Cara Membuat Baju Menyala dalam Gelap

Author Larusso

Cara Membuat Baju Menyala dalam Gelap

Mungkin kalian pernah melihat pekerja kontruksi memakai baju menyala di malam hari? Nyala dari baju tersebut memudahkan penggunanya terlihat ketika di area minim cahaya. Kini baju tersebut dibuat tidak hanya untuk kebutuhan baju safety saja, namun menjadi varian desain baju yang unik.

Bahkan di beberapa negara di Eropa, baju ini populer dipakai di musim dingin di saat matahari jarang muncul. Tak heran banyak yang mencari informasi perihal cara membuat baju menyala dalam gelap.

Pakaian Glow in the Dark

Cara Membuat Baju Menyala dalam Gelap

Baju menyala merupakan hasil sablon glow in the dark, yaitu teknik sablon dengan menggunakan cat fosfor. Zat ini dapat menyala ketika gelap, setelah mendapat energi cahaya matahari maupun lampu. Kemampuan menyerap energi inilah, yang kemudian secara perlahan dilepaskan hingga terlihat menyala.

Selain memiliki keunikan tetap menyala di dalam gelap. Cara membuat baju menyala dalam gelap memanfaatkan sablon glow in the dark, memiliki daya tahan lebih awet daripada jenis sablon lain. Terutama kualitas warna dengan piksel tinggi, juga dapat diaplikasikan dengan beragam jenis baju dan bahan kaos, seperti, cotton combed, viscose, carded, polyester, rayon dan lainnya.

Baju berwarna dasar hitam sangat cocok diaplikasikan untuk sablon glow in the dark ini. Namun perlu kalian tahu bahwa baju ini sablon terasa lebih kaku dan untuk mencuci baju glow in the dark ini tidak dianjurkan menggunakan mesin cuci, tapi akan lebih bagus dicuci secara manual pakai tangan. Meski ada kekurangan baju menyala ini banyak diminati bahkan populer di kalangan remaja. 

Cara Membuat Baju Menyala dalam Gelap

Caranya membuat baju menyala dalam gelap, yakni dengan teknik sablon yang hampir sama dengan teknik sablon manual biasa, yang membedakan hanya penggunaan cat fosfor tadi. Tapi untuk mendapat hasil baju glow in the dark lebih bagus, sebagian memadukannya dengan sablon jenis pigmen, rubber atau plastisol.

Jika kalian tertarik dan ingin tahu, bagaimana cara membuat baju menyala dalam gelap, silakan simak beberapa tahapan berikut di bawah ini:

Pertama

Tahap pertama yang harus disiapkan sebelum melangkah pada penyablonan, yakni membuat desain baik berupa gambar, foto, atau membuat desain dengan menggunakan software seperti adobe ilustrator maupun Corel Draw. Setelah desain selesai baru dibuatkan film, yang kemudian desain berbentuk film tersebut dipindahkan ke screen sablon.

Kedua

Tahap kedua menyiapkan bahan – bahan untuk proses sablon glow in the dark, antara lain; menyiapkan rubber white, rubber clear, pigmen zat warna untuk sablon dan serbuk fosfor.

Ketiga

Tahap ketiga yakni proses sablon, cara membuat baju yang bisa menyala dalam gelap. Pada tahap ini ada beberapa yang harus dipersiapkan antara lain:

  • Menyiapkan bahan rubber putih sebagai bahan dasar sablon. Kalian dapat menambahkan pigmen warna pilihan selain putih. Namun agar hasilnya lebih baik kalian dapat menyesuaikan warna tersebut dengan cat fosfor yang akan kalian gunakan, umumnya fosfor berwarna hijau muda
  • Sablonkan rubber pada bahan baju sebagai sablon dasar. Lakukan berulang 2 hingga 3x sampai hasilnya bagus. Kemudian siapkan rubber clear dan serbuk fosfor
  • Campurkan rubber clear dan fosfor dengan perbandingan 1:3 atau dapat disesuaikan dengan keinginan, baru kemudian kedua bahan ini aduk secara merata.
  • Kemudian sablonkan kedua bahan rubber clear dan fosfor tersebut ke permukaan sablon dasar pada baju dengan menggunakan screen sablon yang sebelumnya terpakai pada proses sablon dasar
  • Setelah selesai, keringkan baju yang telah disablon hingga benar – benar kering. Untuk sablon glow in the dark, lebih lama kering. Agar lebih cepat kering dan mendapatkan hasil yang bagus, kalian dapat menggunakan heatpress.

Baju glow in the dark menjadi varian desain baru yang populer di kalangan remaja. Selain memiliki keunikan beragam desainya yang dapat menyala. Cara membuat baju menyala dalam gelap ini, tidak berbeda jauh dengan proses sablon manual. Hanya penggunaan bahan serbuk fosfor saja yang menjadi perbedaan juga menjadi kelebihan baju glow in the dark ini.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment