10 Cara Memfoto Baju untuk Dijual agar Terlihat Menarik

Author Larusso

Cara Memfoto Baju untuk Dijual

Ingin jualan baju online? Mengapa tidak, di era digital saat ini jualan secara online banyak diandalkan pelaku usaha. Selain praktis dapat menjangkau pasar yang luas, bahkan kini hampir segala produk produk dipasarkan secara online, tidak kecuali produk baju. Lalu apa kunci sukses berjualan online? Salah satunya cara memfoto baju untuk dijual dengan foto produk yang menarik.

Harus diingat hal pertama dilakukan orang di saat mencari barang secara online yaitu melihat foto. Karena foto produk dapat mempresentasikan produk yang ditawarkan, sehingga dapat mempengaruhi keputusan calon pembeli. Maka diperlukan trik dan tips caranya memfoto baju untuk dijual agar terlihat menarik.

Cara Memfoto Baju untuk Dijual

Cara Memfoto Baju untuk Dijual

Menghasilkan foto baju yang menarik dapat menarik minat calon pembeli dan menaikkan tingkat penjualan. Tapi hal lebih penting dapat memberikan informasi jelas mengenai bahan yang digunakan, desain, detail produk serta kualitas baju yang ditawarkan. Lalu bagaimana cara agar menghasilkan foto yang produk baju yang menarik?

Selain selalu mengikuti tren foto baju terkini. Ada beberapa cara untuk memotret baju untuk dijual secara online agar terlihat menarik dan selalu up date. Lebih lengkapnya yuk simak tips-tips berikut ini:

Rapikan Baju yang akan Difoto

Hal penting yang harus diperhatikan cara memfoto baju untuk dijual. Merapikan produk baju terlebih dahulu. Setrika permukaan yang kusut dengan steamer atau menggunakan lint roller karena kerapian akan menghasilkan foto yang dapat menarik calon pembeli melihat produk baju yang kalian tawarkan.

Tentukan Konsep Produk Foto Baju

Semakin baik konsep foto produk baju yang disuguhkan maka semakin menarik hasil foto yang dihasilkan. Contoh konsep baju casual ide dasarnya dapat dikembangkan dengan santai kekinian dengan latar belakang pengambilan foto café atau kebun belakang rumah.

Siapkan Set Foto Baju

Foto produk baju menarik dan estetis dihasilkan dari komposisi yang detail, cara pengambilan foto, pencahayaan, latar dan gaya fot. Contoh gaya packshot lebih menonjolkan detail produk tujuannya agar calon pembeli dapat melihat detail produk. Lalu sedangkan gaya lookbook lebih menampilkan aksi gaya nyata produk baju misalnya dengan menggunakan jasa model.

Tentukan Set Up Pengambilan Foto

Memiliki ruangan dengan perlengkapan kamera, tripod, softbox atau backdrop dapat dijadikan studio foto produk baju. Tapi jika budget masih terbatas mulai saja dengan yang kalian miliki misal; menggunakan kamera saku, smatphone, memanfaat pencahayaan alami dari cahaya matahari. Karena hasil foto lebih pada kemampuan kreatifitas tidak semata karena alat yang mumpuni.  

Mengambilan Sudut Pandang Foto

Teknik pengambilan foto dari beberapa sudut pandang. Hal ini dilakukan agar mendapatkan hasil foto yang sangat jelas dan menarik jika dilihat dari beberapa sudut produk tersebut.

Menggunakan Ghost Manekin

Menggunakan teknik ini akan melewati dua tahap. Yaitu setelah mengambil foto produk baju dengan menggunakan manekin. Lalu masuk ke tahap editing untuk menghilangkan manekin yang digunakan.

Menggunakan Teknik Unedited Images dan Flat Lay

Unedited images menghasilkan foto produk yang belum diedit, teknik ini untuk sebagian pembeli yang menginginkan keaslian foto produk baju yang ditawarkan. Sedangkan flat lay dalam pengambilan foto produk baju ditambahkan beberapa properti tambahan. Sebut saja aksesoris, topi, heels agar mendapatkan foto yang lebih menarik dan estetik, produk utama baju harus lebih ditonjolkan.

Melakukan Editing Foto

Setelah melakukan pemotretan, kalian dapat memanfaatkan aplikasi editing foto untuk memperbaiki kualitas foto dengan melakukan edit ringan. Misalnya exposure, kontras, pencerahan contohnya dengan menggunakan aplikasi photoshop.

Menggunakan Model

Cara menghasilkan foto produk baju yang lebih nyata dengan menggunakan model. Namun bisa kalian meminta bantuan baik teman, saudara, atau keluarga kalian untuk menjadi model.

Melakukan Pengambilan Foto di Beberapa Lokasi

Cara memfoto baju untuk dijual berikutnya, pengambilan foto ini disesuaikan dengan produk baju yang akan ditawarkan. Contohnya untuk baju pantai, perkantoran baju yang cocok digunakan di alam terbuka outdoor seperti hutan dan sebagainya.

Nah bagaimana, sudah siap untuk melakukan fotografi bajunya?

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment