Perhatikan, Cara Menanam Amazon Sword yang Tepat !

Author Larusso

Amazon Sword, mungkin sebagian dari kamu kurang familiar dengan tanaman yang satu ini. Amazon Sword merupakan salah satu tanaman Aquascape. Tentu saja, sesuai namanya, Amazon Sword berasal dari Amazon. Lebih tepatnya di lembah Amazon yang memiliki iklim hujan tropis, terletak di bagian Brasil, Amerika Selatan. Walaupun asalnya dari negeri Paman Sam, namun tanaman yang satu ini sudah tersebar luas termasuk di Indonesia. Bagi kamu yang penasaran di bawah ini akan dibahas lebih lanjut tentang cara menanam Amazon Sword, simak ya !

Mengenal tentang Amazon Sword 

Bagian pertama, sebelum melanjutkan pembahasan tentang cara menanam Amazon Sword, maka kamu harus lebih tahu terlebih dahulu mengenai tumbuhan Aquascape yang populer dari US ini !. Amazon Sword berasal dari Brasil, Amerika Selatan. Tanaman Amazon Sword tumbuh secara perlahan di tempat perairan yang mengalir secara tenang, pertumbuhannya di perkirakan 2-3. Dalam istilah Biologi, Amazon Sword memiliki nama latin yakni Echinoderus Grisebachii, Echinoderus Amazonicus atau Echinoderus Bleheri. 

Secara fisik, Amazon Sword mempunyai daun yang cukup lebar, dengan bentuk ujung yang runcing serta memanjang.. Biasanya Amazon Sword dijadikan tanaman hias untuk latar belakang Aquarium. Walaupun bisa tumbuh secara subur di perairan dengan laju perlahan dan tidak gampang mati, namun cara menanam Amazon Sword tidak bisa dilakukan secara sembarangan. 

Lebih lanjut mengenai karakteristik tanaman Amazon Sword. Mempunyai batang yang pendek, berdaun hijau dan memanjang. Daun Amazon Sword memanjang, berunjung runjing, lengkungannya sampai menuju pada bagian akar. Tinggi tumbuhan Amazon Sword di Aquarium, secara standar berukuran 40cm-50 cm, namun ada juga yang lebih tinggi yakni 60 cm. Laju tumbuh tanaman ini menghabiskan waktu sedari 1 hingga 2 minggu. Sementara untuk ciri fisik lainnya, terlihat pada batangnya yang lengkap dengan setidaknya ada sejumlah 20 daun yang menempel. 

Amazon Sword mampu hidup secara subur dengan kadar PH air yakni 6,5 hingga 7,5. Lalu untuk suhu perairan yakni sejumlah 22 hingga 27 derajat celcius. Amazon Sword mampu tahan pada pencahayaan yang sedang hingga agak kuat dengan rentan waktu 10-12 jam perhari. 

Amazon Sword memiliki banyak tipe, lebih dari tanaman yang lain yang hanya memiliki setidaknya 1 hingga dua jenis saja. Dari sekian banyaknya tipe Amazon Sword yang ada, ada beberapa tipe populer yang sering dibudidayakan oleh masyarakat. 

Tipe tersebut diantaranya yakni : Tipe Black, Amazon Sword yang ini bisa dikatakan black’ karena daunnya yang berwarna hijau gelap. Bahkan warna yang ada hitam pekat sampai masuk ke dalam urat-urat merahnya. Selain itu daunnya memiliki tekstur yang lebih tebal dan keras dibandingkan dengan tipe yang lainnya. Jenis Amazon Black kadang-kadang digunakan sebagai hiasan dalam Aquarium. Lalu tipe yang kedua adalah Amazon Red. 

Cirinya terlihat pada daunnya yang berwarna merah muda hingga merah tua sampai ke urat-uratnya, Selanjutnya Amazon Sword Marble, tumbuhan dengan warna daun hijau muda ditambah dengan corak berwarna putih, yang nampak seperti marmer. Serta tipe Amazon Sword Ozelot. Merupakan tanaman Amazon yang memiliki daun warna hijau ditambah dengan bercak hitam. 

Cara Menanam Amazon Sword yang Benar dan Sederhana 

Jika sebelumnya, kamu sudah diberikan gamparan singkat mengenai tanaman Amazon Sword yang asalnya dari Brasil hingga karakteristknya. Maka selanjutnya, bagian yang paling penting adalah cara menanam Amazon Sword. Semua orang bisa menanam Amazon Sword, tidak harus orang-orang Botani atau penggemar tanaman Aquascape.

Sebenarnya dalam cara menanam Amazon Sword tidaklah rumit, asal kamu sabar dan memperhatikan secara betul bagaimana langkah atau proses saat penanaman. Saat menanam Amazon Sword maka gunakanlah pasir Malang yang tektusrnya kasar. Jika pasir Malang tidak ada, maka kamu bisa menggantinya dengan media lain dengan tektur serupa misalnya saja kerikil. 

Media tanaman yang kasar memang digunakan karena Amazon Sword mempunyai daya tahan tumbuh yang paling baik dengan substrat yang longgar. Maka dari itu, pemilihan Substrat harus sesuai patokan kedalaman 2,5 inchi hingga 3 inchi atau setara 6 sampai 8 cm yang diukur dari dasar lantai Substrat. Alasan penanam dari 6 cm adalah supaya akar Amazon Sword bisa tumbuh secara besar dan luas, memenuhi ukuran Aquarium. 

Saat kamu melakukan cara menanam Amazon Sword, maka lihatlah posisi akar tanaman harus tertancam secara baik. Namun hati-hatilah, jangan sampai tajuk Amazon Sword terkubur. Tajuk harus berada diatas substrat, supaya dapat dipandang mata. Jika tajuk atau mahkota tidak ditempatkan pada sisi atas secara benar, maka yang terjadi adalah tanaman bisa layu dan mati. 

Jika kamu menanamnya bersamaan dengan tanaman lain di dalam Aquarium maka berikanlah jarak. Jarak tersebut supaya Amazon Sword tidak merusak tanaman lain yang ada di sekelilingnya. Jika dibiarkan maka akar tanaman lain dapat rusak oleh Amazon Sword. 

Tips Merawat Amazon Sword 

Setelah tahu cara menanam Amazon Sword, setidaknya kamu juga harus paham bagaimana merawat Amazon Sword. Sebab semua yang ditanam jika tidak dirawat secara benar, maka yang ada adalah tanaman akan mati. 

Cara merawat Amazon Sword dengan sering melakukan pengecekan secara berkala. Jika suatu saat kamu melihat daun mati, jangan dibiarkan mengendap dalam Aquarium. Segera pangkas, buang daun yang layu, mati atau berwarna kuning yang menempel di sekitar batang. 

Perhatikan pencahayaan untuk Amazon Sword. , cahaya sangatlah penting guna mendukung pertumbuhan tanaman. Usahakan Amazon Sword berada pada pencahayaan 20 hingga 30 PAR serta spectrum 5000-7000 kalvin. Sementara untuk lamanya durasi pencahayaan yakni 8 hingga 10 jam perhari apabila tanpa Co2. Pencahayaan haruslah bagus, jika tidak maka warna hijau tanaman akan menjadi lebih gelap. 

Aturan pemberian pupuk saat melakukan cara menanam Amazon Sword yang baru adalah gunakan pupuk yang mampu merangsang pertumbuhan akar, serta menggunakan pasir Malang itu akan lebih baik. Lalu dalam pemberian Co2 disesuaikan kebutuhan saja. Saat memberi Co2 juga harus memperhatikan tanaman lain yang masih berada dalam satu aquarium. Kebutuhan Co2 untuk tanaman Amazon bisa diperoleh dari ikan-ikan yang berada di dalam Aquarium. 

Ukuran Aquarium untuk menanam Amazon Sword disarankan yakni 40 liter. Sebab Amazon Sword mampu tumbuh cukup tinggi, jadi membuat aquarium yang tinggi memang direkomendasikan. Amazon Sword tidak cocok untuk tumbuh dalam Aquarium yang ukurannya mini. 

Suhu air untuk menanam Amazon Sword yakni 22 hingga 27 derajat celcius. Serta untuk PH air yang baik yakni 6 hingga 8 cm. Disamping itu, untuk Amazon Sword plant mampu tolerir air keras. Pergantian air dilakukan seminggu sekali. Bagaimana mudah kan? Itulah cara menanam Amazon Sword yang benar. Semoga bermanfaat. 

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment