Cara Cabut Berkas Motor secara Online

Author Larusso

Cara Cabut Berkas Motor secara Online

Ada banyak yang tidak memperhatikan administrasi kendaraan ketika pindah domisili ke daerah lain, saking sibuknya. Luangkan waktu sejenak untuk mengurus administrasi kendaraan bermotor agar tidak bermasalah nantinya serta tentunya merepotkan di kemudian hari.  

Cara Cabut Berkas Motor Secara Online

Cara Cabut Berkas Motor secara Online

Beberapa berkas yang harus disiapkan agar caranya cabut berkas motor secara online lancar, di antaranya:

  • KTP asli dan foto copy 2 rangkap.
  • BPKB asli dan fotocopy 2 rangkap.
  • STNK asli dan fotocopy.
  • Kuitansi pembelian kendaraan bermotor.

Lantas bagaimana cara cabut berkas motor secara online, setelah pencabutan berkas di Samsat lama. Nantinya Anda bisa mengisi mendapatkan kemudahan, di antaranya mengisi formulir secara online tanpa perlu datang ke Samsat lagi. Data yang Anda butuhkan di antaranya: identitas penduduk, NIK dan lain-lain. Dengan memasukkan NIK maka data akan terekam sehingga tak perlu mengisinya secara manual. Setelah mengisi data secara online, Anda hanya tinggal menunggu STNK, BPKB, dan plat nomor polisi diterbitkan.

Berikut prosedur sebelum cara cabut berkas motor secara online.

Menyerahkan BPKB dan KTP Kepada Petugas

Akan ada proses pemeriksaan cek fisik pada kendaraan oleh petugas setelah menyerahkan BPKB dan KTP. Biasanya petugas menggesek nomor rangka dan nomor mesin. Petugas akan memberikan dokumen yang dicap jika pemeriksaan berkas dan fisik sudah ada kesesuaian.

Loket Mutasi

Hasil pengecekan kendaraan nantinya akan diserahkan ke loket mutasi. Di loket mutasi inilah Anda menerima formulir pendaftaran yang harus diisi sesuai dengan data yang ada. Isilah data tersebut dengan lengkap dan jelas, serahkan kembali ke petugas ketika data dirasa sudah cukup ke loket mutasi dan saat itu Anda akan diberi formulir pendaftaran.

Loket Pendaftaran

Serahkan semua berkas yang sudah dilegalisasi, berikut isian formulir. Simpan bukti pengambilan berkas yang petugas kasih.

Pengambilan Berkas

Setidaknya perlu sekira 5-7 hari setelah proses di atas dilakukan Anda bisa datang ke kantor Samsat untuk mengambil berkas. Ingat, bawalah kuitansi pengambilan berkas agar tak terkendala saat mengambil dokumen.

Pengembalian BPKB

Setelah berkas diambil, jangan lupa untuk menyalin berkas serta membuat salinan legalisasi cek fisik dan kuitansi pembelian.

Surat Motor Lengkap Mempemudah Mutasi

Sebagai pengguna motor, pastinya sudah paham apa yang akan terjadi ketika surat-surat motor tidak komplit atau tidak ada kesesuaian. Tertib administrasi adalah harus, lakukan cara untuk bisa cabut berkas motor secara online ketika pindah domisili untuk mengurangi resiko.

Cabut berkas atau sering juga disebut dengan mutasi dilakukan jika pemilik kendaraan berpindah alamat domisili. Mengurus administrasi kendaraan sangat penting dilakukan ketika Anda pindah rumah.

Hal ini untuk memudahkan melakukan pembayaran pajak kendaraan maupun untuk mengurus STNK. Jika selama ini orang melakukan mutasi secara langsung yakni dengan datang ke tempatnya secara langsung, maka ada beberapa kemudahan yang bisa dilakukan. Dalam artikel kali ini Anda bisa mendapatkan informasi bagaimana cara cabut berkas motor secara online.

Sebelum melakukan cara mencabut berkas motor secara online, terlebih dahulu Anda harus melakukan proses cabut berkas offline di kantor Samsat lama. Kenapa harus datang langsung ke kantor lama? Karena selain dilakukan pemeriksaan berkas secara langsung juga dilakukan pengecekan fisik terhadap kendaraan yang Anda miliki.

Kedatangan Anda secara langsung ke kantor Samsat bisa bertujuan untuk pembayaran pajak kendaraan, balik nama kendaraan, mutasi, sebagai salah bentuk pengecekan keabsahan surat-surat kendaraan yang Anda miliki, terutama bagi yang membeli kendaraan motor atau mobil bekas.

Memang cara cabut berkas motor secara online ini belum bisa sepenuhnya dilakukan secara online. Ada beberapa tahapan yang mengharuskan pengguna datang langsung ke Samsat karena perlu ada pengecekan administrasi dan fisik terlebih dahulu. Namun ketika tahapan ini sudah selesai, langkah selanjutnya bisa dilakukan secara online. Isi formulir tanpa perlu datang ke kantor Samsat.

Tahapannya tinggal masuk ke aplikasi yang sudah disediakan, masukkan data diri secara lengkap. Tunggu sampai informasi penerbitan STNK, BPKB, dan plat motor selesai. Selamat mencoba cara cabut berkas motor secara online!

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment