Begini Cara Mengatasi Motor Matic Keluar Asap Putih

Author Larusso

Tahukah Anda bahwa jika asap yang keluar pada knalpot motor matic berwarna putih menandakan adanya permasalahan yang cukup serius? Jika itu terjadi pada motor kesayangan Anda, segera cari cara mengatasi motor matic keluar asap putih tersebut. 

Jangan biarkan kondisi ini berlarut-larut karena banyak hal yang bisa menjadi penyebab munculnya asap putih tersebut. Bisa karena terlalu banyak konsumsi oli mesin, terdapat masalah di bagian sistem pendingin, atau kondisi serius lainnya. 

Sebenarnya, apa saja yang bisa membuat motor matic mengeluarkan asap putih dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut informasinya. 

Memahami Cara Mengatasi Motor Matic Keluar Asap Putih

Banyak pemilik motor yang hanya mengerti cara mengendarainya saja tanpa mengerti cara mengatasi jika tiba-tiba motornya mengalami kendala di jalan, misalnya saja keluar asap putih. 

Hal yang perlu dipahami adalah, tidak semua asap berwarna putih atau uap air ini menandakan adanya gejala yang serius pada kendaraan. Bahkan, gejala tersebut tidak membutuhkan penanganan yang lebih serius hingga harus dibawa ke bengkel. 

Meskipun demikian, ada juga yang memang mengindikasikan adanya gangguan di bagian mesin. Agar tidak salah dalam menafsirkan asap putih tersebut, berikut cara mengatasi motor matic yang keluar asap putih lengkap dengan penyebabnya. 

Menyalakan Mesin Hingga Hangat

Jangan panik apabila asap putih tiba-tiba keluar pada knalpot motor matic yang tengah dinyalakan saat cuaca dingin seperti ketika mendung atau kondisi pagi hari yang cukup dingin. 

Sebab, ada kemungkinan mesin membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama untuk mencapai suhu kerja mesin optimal saat cuaca dingin. Selama waktu tersebut, terjadi kondensasi air pada gas buang sehingga menghasilkan asap putih. 

Cara mengatasi motor matic keluar asap putih yang seperti ini adalah sabar menunggu sampai mesin menjadi hangat atau berada pada suhu kerja optimal. Biasanya, asap putih tersebut akan menghilang dengan sendirinya ketika suhu mesin meningkat. 

Anda hanya perlu memastikan bahwa asap putih pada knalpot semakin memudar seiring suhu kerja mesin motor yang mencapai batas optimal. 

Namun bila asap berwarna putih tersebut tetap muncul, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut agar bisa mengidentifikasi kemungkinan penyebab lainnya. 

Cara Mengatasi Motor Matic Keluar Asap Putih dengan Mengecek Karburator

Apabila setelah mesin motor dipanasi namun asap putih tetap keluar, maka cara kedua yang bisa dilakukan adalah mengecek kondisi karburator motor Anda. Ada kemungkinan komponen ini harus dibersihkan atau disetel ulang dengan cara sebagai berikut: 

Matikan Mesin 

Sebelum melakukan pengecekan karburator, pastikan bahwa mesin motor dalam kondisi mati dan dingin. 

Bongkar Karburator

Kedua, lepaskan karburator dari dudukannya dengan cara membuka/melepaskan bagian penutup karburator dari selongsong atau komponen yang menyambung ke karburator.  

Bersihkan Karburator

Ketiga, periksa kondisi karburator dan cek apakah terdapat endapan, kotoran, atau sumbatan di komponen tersebut. 

Untuk cara mengatasi motor matic keluar asap putih yang berkaitan dengan karburator, Anda bisa membersihkan bagian penyaring udara, pilot jet, main jet, dan needle jet secara hati-hati. 

Anda bisa menggunakan pembersih khusus karburator atau bahan pembersih lainnya yang sesuai. Untuk bagian spuyer pada karburator bisa dibersihkan dengan menggunakan amplas. 

Jangan lupa, saat membersihkan karburator perhatikan juga bagian-bagian penting lainnya yang ada pada karburator seperti jarum dan venturi. 

Penyetelan Karburator

Jika kendala memang terjadi di bagian penyetelan karburator, maka yang dibutuhkan adalah penyetelan ulang di komponen ini. Untuk prosesnya bisa jadi membutuhkan alat dan keterampilan serta pengetahuan yang baik seputar mekanik. 

Untuk itu, sebaiknya serahkan masalah penyetelan karburator ini pada ahlinya jika Anda merasa tidak yakin bisa mengatasinya. 

Uji Coba

Ketika masalah seputar pembersihan dan penyetelan karburator telah selesai, pasang kembali seluruh komponen dan lakukan uji coba. 

Nyalakan mesin motor matic dan biarkan hingga suhu mesin mencapai suhu kerja. Kemudian, perhatikan apakah asap putih masih muncul atau telah hilang.  

Perlu dipahami, cara mengatasi motor matic keluar asap putih yang berhubungan dengan karburator membutuhkan penanganan yang cukup rumit. 

Jika terjadi kesalahan saat proses penanganan berlangsung, hal tersebut bisa menimbulkan masalah yang lebih serius lagi pada motor matic Anda. 

Mengecek Kepala Silinder

Komponen lain yang perlu diperiksa adalah bagian kepala silinder. Seperti halnya karburator, Anda sebaiknya langsung membawa motor matic ke bengkel untuk pengecekan secara langsung. 

Namun jika memiliki pengetahun seputar mekanik dan ingin memperbaikinya sendiri, berikut langkah-langkah pengecekan kepala silinder yang harus dilakukan: 

Lepaskan Kepala Silinder

Cara mengatasi motor matic keluar asap putih jika berkaitan dengan kepala silinder adalah dengan melepaskan kepala silinder motor matic dari blok mesin. 

Pada tahap ini, Anda juga harus melepas beberapa komponen seperti karburator, sistem bahan bakar, dan juga knalpot. 

Cek Kerusakan

Langkah yang kedua adalah mengecek kondisi kepala silinder apakah ada retakan atau penyok, kemudian periksa juga posisi klep serta kondisi seal dan gasket. 

Bila diperlukan, lakukan penyesuain ulang posisi klep serta ganti komponen seal dan gasket jika ada indikasi kebocoran. 

Bersihkan dan Uji Mesin

Langkah ketika adalah membersihkan kepala silinder secara menyeluruh dan kembalikan ke posisinya semula. Lalu, tes kondisi mesin dengan cara menyalakannya untuk mengecek  apakah terjadi kebocoran atau tidak.

Mengecek Sistem Pendingin

Asap putih juga bisa muncul karena adanya masalah pada sistem pendingin. Untuk tips dan cara ini sendiri berlaku jika sistem pendinginnya tidak berfungsi dengan baik adalah dengan memastikan level cairan pendingin pada motor matic

Pastikan cairan pendingin tersebut berada pada batas yang telah ditentukan pabrikan. Setelah itu, cek kondisi sistem pendingin secara keseluruhan seperti bagian kipas, selang dan konektor, serta radiator. 

Mengecek Sistem Injeksi

Cara berikutnya yang harus diperiksa ketika asap putih keluar dari knalpot motor matic adalah bagian sistem injeksi bahan bakar. Hanya saja, untuk masalah ini cukup sulit jika ditangani sendiri, apalagi jika tidak memiliki pengetahuan mekanik yang cukup. 

Jadi, sebaiknya segera bawa ke bengkel terdekat jika permasalahan memang ada pada sistem injeksi bahan bakar. 

Mengecek Oli

Jika permasalahan berkaitan dengan oli mesin, ada beberapa tips dan solusi untuk mengatasi masalah tersebut, antara lain: 

~ Melakukan penggantian oli mesin motor matic secara teratur sesuai jadwal. 

~ Mengecek apakah ada tanda-tanda kebocoran oli, segera perbaiki dan ganti komponen yang rusak jika memang ada kebocoran oli. 

~ Perhatikan level oli dan pastikan selalu berada pada batas (level) yang telah ditentukan pabrikan. 

Mengecek Pemilihan Bahan Bakar 

Hal terakhir yang harus dilakukan adalah memastikan apakah telah memilih jenis bahan bakar yang sesuai dengan tipe motor matic Anda. 

Pastikan bahan bakar yang digunakan memiliki kualitas yang baik karena pemilihan yang tepat bisa membuat pembakaran lebih efisien, mengurangi adanya endapan karbon serta terhindar dari adanya penumpukan kotoran di dalam mesin. 

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kondisi mesin motor matic yang keluar asap putih. Memang, ada beberapa cara yang bisa dilakukan sendiri namun ada juga yang harus ditangani oleh mekanik ahli. 

Setidaknya, dengan memiliki pengetahuan seputar cara mengatasi motor matic keluar asap putih Anda bisa mengantisipasinya dengan melakukan pemeriksaan awal sebelum memutuskan apakah harus dibawa ke bengkel atau diperbaiki sendiri. Semoga bermanfaat. 

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment