7 Cara Membilas Pakaian di Mesin Cuci 1 atau 2 Tabung

Author Larusso

Cara Membilas Pakaian di Mesin Cuci

Mencuci adalah suatu rutinitas yang banyak dilakukan oleh sebagian besar masyarakat. Dengan mencuci tentunya akan membuat pakaian yang kotor kembali bersih. Cara membilas pakaian di mesin cuci umumnya bisa menggunakan versi 1 atau 2 tabung. Pengguna bebas memilih mesin cuci yang cocok dengan kebutuhan masing-masing. 

Cara Membilas Pakaian di Mesin Cuci

Cara Membilas Pakaian di Mesin Cuci

Mesin cuci 1 tabung cenderung lebih simpel karena sudah otomatis. Berikut adalah cara membilas pakaian dengan menggunakan mesin cuci 1 atau 2 tabung antara lain:

Masukan Baju Kotor ke Mesin Cuci

Pertama adalah dengan memasukkan baju yang telah kotor ke mesin cuci. Pada mesin cuci 1 atau 2 tabung umumnya memiliki batas maksimal berat pakaian yang dibersihkan.

Jangan memasukkan pakaian terlalu banyak pada mesin cuci guna menghindari berat berlebih. Jika sudah lanjutkan dengan menekan tombol kran air dan tunggu hingga air memenuhi tabung.

Alirkan Air ke Bagian Laci Deterjen

Untuk bisa membilas pakaian dengan memakai mesin cuci 1 atau 2 tabung tidaklah sulit. Sebelum membilas, maka rendam terlebih dahulu pakaian agar kotoran yang menempel bisa dibersihkan dengan mudah.

Mesin cuci 1 tabung adalah suatu alat yang sudah mendapatkan sensor otomatis gerakan. Hal ini membuat mesin cuci dapat bekerja lebih maksimal dan efisien.

Berbeda dengan versi 2 tabung yang pengeringnya terpisah. Untuk menggunakan mesin cuci adalah dengan mengalirkan air ke bagian laci deterjen.

Tekan Panel Pencuci

Cara membilas pakaian di mesin cuci 1 tabung umumnya hanya dengan menekan tombol bilas dan bersihkan. Pada panel pencuci tersebut juga ada di mesin cuci 2 tabung.

Jika panel tersebut sudah Anda tekan, maka otomatis mesin cuci akan menggiling pakaian. Sebelum menekannya, pastikan bahwa deterjen sudah Anda masukkan ke dalam mesin cuci.

Tunggu hingga pakaian dibilas dengan bersih. Pembilasan tersebut umumnya akan memakan waktu setidaknya ½ jam.

Bukalah Katup Pembuangan Air

Membersihkan pakaian hingga bersih menggunakan mesin cuci umumnya jauh lebih efisien. Proses membersihkan tersebut dapat dengan mudah Anda lakukan, yakni dengan menekan panel pencuci.

Setelah berhasil menekan panel, secara otomatis mesin cuci akan menggiling pakaian. Jangan lupa untuk membuka katup pembuangan air apabila pakaian sudah dicuci.

Katup pembuangan air tersebut ada di bagian bawah mesin. Pastikan bahwa katup tidak tersumbat karena dapat menghalangi air kotor keluar dari pembuangan.

Bilas Lagi Pakaian Menggunakan Air Bersih

Cara membilas pakaian di mesin cuci 1 tabung adalah dengan memanfaatkan sistem otomatisnya. Pembilasan pada pakaian dapat Anda lakukan ketika pakaian tersebut sudah dicuci otomatis.

Bilas pakaian memakai air bersih yang mengalir langsung melalui kran. Aliran air yang masuk dalam mesin cuci tersebut tentunya berlangsung menggunakan pipa yang tersambung ke mesin.

Pipa yang tersambung akan langsung mengarah pada tabung pembilas. Untuk mesin 1 tabung, air dapat langsung masuk pada lubang yang tersambung pada tabung. Sementara itu, untuk mesin 2 tabung, Anda harus bisa membedakan mana mesin untuk membilas dan mengeringkan.

Tabung pembilas umumnya berbentuk lebih besar daripada tabung pengeringnya. Pembilasan umumnya dapat dilakukan dengan cara yang sama yakni memasukkan air pada area pencuci.

Keringkan Pakaian

Panel pengering untuk mesin 1 tabung dengan versi 2 tabung sedikit berbeda. Mesin cuci 1 tabung terhubung langsung menjadi satu sehingga pembilasan dan pengeringan dilakukan di tabung yang sama.

Berbeda dengan mesin 2 tabung dimana pengering terpisah dari tabung pembersih. Untuk tabung pengering selalu berukuran lebih kecil dari tabung utama.

Gunakan tabung pengering untuk mesin 2 tabung dan nyalakan tombolnya hingga proses pengeringan berlangsung lancar. Untuk mesin 1 tabung, tekan saja item pengering maka mesin akan otomatis mengeringkan pakaian.

Tunggu Hingga Proses Berjalan dengan Baik

Bagi yang telah melalui proses pengeringan di mesin cuci, maka lanjut dengan mengangkat pakaian. Jemur pakaian di tempat yang panas sehingga cepat kering dan dapat segera Anda gunakan.

Cara membilas pakaian di mesin cuci 1 atau 2 tabung umumnya tidak terlalu berbeda. Hanya pada mesin 2 tabung terdapat pengering terpisah yang fungsinya adalah untuk mengeringkan pakaian.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment