Cara Menanam Tanaman dalam Aquascape secara Sederhana

Author Larusso

Cara menanam tanaman aquascape di aquarium

Cara menanam tanaman aquascape di aquarium tidak sesulit apa yang anda bayangkan. Bermula jadi hobi, kegiatan ini sangat mengasyikkan. Bahkan, bisa menjadi bisnis. Tidak harus memiliki pengalaman dalam memulainya.

Cara Menanam Tanaman Aquascape dalam Aquarium

Cara menanam tanaman aquascape di aquarium

Berikut ini cara menanam tanaman aquascape dalam aquarium bagi pemula:   

Mengenali Jenis Tanaman Terlebih Dahulu

Pertama mengenali jenis tanaman terlebih dahulu. Penting banget mengenal tanaman apa saja yang cocok untuk aquscape. Terdapat 200 lebih jenis tanaman air di dunia. Tapi, anda tak harus mengenal semuanya.

Sesuaikan dengan kebutuhan aquascape ini sendiri. Perlu anda tahu bahwa ada beberapa jenis tanaman untuk aquascape. Mulai dari Aquatix Mosses, Weeeping Moss. Jenis tanaman tersebut adalah jenis lumut air.

Sebagai dasar dari aquscape, ketahui jenis lumut air ini dahulu. Menghafalkan nama-nama latin dari jenis lumut air lebih menyusahkan. Lebih baik datang ke beberapa toko aquascape. Tanyakan kepada ahli atau penjual tentang jenis lumut air apa saja yang cocok.

Setelah memahaminya, jangan terburu meletakkan dalam aquarium. Tanamkan beberapa ide dan konsep model apa yang akan anda atur. Dengan begitu, konsep tentang penataan sudah terpasang dan tidak bingung lagi.

Menyiapkan Unsur dan Komposisinya Terlebih Dahulu

Cara menanam tanaman aquascape di aquarium yang selanjutnya adalah memperkirakan unsur dan komposisinya. Siapkan beberapa komposisi utamanya. Unsur-unsur air ini antara lain senyawa nitrogen yang terdiri dari Nitrit, Amonia dan Nitrat.

Amonia berfungsi sebagai menguraikan dan menghancurkan limbah yang ada di dalam akuarium. Sedangkan nitrat memiliki peranan dalam menyuburkan ganggang dalam aquarium. Supaya kandungan nitrat tidak terlalu tinggi, lakukan pergantian air sebesar 50 % atau lebih selama seminggu.

Kontrol pH air dalam aquarium. Anda bisa mengukurnya dengan alat pengukur pH. Pastikan nilai pH 7,0. Dengan ukuran seperti itu, ukuran pH normal. Ini karena kandungan ion hidroksida OH- sama dengan kandungan ion hidrogen H+.

Bagi anda yang ingin memberikannya ikan pada aquascape, kandungan PH sangat penting. Namun, ukuran pH antara 6 hingga 8 masih aman untuk sebagian besar spesies ikan yang ada pada aquascape.

Komposisi berikutnya adalah kekerasan karbonat atau KH. Ukuran ini menentukan larutan karbonat dan bikarbonat. Unsur ini biasanya terlarut dalam air akuraium. Oleh karena itu, kadar PH juga perlu anda ketahui dengan baik.

Selanjutnya adalah komposisi klorin dan kloramin yang berguna untuk untuk membersihkan air dari bakteri dan zat berbahaya. Kekerasan Air atau GH juga menjadi unsur penting. GH berpengaruh pada jumlah mineral dan kalsium yang terlarut.

Air dengan konsentrasi kecil memiliki mineral dengan ukuran 0 – 50 ppm. Sedangkan konsentrasi air tinggi memiliki ukuran 450 ppm. Jika tidak memiliki alatnya, kunjungi komunitas aquascape untuk berkonsultasi.

Bergabung dengan Komunitas Aquascape

Jika masih kebingungan dalam menunjukkan cara menanam tanaman aquascape di aquarium, bergabunglah dengan beberapa komunitas aquascape. Anda bisa berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang perbandingan dan komposisi air dan isinya. Tanyakan tentang macam-macam kontras dalam penataan aquscape.

Mulai dari kontras aquarium, kontras ukuran tanaman air, serta kontras warna. Tanyakan bagaimana perbandingan warna gelap dan terang. Share tentang kombinasi warna yang cocok.

Menghafalkan teori memang lebih susah. Bahkan, mengatur rasio dan perbandingannya. Pengetahuan ini sesuai dengan jam terbang. Anda bisa share dan berbagi pengalaman dengan beberapa komunitas atau forum aquascape.

Cari informasi komunitas, grup atau forum aquscape. Namun, sebelum itu, anda perlu menggali ilmu aquscape dan mempraktikannya terlebih dahulu. Ketika bergabung dengan komunitas, anda bisa tanyakan tentang rasio, warna dan komposisi kandungannya. Pastikan mendapat ilmu bagaimana agar lumut air dan ekosistem lainnya tetap bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Datang ke Toko Aquascape Lokal

Tips cara menanam tanaman aquascape di aquarium yang terakhir adalah mengunjungi toko atau tempat aquascape. Kunjungi beberapa tempat ini. Alangkah lebih bagus datang bersama dengan para komunitas. Selain ilmu, anda akan mendapatkan ide dan isnpirasinya secara langsung. Dalam mengambil foto, pastikan anda gunakan blitz internal supaya pantulan aquascape menjadi lebih nyata.

Jadi, perhatikan nutrisi, perbandingan, siklus perkembangan serta intensitas cahaya lampu dalam aquascape. Berminat mencoba mulai sekarang?

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment