut identitas dan alamat palsu. 

Cara Beli Motor Tarikan Leasing

Cara Beli Motor Tarikan Leasing

Apakah caranya beli motor tarikan leasing tidak ribet? Bisa dikatakan tidak semudah membeli motor baru dan motor bekas dari penjual langsung. Membeli motor tarikan leasing secara lelang harus mengikuti syarat dan ketentuan penyelenggara lelang atau pihak leasing secara langsung. Adapun prosedur secara umum sebagai berikut:

  • Badan lelang akan memberikan grade motor berdasarkan kondisi motor, mulai dari grade A, B, C, dan selanjutnya.
  • Untuk mengikuti lelang lakukan pendaftaran dengan mengisi data diri dan persyaratan seperti KTP, NPWP, nomor HP, nomor rekening, dan syarat lain yang diperlukan.
  • Pilih motor yang diminati. Lakukan pembayaran uang deposit sebagai jaminan.  
  • Lakukan registrasi sertakan bukti transfer deposit, dan Nomor Peserta Lelang (NPL)
  • Ajukan penawaran lebih tinggi dari limit harga yang ditentukan. bisa berkali-kali hingga penawaran ditutup dengan harga tertinggi.
  • Jika menang segera bayar pelunasan sesuai batas waktu yang diberikan.

Beberapa hal penting untuk mengikuti lelang; Cek kondisi motor saat diberi waktu mengecek objek lelang. Umumnya beberapa hari sebelum lelang dimulai. Lakukan cek terlebih dahulu harga motor di pasaran untuk patokan limit maksimal harga penawaran dan di saat lelang berlangsung beri penawaran harga sedikit demi sedikit, jika kalah lelang jangan khawatir uang jaminan akan dikembalikan utuh.

Tips Membeli Motor Bekas Secara Cash di Lelang

Alternatif membeli motor bekas secara cash solusi lebih meringankan isi kantong, karena alasan harga di bawah motor baru dari dealer. Namun ada cara beli motor tarikan leasing, yaitu motor tarikan dari debitur yang tidak sanggup lagi membayar angsuran kemudian dijual secara lelang oleh badan lelang atau pihak leasing itu sendiri. Dengan cara ini akan mendapat harga motor yang lebih murah.

Cara beli motor tarikan leasing ini, orang belum banyak mengetahui. Mungkin awalnya. pihak leasing menjual pada dealer rekanan tidak pada perseorangan dan sifatnya tertutup. Namun kini bila berminat beli motor tarikan leasing, silakan coba akses beberapa situs lelang yang terkemuka di Google.  

Mungkin caranya beli motor tarikan leasing melalui lelang, bagi kebanyakan orang akan timbul pertanyaan, apakah aman? Atau tidak akan ribet? Kalau dikatakan aman, tentu harus dilihat badan penyelenggara lelang itu sendiri. Meskipun disinyalisasi saat ini marak penipuan jual motor eks tarikan leasing yang mengatas badan atau perusahaan lelang di media online.

Bila berminat ingin mencoba cara beli motor tarikan leasing dengan aman, bisa simak tips berikut ini:

  • Pastikan perusahaan leasing terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  • Pilihlah badan lelang yang mempunyai reputasi baik dan dapat dipercaya.
  • Cek kondisi fisik motor yang akan dibeli.
  • Pastikan kelengkapan dan keabsahan surat-surat kendaraan.

Agar terhindar dari penipuan penjualan motor tarikan leasing, ada beberapa hal yang harus dihindari. Jangan membeli motor tarikan leasing dari debt collector karena rentan terjadi manipulasi surat kepemilikan kendaraan. Jangan tergiur dengan penawaran harga murah bahkan di bawah kewajaran harga pasaran.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment