Cara Memperbaiki Sablon Baju yang Rusak

Author Larusso

Cara memperbaiki sablon baju yang rusak atau membersihkan sisanya sangat dibutuhkan agar dapat dipakai kembali. Terkadang, bukan bajunya yang sudah jelak, tapi gambarnya yang retak-retak membuat tampilannya tidak layak.

Kaos dengan sablon memang rentang menghadapi kondisi demikian. Oleh karena itu, daripada disingkirkan atau berakhir menjadi lap, lebih baik diperbaiki. Bahkan, kalau sablonnya sudah tidak bisa diselamatkan, bisa dibersihkan sisanya dan disablon ulang.

Cara Memperbaiki Sablon Baju yang RusakSebagian

Sablon baju yang rusak sebagian, masih bisa diselamatkan dengan memperbaikinya. Tingkat kerusakan ini dikategorikan dalam kasus yang umumnya terjadi pada kaos dengan aplikasi sablon. Berikut ini beberapa cara memperbaiki sablon agar memiliki tampilan seperti semula.

1. Potong Bagian Rusak

Anda dapat melakukan pemotongan sablon pada bagian yang rusak menggunakan gunting kecil. Lebih dianjurkan memakai gunting baru yang kondisinya masih tajam dan tidak berkarat. Hal ini bertujuan agar tidak menambah kerusakan pada sablon tersebut.

Cara memperbaiki sablon baju yang rusak dengan memotong perlahan bagian rusak tersebut. Pastikan gunting mengikuti pola dan tidak mengenai kaos. Sebagian gambar tersebut akan terpotong dengan rapi dan membuat seolah desainnya seperti itu.

2. Pakai Lem Sablon

Sablon yang terkelupas, tapi tidak putus dan masih adabagiannya, bisa diperbaiki dengan menggunakan lem sablon. Anda bisa mendapatkannya secara online melalui toko e-commerce yang menjual perlengkapan sablon atau konveksi.

Cara menggunakan lem sablon untuk memperbaiki sebagian gambar yang rusak yaitu dengan mengoleskan dan menempelkannya kembali secara perlahan. Pastikan untuk mengamplikasikannya tidak terlalu tebal dan merata, lalu dikeringkan dengan manual.

Pengeringan manual ini membutuhkan waktu setidaknya 5 –10 menit. Jika Anda memiliki alat khusus (mesin heat press), maka hanya butuh 15 – 20 detik saja. Hanya saja, cara memperbaiki sablon baju yang rusak ini bisa kembali rusak kalau cara cucinya salah.

3. Pakai Lem Fox

Apabila lem sablon susah didapatkan, Anda dapat menggunakan lem fox untuk memperbaiki sablon yang rusak sebagian. Perhatikan cara pengaplikasiannya agar tidak merusak sablon di area yang lain. Oleskan sablon yang rusak tersebut pakai lem fox secukupnya dan merata.

Jangan terlalu tebal, karena dikhawatirkan dapat merusak gambar sablon yang lain. Tipis-tipis saja dan dioleskan searahuntuk menempelkan sablon tersebut. Selanjutnya, gantung kaos tersebut seharian di dalam rumah dengan tidak menempelkannya pada pakaian lainnya.

Cara memperbaiki sablon baju yang rusak pakai lem fox ini juga dianjurkan untuk diangin-anginkan, tapi tidak terkena air. Pastikan sablon yang diperbaiki telah kering sempurna,baru dipakai atau dicuci kembali.

4. Tutupi dengan Kain

Gambar sablon yang rusak sebagian dapat ditutupi dengan kain. Pilih kain yang berwarna senada dengan warna dominan dari sablon atau warna yang selaras dengan kaos. Hal ini bertujuan agar tidak timpang tindih dan masih memiliki nilai keindahan. 

Potong kain tersebut mengikuti ukuran bagian sablon yang telah rusak. Buatlah pola yang sesuai agar terlihat selaras dengan gambar pada kaos tersebut. Selanjutnya, jahit dengan rapi atau tempel dengan menggunakan lem yang dapat merekat dengan bahan kain.

Apabila Anda memilih menggunakan lem untuk merekatkan kain yang akan digunakan menutupi sablon rusak tersebut, pastikan oleskan dengan tipis dan merata. Tekan perlahanagar tidak mengenai sablon dan tunggu hingga benar-benar merekat sempurna.

5. Gunakan Cat Sablon Sebagai Cara Memperbaiki Sablon Baju Yang Rusak

Anda memiliki keahlian melukis dengan baik, ini saatnya untuk memanfaatkannya sebagai tips terhandal sebagian. Belilah cat sablon dengan warna yang sesuai, lalu aplikasikan dengan menggunakan kuas lukisyang ukurannya tepat.

Selanjutnya, lukislah sesuai dengan gambar sablon yang telah rusak sebagian tersebut. Lakukan secara perlahan agar cat sablon tidak meleber dan merusak bagian sablon lainnya. Jemur pada matahari langsung dengan menutupi bagian yang tidak rusak.

Cara Memperbaiki Sablon Baju yang RusakKeseluruhan

Baju dengan kondisi sablon rusak keseluruhan membuatnya jadi tidak layak untuk digunakan. Padahal pakaian tersebut masih berwarna cerah dan tidak ada yang sobek. Jika Andamengalaminya, jangan buru-buru dibuang. Lakukan cara berikut ini untuk memperbaikinya.

1. Oleskan Aseton

Sablon baju yang rusak secara keseluruhan masih bisa diperbaiki dengan membersihkan sisa-sisanya. Salah satu cara yang dapat digunakan yaitu mengoleskan aseton. Namun,perhatikan terlebih dulu jenis sablon tersebut, apabila polyflex, maka bisa pakai trik ini.

Cara memperbaiki sablon baju yang rusak keseluruhan yaitu dihilangkan sisa sablon yang menempel. Panaskan setrika 3 – 5 menit sebelum digunakan, lalu tempelkan pada kain dan diamkan setidaknya 5 – 7 detik saja. 

Segera angkat setrika dan oleskan aseton dalam keadaan kain masih panas secara merata. Setelahnya, biarkan cairan ini bereaksi sampai sablon mengerut. Kemudian, usap dan bersihkan sisa-sisa sablon, bila perlu dicuci hingga bersih.

2. Pakai Pemutih

Sablon yang rusak secara keseluruhan sangat mengganggu tampilannya. Oleh karena itu, Anda dapat memperbaikinya dengan menghilangkan sisa sablon menggunakan cairan pemutih pakaian. Hanya saja, jenis sablon DTG dan foil yang dapat dibersihkan.

Selain itu, pastikan juga pakaian yang ingin diperbaiki sablonnya ini memiliki warna putih, dan bahannya cenderung tebal agar tidak merusaknya. Pertama, siapkan terlebih dulu ember yang diisi dengan air panas dan campurkan cairan pemutih dengan deterjen.

Kedua, cara memperbaiki sablon baju yang rusak keseluruhan yaitu dengan membersihkan sisanya. Oleskan pemutih secara merata ke atas sablon dan kucek, lalu rendam selama 5 menit. Setelahnya, kucek lagi atau ulangi hingga seluruh sablon terkelupas.

3. Pakai Bensin

Bahan bakar kendaraan bermotor ini juga dpat digunakan untuk menghilangkan sisa-sisa sablon. Namun, perlu diperhatikan tata caranya agar tidak merusak pakaian, mengingat baunya yang sangat keras dan sangat menempel.

Pertama, siapkan kain kering untuk dimasukkan ke bagian tengah kaos, tujuannya agar bensin tidak mengenai kaos secara keseluruhan. Kedua, usapkan bensin pada bagian sablon yang sudah rusak, dan tunggu sampai kering dan mengerut.

Ketiga, kupas sedikit demi sedikit sablon tersebut menggunakan jari atau alat bantu, seperti pinset atau silet.Lakukan perlahan sampai seluruh sisa sablon terkelupas. Terakhir, cuci bersih kaos untuk menghilangkan bau bensin.

4. Cairan M3

Carmemperbaiki sablon baju yang rusak keseluruhan lebih ampuh akai cairan M3. Sangat cocok untuk menghilangkan jenis sablon plastisol yang terkenal sulit dibersihkan. Cairan kimia ini dikenal juga dengan nama solvent based.

Pastikan kaos yang ingin dihilangkan sisa sablon rusak tersebut diletakkan pada tempat datar. Lapisi bagian dalam (tengah) kaos dengan kain kering. Sediakan kain kering lainuntuk mengusap sablon pakai cairan M3. Usapkan perlahan pada sablon dan pastikan merata.

Tunggu dan biarkan cairan M3 bereaksi pada sisa sablonhingga mengerut. Gunakan silet untuk membantu pengelupasannya, dan ulangi cara hingga 5 atau 6 kali. Selanjutnya, cuci sampai kaos bersih dan tidak ada lagi sablon yang tersisa.

Cara memperbaiki sablon baju yang rusak sebagian atau keseluruhan dapat dilakukan dengan mudah. Namun, pilihlahtrik yang tepat agar tidak menambah parah kerusakannya. Jangan lupa, perhatikan juga acara mencuci dan menyetrika pakaian yang memiliki sablon.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment