Beginilah Cara Menanam Buce di Aquaspace 

Author Larusso

Untuk para penggemar Aquaspace pasti tidak asing dengan tanaman buce atau bucephalandra. Tanaman yang berasal dari pulau Kalimantan ini merupakan tanaman endemik yang tidak bisa ditemukan di tempat lain di dunia. Itu sebabnya banyak orang mencoba untuk menanam dan mencari cara menanam buce di aquaspace. 

Sebelum mengetahui bagaimana cara menanam tanaman ini, ada baiknya Anda mengetahui lebih lanjut mengenai tanaman ini. Buce sendiri memiliki bentuk dan warna yang sangat beragam. Mulai dari warna ungu, hijau, cokelat, sampai dengan hijau tua. Beberapa spesies pun bahkan memiliki kilauan iridesen yang sangat indah ketika disinari cahaya. 

Cara menanam buce di aquaspace dianggap sangat mudah, karena tanaman ini sangat mudah untuk dirawat nantinya. Buce bisa tumbuh dengan baik di tempat teduh maupun terang. Syarat utamanya ialah mendapat air bersih yang cukup dan tentunya mengalir. Bahkan menariknya buce busa menempel pada kayu atau batu, atau bisa juga ditanam pada substrat asalkan nanti rimpangnya tidak tertutup. 

Ternyata, buce juga bisa menghasilkan bunga yang bentuknya seperti tanduk banteng. Selain itu, buce juga mampu mencapai ukuran penuh, yaitu 10 inci atau 25cm. Menariknya, tanaman ini pun memiliki adaptasi yang tinggi. Hal ini membuatnya bisa tumbuh di mana saja walau di luar air sekalipun. 

Cara Menanam Buce di Aquaspace dan Perawatannya 

Dalam menanam buce, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan terlebih dulu. Di antaranya wadah dan substrat. Untuk wadah sendiri bisa menggunakan wadah plastik yang memiliki warna bening. Penggunaan wadah bening ini akan mempermudah cahaya yang masuk. Sementara, untuk substratnya harus menggunakan substrat dengan banyak nutrisi. Nah, untuk cara menanam buce di aquaspace, berikut ulasannya. 

Menyiapkan Wadah 

Cara pertama ialah dengan memasukkan substrat pada wadah. Pastikan terdapat substrat dengan minimal 5 cm, sehingga akan menghasilkan kedalaman yang cukup untuk menanam buce. Selanjutnya masukkan air yang suhunya 22-28 derajat celcius. Kemudian, Anda bisa mengambil tutupnya dan membuat 2 lubang di sana sebagai ventilasi. 

Penanaman 

Cara menanam buce di aquaspace perlu memperhatikan bahwa rimpang dari tanaman ini tidak boleh ditanam pada substrat. Bagian rimpang ini harus selalu berada pada bagian atas substrat. Jika Anda salah menanam, maka lama kelamaan akan busuk dan tanaman akan mati begitu saja. 

Pertama, Anda harus mengambil akan tanaman secara perlahan dan masukkan ke dalam substrat. Selanjutnya tepat pastikan bahwa rimpangnya berada tepat di atas substrat. Jika proses penanaman sudah selesai, maka Anda bisa menyemprotkan tanaman tersebut dengan sedikit air dan kemudian menutupnya. Terakhir, tempatkan tanaman tersebut di dekat jendela sampai akhirnya tanaman akan tumbuh secara perlahan. 

Perawatan 

Pada cara menanam buce di aquaspace, terdapat perawatan yang perlu Anda perhatikan. Namun menariknya perawatan pada tanaman ini tidaklah sulit. Anda hanya perlu menyemprotnya setiap hari. Selain penyemprotan, Anda pula harus memperhatikan pencahayaan. Buce sendiri memang menyukai aliran air yang cukup kuat. 

Untuk suhu air pun relatif rendah, yaitu 21 – 27 derajat celcius. Jika suhunya lebih rendah atau lebih tinggi, kemungkinan besar tanaman akan rusak dan tidak tumbuh dengan baik. Perlu diketahui bahwa pertumbuhan dari buce tidaklah cepat. Namun, Anda bisa mempercepat pertumbuhannya dengan menggunakan CO2 dan pupuk air. 

Beberapa Faktor yang Harus Diperhatikan Pada Cara Menanam Buce di Aquaspace 

Untuk bisa menghasilkan buce tentu saja harus memperhatikan beberapa faktor berikut ini. Setidaknya Anda bisa menanam dan menghasilkan buce dalam jumlah banyak. Adapun beberapa faktor yang dimaksud ialah: 

  • Suhu airnya harus sedikit dingin, biasanya pada 21 – 27 derajat celcius. Jika suhu air lebih tinggi dari nilai tersebut, maka akan membuat tanaman menjadi mudah stres dan bahkan layu. 
  • Air yang digunakan haruslah air bersih. Sebab, jika Anda menggunakan air yang kotor akan terkandung amonia yang mampu membuat tanaman ini menjadi busuk. 
  • Pada cara menanam buce di aquaspace sendiri Anda harus memperhatikan tangki yang stabil. Tanaman buce sendiri akan sangat cocok untuk tangki yang memang sudah berjalan lama dan memiliki sistem biologis seimbang. 
  • Untuk pemberian CO2 dan pupuk air diberikan secara teratur dan secukupnya. CO2 dan pupuk ini akan meningkatkan laju pertumbuhan dan warna dari tanaman buce. 

Faktor-faktor di atas sangatlah mempengaruhi bagaimana pertumbuhan dari tanaman buce. Jadi selain mengetahui beberapa cara menanam buce di aquaspace, Anda juga perlu mengetahui beberapa faktor di atas agar bisa menghasilkan buce dalam jumlah banyak. 

Beberapa Persyaratan Agar Cara Menanam Buce di Aquaspace bisa Sukses 

Tidak semua orang yang menanam buce bisa berhasil dan sukses. Beberapa di antaranya malah mendapatkan tanaman yang busuk atau mati. Hal ini tentunya amat disayangkan, oleh sebab itu Anda perlu mengetahui beberapa persyaratan berikut. 

Lampu atau Pencahayaan 

Sebenarnya lampu atau pencahayaan ini sangat tergantung pada tujuan Anda dalam cara menanam buce di aquaspace. Di mana memang jika untuk kebutuhan dekoratif saja, maka cahaya rendah pun bisa berfungsi dengan sangat baik. Tetapi memang tanaman akan tumbuh dengan sangat lambat. 

Jika Anda ingin pertumbuhan yang lebih cepat dan warna yang baik, maka memerlukan cahaya yang lebih tinggi. Itu sebabnya, pada penanaman buce perlu memperhatikan tujuannya. Agar lebih tau bagaimana kebutuhan cahaya terhadap tanaman tersebut. 

Nutrisi 

Selanjutnya ialah nutrisi. Nutrisi ini sangatlah penting menjadi syarat dalam keberhasilan penanaman ini agar berhasil. Nutrisi yang dimaksud biasanya berupa CO2 atau pupuk air. Pemberian nutrisi ini kembali lagi pada tujuan dari budidaya buce.

Jika hanya sebatas dekorasi saja, maka tidak perlu memberikan nutrisi berupa CO2 atau pupuk. Namun, jika memang ingin menghasilkan lebih banyak buce, maka langkah paling tepat ialah dengan memberikan nutrisi yang cukup berupa CO2 dan pupuk. Di mana dalam praktiknya harus diberikan secara teratur. 

Perambatan 

Untuk bisa memperbanyak tanaman buce pada saat pembudidayaan bisa dengan memotong dan memasang kembali planlet ke batu atau kayu apung untuk bisa membuat tanaman baru. Perlu diketahui bahwa tanaman baru akan terbentuk dengan sendirinya. Persyaratan pada tips ini perlu diperhatikan dengan baik agar bisa dengan mudah memperbanyak tanaman tersebut. 

Untuk pertumbuhan segar akan segera muncul tergantung pada cahaya, CO2, dan pupuk. Jika semuanya diberikan dengan baik, maka Anda akan lebih mudah juga dalam membudidayakan tanaman tersebut. Berbagai persyaratan ini tentunya akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dari tanaman buce. 

Itulah beberapa cara menanam buce di aquaspace yang perlu Anda ketahui. Selain perlu mengetahui bagaimana cara menanamnya, Anda juga perlu tau bagaimana cara perawatan, persyaratan agar tanamannya bisa tumbuh berhasil pun perlu diperhatikan dengan baik. 

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment