7 Cara Mencuci Baju Kaos agar Tidak Melar dan Cepat Rusak

Author Larusso

Cara Mencuci Baju Kaos agar Tidak Melar

Punya baju baru yang masih bagus? Saatnya memikirkan bagaimana cara mencuci baju kaos agar tidak melar dan kedodoran! Perawatan kaos tidak hanya penting buat yang masih licin. Semua koleksi lama di lemari pakaian tentu butuh perhatian juga. Terutama jika bahan tipis akan mudah menyusut apabila terlalu sering masuk mesin cuci.

Kaos yang sudah melar jika dipakai pasti berukuran sangat longgar sehingga menutup bentuk badan. Apalagi kalau fungsi memakai kaos untuk membuat Anda terlihat santai namun tetap menarik dipandang. Lalu bagaimana supaya koleksi lama dan baru tetap dapat menemani gaya modis Anda?

Cara Mencuci Baju Kaos agar Tidak Melar

Cara Mencuci Baju Kaos agar Tidak Melar

Ada tujuh cara mencuci baju kaos agar tidak melar terlihat sederhana tetapi ternyata penting untuk mempertahankan umur pakainya. Pastikan menyimak beberapa trik cara mencuci baju kaos agar tidak melar saat Anda pakai sehari-hari, seperti berikut ini.

Label Perawatan

Sebelum mencuci pastikan Anda memeriksa label perawatan kaos untuk mengetahui beberapa instruksi, seperti suhu air yang dianjurkan, dan apakah kaos tersebut sebaiknya dicuci dengan tangan saja atau cukup aman bila memakai mesin

Mengucek Pakaian Perlahan-lahan

Proses mengucek kaos dengan tangan atau mesin cuci bisa mempengaruhi serat kain pada kaos. Untuk itu, aturlah secara perlahan-lahan saja semisal dengan mode lembut pada mesin cuci.

Mengatur Kapasitas Mesin Cuci

Kapasitas muat mesin cuci berbeda-beda sehingga terlalu banyak mengisi pakaian justru akan merusak kain kaos Anda. Nah, hindari mencuci terlalu banyak sehingga pakaian bertumpuk, terutama bahan kaos tipis dengan jenis kain yang lebih berat.

Sebaiknya pilih beberapa kaos yang memiliki tekstur kain serupa. Untuk yang terlihat sudah menipis ada baiknya dicuci menggunakan tangan perlahan-lahan.

Gunakan Fitur “Gentle” di Mesin Cuci

Mode gentle mesin cuci adalah siklus lembut paling baik untuk mencuci dengan bahan halus. Gentle biasanya pencucian mode cepat dan dingin, serta diakhiri siklus putaran lambat. Oleh karena itu, adanya fitur gentle dapat membantu Anda mengamankan pakaian berbahan lembut dari kerusakan kain.

Deterjen untuk Pakaian

Pilihlah sabun deterjen yang dapat melindungi serat kain dari kerusakan seperti deterjen cair yang mudah larut dalam air. Deterjen cair cocok mencuci kaos yang butuh pencucian lembut agar serat kaos tetap aman. Anda pun dapat memeriksa petunjuk pencucian yang tertera pada label kaos. Terutama petunjuk agar memilih deterjen tidak berbahan terlalu keras hingga dapat merusak jenis kain.

Air Dingin Suam-suam Kuku

Sangat penting menghindari air panas karena dapat menyebabkan peregangan serat kain pada saat Anda mencucinya. Cobalah cara yang satu ini.  

Mesin Pengering

Sebaiknya tak terlalu sering menggunakan mesin pengering agar tak menyusut. Selain itu hindari menjemur di bawah sinar matahari terlalu terik. Sarannya ialah dengan menggantung kaos pada udara terbuka yang hangat dan cukup hembusan angin.

Akan tetapi, kaos yang masih basah sebaiknya tidak buru-buru digantung dengan hanger karena bisa menyebabkan kaos lebih mudah melar. Pastikan untuk memeras dengan tangan hingga sebagian air semakin berkurang.

Nah, pada saat membeli pilihlah kaos yang terbuat dari bahan berkualitas dan tahan peregangan. Material terbaik seperti katun pekat atau campuran katun-polyster sangat baik dalam mempertahankan bentuk kaos baru Anda.

Dengan demikian, Anda mendapatkan kaos yang nyaman dan tidak mudah menyusut. Apabila kaos Anda cukup mahal dan harus dipertahankan tentu sangat baik untuk mengikuti petunjuk perawatan pada label kaos dengan cermat dan tepat.

Penyebab Kaos Mudah Melar

Penting untuk memahami mengapa jenis pakaian ini beresiko rusak lebih cepat. Salah satunya bisa jadi karena salah dalam proses pencucian. Ada perbedaan jenis serat dan teknik pembuatan pakaian yang cukup berpengaruh. Seperti kaos berbagan katun dan linen cenderung akan melar karena sifat penyerapan kelembaban yang kurang maksimal.

Dengan kata lain, saat memasukkan dalam mesin cuci atau pengering, sangat mungkin serat menyusut sedemikian rupa. Ini artinya mencuci baju memerlukan persiapan, pengukuran detergen, dan cara lain yang tepat demi menjaga kain tetap dalam kondisi prima. Jika kurang hati-hati kesalahan mencuci akan merusak pakaian, bahkan mempengaruhi keawetan mesin cuci.

Nah itulah tujuh cara mencuci baju kaos agar tidak melar dan kedodoran, semoga bermanfaat bagi kenyamanan outfit Anda sehari-hari.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment