Mempelajari  Cara Mengecilkan Ukuran Foto di iPhone 

Author Larusso

Ternyata, ada berbagai macam cara mengecilkan ukuran foto di iPhone yang bisa Anda lakukan loh. Mau secara gratis, berbayar, mengubah ukuran foto melalui browser, menggunakan aplikasi, semua cara bebas dipilih sesuai kemauan. 

Sebenarnya, seberapa penting keberadaan fitur atau aplikasi yang bisa me-resize ukuran foto tersebut? Sangat penting sekali! Pasalnya, banyak website atau situs yang menerapkan batasan perihal ukuran file foto yang bisa Anda upload

Ini kerap dilakukan dengan tujuan agar tidak terlalu membebani kinerja dari website/situs tersebut. Lantas, apa saja cara untuk mengecilkan ukuran file foto untuk pengguna iPhone? Berikut ulasannya. 

Cara Mengecilkan Ukuran Foto di iPhone tanpa Bantuan Aplikasi (Gratis)

Baik produk iPhone maupun android banyak yang telah dilengkapi dengan kamera yang mumpuni sehingga menghasilkan foto yang tajam dan jernih. Sayangnya, kualitas foto yang bagus tersebut dibarengi dengan ukuran file yang besar. 

Itu sebabnya Anda membutuhkan fitur khusus untuk mengecilkan ukuran file foto tersebut. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan fitur gratis yang disediakan oleh iPhone, antara lain: 

Menggunakan HEIC 

Cara mengecilkan ukuran foto di iPhone yang pertama adalah dengan menggunakan fitur HEIC (High Efficiency Image File). 

Sebenarnya, HEIC merupakan format foto yang hadir sejak 2017 dan akhirnya digunakan sebagai default (format foto bawaan) di perangkat iOS, khususnya untuk seri terbaru. 

Salah satu keunggulan HEIC adalah menawarkan ukuran file foto yang lebih kecil dibandingkan dengan JPEG, namun dengan tetap mempertahankan kualitas gambarnya. 

Dengan menggunakan HEIC, ukuran MB pada foto dengan format JPEG bisa berkurang ketika diubah formatnya di iPhone. Adapun cara mengecilkan ukuran foto di iPhone dari format file foto JPEG ke format HEIC adalah sebagai berikut: 

– Bukalah beranda dan masuk ke pengaturan (setting mode) pada iPhone lalu swipe ke bagian bawah dan pilih opsi kamera.  

– Kemudian, klik menu format dan pilih opsi efisiensi tertinggi (High Efficiency).

Sebenarnya, perangkat iPhone memungkinkan Anda untuk mengambil gambar dengan dua format, HEIC dan JPEG. 

Format foto pertama adalah  High Efficiency (HEIC) atau format efisiensi tertinggi memungkinkan Anda untuk menghasilkan foto dengan resolusi lebih kecil sehingga berguna untuk mengurangi berkas foto di perangkat iPhone Anda. 

Format foto kedua adalah Most Compatible yang menyimpan foto dengan format JPEG. Untuk format yang kedua ini mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang lebih tinggi dari HEIC. 

Cara Mengecilkan Ukuran Foto di iPhone dengan Safari

Selain menggunakan HEIC, Anda juga bisa memanfaatkan fitur yang ada di iPhone yang bernama Safari. 

Ini merupakan salah satu peramban eksklusif milik Apple yang bisa digunakan untuk mengecilkan ukuran file foto sesuai dengan keinginan mulai dari ukuran medium, small, large, atau ukuran aslinya. 

Rekomendasi Aplikasi untuk Mengubah Ukuran Foto di iPhone 

Agar ukuran file foto tidak terlalu besar dan mudah di-upload serta tidak memakan banyak kuota, ada beberapa aplikasi yang direkomendasikan beberapa pengguna iPhone, diantaranya adalah: 

Image Size

Rekomendasi pertama cara mengecilkan ukuran foto di iPhone jika menggunakan aplikasi adalah dengan mengunduh Image Size. Di aplikasi ini Anda bisa memasukkan ukuran foto sesuai keinginan. 

Selain memperkecil, Image Size juga menyediakan ukuran standar seperti kertas letter, legal, dan sebagainya. Cara menggunakan aplikasi Image Size untuk resize foto di iPhone adalah sebagai berikut: 

– Unduh dan setting terlebih dahulu aplikasi Image Size. 

– Pastikan aplikasi ini telah dikonfirmasi (disetujui) untuk permintaan akses privasi foto. 

– Buka aplikasinya dan pilih foto yang akan diubah ukurannya lalu klik di pojok kiri atas aplikasi. 

– Kemudian, pilih ukuran sesuai dengan yang diinginkan lalu klik menu unduh (download). 

– Anda bisa melihat hasil foto yang diubah ukurannya di menu galeri iPhone. 

Aplikasi Mail for iOS

Cara mengecilkan ukuran foto di iPhone juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Mail for iOS yang menyediakan fitur resize foto. 

Seperti halnya Safari, di aplikasi Mail for iOS ini Anda juga terdapat pilihan ukuran seperti small, large, medium, atau actual size. 

Cara menggunakan aplikasi Image Size juga cukup mudah yaitu hanya dengan memilih foto dan memilih ukuran resizeyang diinginkan. Hebatnya lagi, Anda bisa mengubah ukuran 5 foto sekaligus.   

Dr. Fone

Aplikasi berikutnya yang kerap digunakan untuk resize foto adalah Dr. Fone. Aplikasi ini tersedia secara gratis dan berfungsi untuk mengompres foto dan video di iPhone yang diinginkan.

Resize Image

Aplikasi berikutnya yang direkomendasikan sebagai cara mengecilkan ukuran foto di iPhone adalah aplikasi Resize Image. Untuk bisa menggunakan aplikasi Resize Image ini, Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu melalui App Store. 

Image Converter & Resize Image

Rekomendasi berikutnya jatuh pada Image Converter & Resize Image yang juga bisa diunduh secara gratis di App Store

Selain ukuran foto, Anda juga bisa mengubahnya dengan berbagai format yang diinginkan, seperti JPEG-XR, GIF, JPEG, TIFF, HEIC, DDS, PNG, dan lain sebagainya. 

Cara Mengubah Ukuran Foto di Browser iPhone 

Untuk menghemat kapasitas penyimpanan pada iPhone, Anda bisa me-resize ukuran foto melalui browser. Ada beberapa situs yang menyediakan fitur untuk mengubah ukuran file foto, diantaranya adalah: 

Compress JPEG

Situs pertama yang memungkinkan Anda untuk mengubah file foto sesuai dengan ukuran yang diinginkan adalah Compress JPEG

Di situs ini Anda bisa memilih 20 foto atau gambar dengan format JPEG atau JPG untuk dikompresi sehingga ukuran file-nya lebih kecil tanpa menurunkan kualitas gambar. Caranya adalah dengan memasukkan file foto yang diinginkan untuk di-upload

Setelah konversi selesai, hasil akhirnya bisa diunduh satu per satu atau Anda bisa mengarsipkannya ke file ZIP. 

Untuk mengatur besaran setiap file sesuai keinginan, Anda bisa klik menu PNG atau PDF (letaknya di sebelah JPEG) yang berada di atas boks untuk mengupload file. Nantinya, Anda akan diarahkan ke website compressPNG.com dan shrinkPDF.com.

IMGonline

Cara mengecilkan ukuran foto di iPhone berikutnya bisa melalui situs atau website IMGonline yang menawarkan berbagai fitur unggulan. 

Diantaranya adalah bisa memproses foto atau gambar berformat JPEG tanpa harus melakukan kompresi ulang, mengedit EXIF, data XMP, dan IPTC, atau membuang EXIF serta informasi lain yang menempel di foto berformat JPEG tersebut. 

Selain itu, Anda juga bisa merotasi foto dengan sudut kelipatan 90 serta membuat JPEG progresi tanpa mengurangi kualitasnya. IMGonline juga menyediakan fitur yang berfungsi untuk mengecilkan file JPG ke size tertentu dalam satuan megabyte atau kilobyte

Fitur lainnya yang dimiliki oleh situs ini adalah bisa memperbaiki kualitas foto yaitu fitur auto enrichment, auto-level, dan fitur penyesuaian tingkat cahaya dan kekontrasan, tone warna dan saturasi secara manual, serta berbagai efek yang bermanfaat saat mengubah foto. 

Itulah berbagai macam cara yang bisa dilakukan ketika ingin mengubah ukuran foto pada perangkat iPhone. Sebenarnya, masih banyak lagi aplikasi dan situs yang menawarkan fitur resize foto seperti Compress Photos & Pictures, PhotoShrinker, Toolur, dan lain sebagainya. 

Intinya, apapun cara mengecilkan ukuran foto di iPhone yang dipilih, pastikan pilihan tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment