Yuk Cari Tahu Cara Mengembalikan Data SD Card yang Terformat !

Author Larusso

Apakah data SD Card kamu mengalami error bahkan hilang karena terformat ? Jika begini masalahnya, maka solusinya adalah melakukan pengembalian pada data data SD Card. Hanya saja tidak semua orang memahami cara mengembalikan data SD Card yang terformat. Maka dari itu yuk simak ulasannya lebih lanjut di bawah ini ! 

Mengenai SD Card dan Pemformatan SD Card  

Sebelum membahas tentang berbagai tips dan juga cara. Kamu harus paham terlebih dahulu mengenai apa itu SD Card. SD Card sering disebut pula dengan istilah kartu memori. Merupakan sebuah alat yang dipakai untuk melakukan penyimpanan pada data digital, misalnya saja gambar, video, rekaman suara, music. Biasanya SD Card ini banyak digunakan pada perangkat seperti kamera digital, PDA dan sebagainya. 

Ukuran SD Card berbeda satu sama lainnya. Mulai dari 128 MB hingga 32 GB. Ukuran 32 GB sangatlah besar untuk menyimpan data digital. Saat ini ada beberapa jenis SD Card yang laris dan sering dipakai untuk perangkat elektronik digital yang terdiri dari : memory stick pro, memory stick duo, memory stick micro m2, multimedia card atau yang memiliki nama lain yakni mmc, secure digital card, mini sd, micro sd atau transflash, xd card, compact flash card (cf card), dan smart media card. 

Adapun untuk ketahanan SD Card bisa tergantung dengan pemakaian. Jika SD Card tidak lagi bisa bergungsi dengan normal hal ini pertanda ada kerusakan di dalamnya. Apabila katu memori bermasalah, serta kerap muncul pesan erroryang intinya meminta untuk ‘format’ itulah saatnya format dilakukan. Penyebab pesan tersebut muncul karena kartu sd card terjatuh, adanya cara yang keliru saat menghapus file, dan sebagainya.

Walaupun kesannya, format memberikan kamu jawaban atas pesan error tersebut. Jangan salah, justru dengan melakukan format pada kartu memori sangat beresiko kamu akan kehilangan seluruh data yang sudah tersimpan. Apalagi jika kamu melakukan pemformatan yang salah, lupa mengganti kata sandi di sd card. 

Seluruh data yang terseimpan seketika hilang memang membuat sedih. Apalagi jika data tersebut berisi file-file penting, seperti tugas sekolah, atau dokumen kantor yang digunakan saat kerja, bahkan data-data yang berisi memori sepertihalnya foto-foto maupun video dokumentasi bersama keluarga dan sahabat. Namun tunggu sejenak, karena masih ada solusi untuk mengembalikan data yang hilang tersebut. Disinilah akan dibahas juga mengenai cara mengembalikan data SD yang terformat. 

Cara Mengembalikan Data SD Card yang Terformat (File Sudah Hilang Cukup Lama) 

Cara mengembalikan data sd yang terformat ini cukup efektif. Kuncinya adalah dengan metode peringatan. Selama data atau file masih belum ditambahkan dengan file lain, maka data-data yang sempat menghilang bisa dipulihkan. 

Proses pertama yang harus kamu lakukan yaitu cobalah untuk menghubungkan kartu mikro sd card lewat perangkat android milikmu, lihat atau pada card reader. Kemudian bukalah dr.fone dan pilih bagian data recovery. 

Lalu hubungkan kartu memori pada komputer. Saat melewati proses ini memang kamu bisa melakukannya dengan dua cara dengan menggunakan mesin pembaca kartu (card reader) atau dengan memakai perangkai android yang ada kartu memori di dalamnya. Pilih saja proses mana yang sekiranya kamu bisa. Jika kartu memori (sd card) sudah terbaca programnya, maka klik pada tulisan “next”.

Proses kedua, kamu bisa memilih mode pemindaian pada kartu sd. Ada dua mode yakni standard dan advance. Jika kamu masih pemula, sebaiknya pakai saja mode pemindaian standard. Kamu bisa memindai seluruh file yang hilang/terhapus untuk menemukan data yang lebih lengkap. 

Proses ketiga, yaitu melakukan kegiatan pratinjau dan pemilahan data dari katu memori secara efektif. Jika semua proses pertama dan kedua sudah dilakukan, maka semua file yang tadinya hilang cukup lama bisa kembali. File tersebut akan tampil di dalam menu kategori. Kamu bisa melihat data kategori dengan klik file yang terkait untuk menemukan file yang yang dimaksud. Selanjutnya kamu klik recovery agar data yang muncul ini bisa tersimpan seperti semula. 

Cara Mengembalikan Data Sd Card yang Terformat (File Baru Saja Hilang) 

Jika sebelumnya memang dijelaskan tentang cara mengembalikan data sd card yang terformat dengan file yang sudah lama hilang. Cara dibawah ini, akan mengulas sedikit berbeda karena file yang hilang baru saja terjadi. Gambarannya seperti sd card yang berisi data kamera digital. Lalu kamu hubungkan dengan komputer. 

Namun sd card justru tidak dikenali, dan berisi pesan ‘sd card tidak terformat.’ Padahal kamu ingin mengirimkan file berupa foto dan video yang ada di sd card. Tetapi dengan tidak sengaja kamu memformatnya, lalu file yang ada malah hilang. 

Jika ini baru saja terjadi, maka cara mengembalikan data sd card yang terformat dengan membatalkan proses pemformatan tersebut. Kuncinya juga sama, asalkan tidak ditimpa lagi dengan file lain atau file baru. Serta berikut langkah-langkahnya : 

Proses yang pertama adalah plihlah kartu memori yang sudah terformat. Hubungkan dengan perangkat komputer yang ada. Klik pada tulisan ‘start.’ Siap untuk memindai. Lalu langkah yang kedua adalah memindai kartu sd. 

Pemindaian dilakukan dengan cara recovit sd card data recovery. Jika proses pemindaian pertama namun file malah belum ditemukan, maka yang harus kamu lakukan adalah melakukan pemindaian lagi dengan menggunakan metode all around recovery. Pemindain ini akan mencari file lebih lengkap. 

Proses yang ketiga adalah melakukan pemulihan dan pratinjau dari data sd card. Jika proses pertama dan kedua sudah selesai. Maka selanjutnya kamu bisa melakukan pratinjau pada data yang sudah ada serta klik recover agar pemulihan data dapat selesai dengan baik. 

Penyebab Data SD Card Bisa Hilang 

Setelah tahu tentang pemformatan hingga cara mengembalikan data sd card yang terformat. Kamu juga harus paham tentang penyebab data sd card yang terformat bisa menghilang. Alasannya karena menghilangnya data sd card ini bukan karena tanpa sebab. 

Alasan yang Pertama :  Tidak Sengaja Terformat 

Alasan yang pertama ini, sejatinya alasan klasik yang umumnya banyak terjadi. Memformat dengan tata cara yang keliru atau orang lain tidak sengaja memformat saat kamu meminjamkan perangkat. 

SD Card mengalami Kerusakan. 

Kemudian penyebab yang kedua adalah SD Card mengalami kerusakan. Jik SD Card rusak, maka ketika pesan format masuk, otomatis format dilakukan, resiko kehilangan data bisa terjadi. 

Adanya Malware 

Virus yang seringkali menyerang pada perangkat SD Card hingga komputer adalah Malware. Virus ini berbahaya, jika sudah menyerang perangkat SD Card maka data bisa hilang. 

Inilah tata cara mengembalikan data sd card yang terformat. Bagaimana, tidak terlalu susah bukan ? 

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment