Bagaimana Cara Membuat Database di CMD untuk Pemula?

Author Larusso

Cara Membuat Database di CMD

Bagaimana cara membuat database di CMD? Bagi beberapa kalangan, pasti sudah tak asing. Akan tetapi, untuk para pemula atau yang masih awam dalam bidang ini, tentunya sedikit kebingungan dan membutuhkan tutorialnya untuk pemula.

Yang perlu kita tahu, bahwa CMD ini menjadi salah satu metode yang bisa membantu dalam menyelesaikan pekerjaan yang berhubungan dengan data pada komputer. Apalagi dalam jumlah besar dan harus kita selesaikan dengan cepat.

Lantas bagaimana cara membuatnya? Simak artikel hingga selesai.

Apa itu CMD? Dan untuk Apa Fungsinya?

Cara Membuat Database di CMD

Sebelumnya, ketahui terlebih dahulu apa itu CMD, yang merupakan sebuah aplikasi dengan basis Command Line Interpretter (CLI) yang terdapat pada sistem operasi Microsoft Windows. Generasi millennial pasti pernah mendengarnya, dahulu terkenal sebagai MS DOS dan merupakan salah satu fitur dasar pada Windows.

Hanya saja sekarang ini CMS sudah hampir tak pernah terpakai lagi, sebab telah terganti dengan adanya sistem GUI yang mana lebih user friendly, serta tentu saja jauh lebih mudah untuk pengguna pakai dalam aplikasi hariannya.

Lalu apa saja fungsi utama dari CMD yang paling sering terpakai? Jadi kita bisa menggunakannya untuk menjalankan macam-macam perintah yang ada pada OS Windows. Akan tetapi fungsi CMD ini ternyata bisa menjadi lebih spesifik lagi, bila kita bisa memasukkan perintah yang lebih mendetail lagi.

Bagi yang penasaran dengan fungsi dari CMD, simak berikut ini.

  • Untuk mengecek jaringan. Jadi kita bisa pakai CMD ini untuk melihat hasil dari ping yang kita jalankan ke sebuah web. Bisa juga melihat alamat IP yang sedang kita gunakan, sampai bisa juga tracert jaringan pada sebuah server yang kita tuju.
  • Untuk mengecek status Windows. Ternyata CMD ini juga mempermudah kita untuk melihat aktivasi Windows yang sedang kita gunakan sekarang.
  • Untuk menata file-file. Dengan menggunakan CMD, maka kita bisa membuat file baru, menghapus file yang tak kita butuhkan lagi, bahkan bisa juga menyembunyikan file tertentu dalam Windows milik kita. Kemudian selain itu juga bisa melihat berapa sisa kuota pada harddisk.

Langkah Membuat Database di CMD yang Mudah

Jika ingin membuat database dalam CMD, hal pertama yang harus kita lakukan adalah menginstall program xampp terlebih dahulu, dan juga sudah menjalankan service apache serta mysql. Jika sudah, maka kita bisa mulai membuat database dengan cara membuat database di CMD berikut ini.

1. Langkah pertama, bukalah Command Prompt CMD dengan cara menekan tombol keyboard dengan kombinasi windows + R, setelah muncul jendela Run maka silahkan ketik CMD lantas klik ok.

2. Apabila jendela CMD telah muncul pada layar, kemudian ketikkan

cd C:\xampp\mysql\bin

Apabila sudah kita masukkan, silahkan tekan enter dan masukkan perintah ini : 

mysql -u root

3. Supaya bisa melihat daftar database-nya, maka silahkan pakai perintah yang satu ini :

SHOW DATABASES;

Kemudian akan muncul barisan nama database default dan perlu perintah lain untuk membuat database yang baru.

4. Jika ingin membuat database baru, maka perintah yang bisa kita pakai adalah seperti berikut ini.   

CREATE DATABASES nama database;

Jika sudah, maka kita bisa cek database yang baru kita buat tersebut dengan menggunakan perintah show databases; kembali.

Bagaimana, mudah untuk kita pahami bukan?

Bagaimana Cara Membuat Tabel (Field) MySQL dalam CMD

Setelah mengetahui cara membuat database di CMD, maka sekarang kita bisa beralih ke tahapan berikutnya, yaitu membuat table pada database yang sudah kita buat tersebut. Caranya sebagai berikut ini.

Lanjutkan perintah sebelumnya, buatlah table dengan menggunakan perintah ini: 

USE nama database;

CREATE TABLE siswa (

    -> nisn char(10) not null primary key,

    -> nama varchar(60) not null,

    -> gender char(1),

    -> ttl date,

    -> umur int

    -> );

Lantas supaya bisa melihat detail struktur tabel, maka silahkan gunakan perintah ini :

DESC siswa;

Lalu, bagaimana jika ada yang salah? Maka cara menghapus database MySQL dengan menggunakan CMD adalah sebagai berikut.

DROP DATABASE anandanesia;

Demikian adalah cara membuat database di CMD, semoga bermanfaat.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment