Cara Mencuci Baju Sablon yang Mudah dan Terawat

Author Larusso

Tentunya, cara mencuci baju sablon adalah informasi langkah yang dicari oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan baju sablon berbeda dengan baju lainnya yang bisa dicuci begitu saja. Kamu pasti tidak ingin jika bajumu mengalami kerusakan. Apalagi jika baru beli belum lama. Karena itu, memperhatikan cara mencuci merupakan hal yang penting.

Cara Mencuci Baju Sablon Sederhana

Dibandingkan langsung membawa baju ke laundri, kamu bisa coba mencuci sendiri lebih dulu. Apalagi jika jumlah baju tidak banyak. Daripada khawatir baju akan mengalami kerusakan tertentu, akan lebih mudah untuk mencuci sendiri.

Kamu bisa menggunakan beberapa cara berikut untuk mencuci baju sablon yang dimiliki:

Cuci baju dengan tangan

Langkah yang bisa kamu mulai lebih dulu adalah mencuci baju dengan tangan. Untuk baju sablon, memang lebih baik tidak menggunakan mesin. Hal ini dikarenakan putaran mesin dapat menyebabkan baju sablon rusak. Cara mencuci baju sablon ini memang penting untuk dilakukan. Walaupun begitu, banyak orang yang merasa malas jika manual.

Jika Anda memang tidak mempunyai waktu untuk mencuci dengan cara manual. Maka, Anda dapat menggunakan langkah lainnya dan terpaksa memilih penggunaan mesin cuci. Cukup masukkan baju dan nyalakan saja mode untuk mencuci secara gentle wash / cycle. Langkah ini dapat membantu menghemat waktu.

Pisahkan warnanya

Langkah selanjutnya dalam cara mencuci baju sablon adalah memisahkan warnanya lebih dulu. Baju sablon yang kamu punya mungkin banyak, karena itu, pemilihan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Dengan memisahkan baju berdasarkan warnanya, akan lebih cepat ketika mencuci nantinya. Kamu hanya perlu mencuci yang warnanya sama.

Pemisahan warna ini berfungsi untuk menjaga baju kamu dari kelunturan. Baju baru yanh pertama kali ducuci biasanya luntur dalam jumlah yang banyak. Karena itu, pastikan tidak tergabung dengan pakaian lainnya. Jadi, baju kamu yang lain akan tetap mempunyai warna yang bagus.

Rendam baju dulu

Cara mencuci baju sablon selanjutnya adalah merendam baju jauh lebih dulu. Sebelum mencuci baju sablon, kamu harus menyiapkan ember dulu.  Masukkan pakaianmu ke dalam ember dan rendam selama 10 hingga 15 menit. Pastikan untuk memasang timer agar waktu perendamannya tidak terlalu lama juga.

Jika kamu merendam baju sablon dalam waktu yang lama hingga berjam-jam. Maka, hal ini akan menyebabkan sablon baju mudah lepas karena air dan deterjen. Pemilihan deterjen dan cara penggunaannya juga merupakan hal yang penting.  Deterjen yang tidak tepat akan menyebabkan residu deterjen tertinggal di kaos. Jadi, akan sulit ketika dibilas nanti.

Kucek kaos sablon

Langkah selanjutnya untuk cara mencuci baju sablon juga ada. Kamu hanya perlu mengucek kaos sablon dengan lembut. Langkah ini akan membantu agar sablon bertahan dengan baik di baju kamu. Jangan menyikat baju atau mengucek sekuat tenaga agar bersih. Jika kamu menggunakan sikat atau tenaga maksimal, hal ini akan merusak baju.

Jemur kaos

Dalam menjemur baju, ada langkah yang harus diperhatikan juga. Kamu tidak bisa asal dalam menjemur karena bisa merusak cetakan sablon yang ada pada kaos. Akan lebih mudah jika kamu menjemur kaos dalam kondisi terbalik. Jadi, biarkan bagian dalam kaos saja yang terkena sinar matahari. Dengan begitu, bagian baju yang disablon tidak akan rusak.

Setrika kaos

Untuk masalah perawatan jika sudah selesai jemur juga ada. Kamu mungkin sudah paham cara mencuci baju sablon yang memang sederhana untuk dilakukan. Namun, kamu juga harus paham cara setrika yang sesuai. Pastikan baju sudah kering sempurna sebelum disetrika. Jangan balik baju yang disimpan dari jemuran tadi.

Kamu perlu tetap menyetrika baju dalam keadaan terbalik. Jadi, bagian sablon tadi tidak akan menempel di setrikaan. Bagian sablon yang terkena setrika akan menjadi jelek karena terlalu panas. Jika kamu merasa bagian sablon akan tetap kusut, maka langkahnya juga ada. Pastikan tidak menyentuh bagian sablon langsung, kamu bisa mulai setrika dari dalam.

Jangan pakai tidur

Jika kamu sudah selesai dengan cara mencuci baju sablon, kamu juga harus paham bahwa kaos sablon tidak bisa digunakan untuk tidur. Hal ini akan menyebabkan terjadinya gesekan pada baju tanpa disadari. Sablon yang tergesek bisa mengalami kerusakan jauh lebih cepat.  Dengan tidur menggunakan baju sablon, gerakan kamu bisa menyebabkan kerusakan.

Tips Memilih Kaos Sablon

Tidak hanya itu saja yang penting untuk diketahui para pecinta kaos sablon. Kamu juga perlu tahu bahwa pemilihan baju yang salah dapat menyebabkan masalah dalam perawatan nanti. Untuk perawatan yang lebih mudah, ada berbagai macam tips yang bisa diikuti. Salah satunya ada dalam proses pemilihan kaos sablon.

Berikut tips mudah untuk dilakukan:

Pilih bahan

Langkah mudah yang dapat dilakukan lebih dulu setelah tahu cara mencuci baju sablon adalah memilih bahan baju yang tepat. Ada berbagai macam pilihan bahan kaos yang dapat digunakan. Pemilihan bahan ini merupakan hal yang penting karena akan memberikan kenyamanan dalam pemakaian juga.

Tentunya, ada berbagai bahan sesuai dengan kebutuhan kamu. Untuk negara Indonesia sendiri, kaos yang dibuat biasanya menggunakan bahan cotton combed 30s. Ada juga yang menggunakan bahan 24s. Pilihan bahan ini merupakan hal yang tepat karena nyaman dan lemhut digunakan. Bahkan membuat kamu merasa lebih sejuk ketika pemakaian.

Pilih tinta

Di luar pemilihan bahan, kamu juga perlu memilih jenis tinta yang digunakan. Hal ini dapat mempengaruhi dalam bagian cara mencuci baju sablon. Apalagi jika kamu sangat  memperhatikan warna sablonannya sendiri. Cari jenis tinta yang dapat menjaga keutuhan dan juga keawetan pada pakaian yang dipakai.

Walaupun begitu, tidak semua jenis tinta yang digunakan memang sudah bagus. Ada juga yang tidak cocok pada bahan kain tertentu. Jika kamu ingin memilih untuk memakai baju cotton combed.  Maka, akan lebih baik jika kamu langsung memilih tinta plastisol. Tinta yang satu ini akan sangat pas untuk pemakaian bahan baju tersebut.

Warna kaos

Tidak semua warna kaos yang ada mudah luntur walaupun kamu mengikuti cara mencuci baju sablon secara asal. Namun, hal ini dapat dipengaruhi pilihan warna kaos yang sesuai juga. Jika kamu memilih warna putih dan asal mencuci nantinya, hal ini akan memberikan pengaruh dimana warnanya biss menular ke baju.

Walaupun begitu, kamu tetap boleh memilih warna kaos basic karena akan membuat pakaian menjadi lebih santai. Seuaikan dengan model yang kamu inginkan untuk sablon agar warnanya juga sesuai.

Demikian informasi yang kamu perlukan berkaitan dengan cara mencuci baju sablon yang tepat untuk dilakukan. Dengan melakukan pemilihan sebaik mungkin pada pakaian yang ada, kamu bisa mendapatkan kualitas terbaik. Pastikan juga untuk merawat baju agar awet dipakai.

Also Read

Bagikan: