Cara Mencuci Baju Hitam Agar Tidak Pudar Serta Tips Menjemurnya

Author Larusso

Kalau anda butuh cara mencuci baju hitam agar tidak pudar, mungkin akan cocok dengan artikel berikut. Pakaian dengan warna hitam memang seringkali menjadi andalan banyak orang. Banyak sekali yang senang dengan pakaian berwarna gelap atau hitam.

Namun, perlu anda ketahui bahwa mencuci baju hitam ada caranya. Ini dimaksudkan supaya baju hitam yang anda miliki tidak mudah pudar atau menjadi kusam warnanya. Tentu tidak sedap dipandang ya, kalau pakaian hitam anda memiliki warna yang kurang menarik.

Pakaian hitam perlu dirawat sebaik mungkin untuk menghindari warnanya cepat pudar atau kusam. Untuk itu ada cara mencuci baju hitam agar tidak pudar supaya anda bisa praktekkan. Apalagi kalau anda pakai pakaian tersebut hampir setiap waktu. 

Pakaian dengan warna yang sudah pudar atau kusam akan kurang menarik untuk dipadu padankan dengan pakaian lainnya. Untuk itu anda perlu sekali menjaga warnanya agar tetap hitam pekat. Tidak perlu berlama lagi, mari simak artikel berikut ini. 

Cara Mencuci Baju Hitam Agar Tidak Pudar, Kusam Ataupun Luntur Serta Tips Menjemurnya

Pisahkan Warna Baju

Untuk solusi terbaik anda perlu memisahkan warna pakaian yang akan dicuci. Pisahkan pakaian berwarna putih, gelap, terang ataupun jenis kainnya. Pisahkan pakaian berwarna atau jenis kain tertentu untuk dicuci secara terpisah.

Pakaian berwarna atau putih jangan dicampur dengan warna hitam, begitupun sebaliknya. Karena dikhawatirkan warna yang lebih terang atau yang gelap luntur dan mengenai dan mempengaruhi warna pakaian lainnya.

Mencuci Pakaian Hitam Hanya Perlu Waktu Singkat

Tahukah anda bahwa cara mencuci baju hitam agar tidak pudar adalah dengan cara mencuci pakaian dengan waktu yang singkat. Hal ini dimaksudkan agar pakaian hitam atau yang berwarna gelap tidak terlalu lama direndam dengan detergen.

Jadi anda perlu mempersingkat waktu pencucian. Hal ini supaya pakaian yang anda miliki memiliki warna gelap yang lebih tahan lama. Ini juga dimaksudkan agar pakaian yang anda miliki tidak mudah luntur ataupun pudar warnanya.

Gunakan Air Dingin

Sebagai solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah menggunakan air dingin. Air dingin adalah suhu air terbaik untuk mencuci pakaian dengan warna gelap. Jika perlu air yang digunakan sedingin mungkin.

Mengapa harus seperti itu? Bagaimana kalau air hangat? Air hangat dapat menghilangkan pewarna dari serat kain. Namun, anda juga dapat mencuci menggunakan air hangat. Hal ini dilakukan apabila anda mencuci dengan siklus cuci yang lebih pendek. Namun perlu diketahui bahwa air hangatnya hanya perlu hangat-hangat kuku saja, jangan terlalu panas.

Siklus Mesin Cuci

Dalam pengaturan mesin cuci tentu anda dapat menemukan mencuci dengan pengaturan lembut. Ini dapat anda pilih untuk cara mencuci baju hitam agar tidak pudar. Pakaian warna yang gelap atau hitam sebaiknya dicuci dengan gerakan mesin cuci yang lembut.

Hal ini dimaksudkan supaya warna pada serat kain lebih dapat bertahan lama. Selain itu juga kecepatan pada mesin cuci mampu mempengaruhi warna pakaian. Tentu anda tidak ingin pakaian hitam kesayangan anda berwarna kusam atau pudar bukan?

Pilih Jenis Detergen Yang Baik

Sebagai tips yang perlu diktahui sebaiknya memilih detergen yang baik. Anda dapat menggunakan detergen cair yang dikhususkan untuk pakaian berwarna gelap. Namun detergen cair biasa juga sudah cukup baik.

Anda perlu menghindari detergen bubuk yang memiliki warna putih ataupun terang. Hal ini tentu dapat meninggalkan residu pada pakaian yang nantinya dapat membuat warna menjadi memudar. Oba gunakan sabun atau detergen nabati. Sebab detergen lain dibuat secara aktif dan cenderung lebih cepat memudarkan warna pada pakaian.

Frekuensi Mencuci Sebagai Cara Mencuci Baju Hitam Agar Tidak Pudar

Pakaian hitam atau gelap memiliki cara serta tips tersendiri dalam perawatannya. Untuk menghindari warna gelap pada pakaian pudar, anda perlu membatasi frekuensi mencucinya. Sebaiknya anda mencucinya saat pakaian benar-benar kotor. Semakin jaran pakaian dicuci, maka semakin lama warna pakaian dapat bertahan.

Untuk menjemur pakaian, tentu ada cara tersendiri. Berikut ini tips menjemur pakaian untuk menghindari warna pakaian menjadi pudar atau kusam.

Balik Pakaian

Setelah anda tahu cara maupun tips merawat baju agar awet, anda perlu tahu cara menjemur pakaian. Langkah pertama anda perlu membalik pakaian, pastikan sebelum anda menjemurnya posisi pakaian dalam keadaan terbalik.

Sisi salam pakaian harus berada di luar, sementara posisi luar berada di dalam. Hal ini sungguh penting untuk menjaga kualitas warna pada serat kain. Paparan sinar matahari langsung mampu memudarkan warna pakaian sehingga membuatnya cepat pudar dan kusam.

Jangan Meremas Pakaian Sebelum Dijemur Cara Mencuci Baju Hitam Agar Tidak Pudar

Apabila Anda membutuhkan cara dengan manual, biasanya anda memeras atau memuntir pakaian untuk mengeluarkan air. Hal ini perlu anda hindari karena memeras atau memuntir pakaian akan mengakibatkan perubahan pada serat kain.

Parahnya lagi kalau anda meremas pakaian, ini akan membuat baju anda menjadi melar. Sehingga sangat tidak disarankan untuk meremas pakaian sebelum anda menjemur pakaian milik anda.

Kibaskan Pakaian Supaya Tidak Kusut

Karena melakukan pembersihan dengan cara manual anda tidak disarankan meremas pakaian. Maka anda dapat mengibas pakaian anda sebelum dijemur. Untuk mengurangi air anda bisa meremasnya dengan lembut dan tidak terlalu kuat.

Mengibaskan pakaian sebelum dijemur, mampu menghindari pakaian dari kusut. Mengibaskan pakaian sebelum dijemur menjadi hal yang cukup penting. Karena ini untuk memastikan seluruh bagian kain menjadi rata selama masa penjemuran.

Gantung Pakaian Sesuai Dengan Jenisnya Sebagai Cara Mencuci Baju Hitam Agar Tidak Pudar

Selain tips yang sudah dijelaskan, Anda juga harus harus teliti dalam melakukan dipisah berdasarkan warna atau kain. Menjemur juga perlu dipisahkan sesuai dengan jenis pakaiannya. Seperti halnya kaos anda dapat menggantungnya atau juga dapat dilipat di tali jemuran saja, tidak masalah.

Untuk kemeja, anda perlu menggantungkannya dengan hanger supaya garis bahu tetap stabil. Sedangkan pakaian dengan kain yang tebal seperti wol atau hoodie jangan menjemurnya dengan digantung. Hal ini dapat menyebabkan pakaian tertarik ke bawah dan menjadikannya melar.

Perhatikan Terik Matahari

Selain trik yang perlu anda perhatikan. Anda juga perlu memperhatikan terik matahari pada hari itu. Apakah terlalu terik, atau hanya cerah berawan saja. Hal ini penting untuk anda perhatikan mengapa? Karena matahari yang terlalu terik tidak baik untuk pakaian.

Cahaya matahari yang terlalu terik akan berbahaya untuk baju membuatnya cepat pudar. Lebih baik anda beri penghalang seperti atap bening untuk menghindari cahaya matahari secara langsung untuk membantu warna pakaian bertahan lebih lama.

Itulah tadi cara mencuci baju hitam agar tidak pudar serta tips menjemurnya. Anda perlu tahu cara-cara berikut supaya warna pakaian gelap yang dimiliki warnanya dapat bertahan lebih lama.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment