Cara Mengembalikan Foto yang kereset Pabrik: Recovery, Pasti Balik Lagi

Author Larusso

Cara mengembalikan foto yang kereset pabrik dapatdicoba, sehingga tidak perlu lagi panik. Terlebih lagi, foto menjadi bagian terpenting dalam mengabadikan setiap momen. Tentu tidak akan rela kalau hilang begitu saja, akibat ponsel kembali ke setelan pabrik.

Dikenal juga dengan istilah factory reset, banyak diterapkan untuk mengatasi ponsel yang terasa berat. Selain itu, mengembalikan ke setelan pabrik ini juga digunakan saat hendak menjual suatu perangkat agar tidak terjadi pencurian data.

Kenali Sistem Factory Reset, Sebelum Tahu Cara Mengembalikan Foto yang ke Reset Pabrik

Reset perangkat ke setelan pabrik kerap dilakukan dengan tujuan-tujuan tertentu. Namun, yang menjadi pertanyaan apakah pengaturan tersebut akan menghapus semua yang ada di perangkat tersebut? Mari kenali terlebih dulu sistem factory reset berikut ini!

1. Menghapus Segala Hal di Perangkat

Cara mengembalikan foto yang kereset pabrik pada suatu perangkat hanya dapat dilakukan dengan mencadangkan terlebih dulu. Sebab, factory reset dapat menghapus segala hal yang ada di perangkat, dan membuatnya seperti baru lagi.

Perangkat benar-benar dalam kondisi setelan pabrik setelah mendapatkan pengaturan factory reset. Begitulah cara kerjanya, dan membuat pengguna harus mengetahui terlebih dahulu sebelum memutuskan melakukan reset pabrik tersebut.

Reset factory ini tidak hanya  dapat menghapus foto saja, tapi juga dapat menghilangkan video, pesan, game, kontak, semua jenis berkas, serta aplikasi yang diunduh. Semuanya akan terhapus dan tidak dapat dikembalikan apabila tidak dilaukan backup sebelum reset pabrik.

2. Perlunya Pencadangan

Mengingat cara kerja factory reseyang terbilang ekstrim, Anda harus melakukan pencadangan terlebih dulu sebelum melakukannya. Kalau tidak sempat mencadangkannya, maka semua data yang mendapatkan pengaturan reset pabrik akan hilang.

Pencadangan akan membantu dalam proses cara mengembalikan foto yang kereset pabrik. Perangkat yang disetel ulang seperti pabrikan, baik itu ponsel, laptop, maupun PC, wajib dicadangkan terlebih dulu agar dapat dilakukan recovery.

Pencadangan dapat dilakukan menggunakan iCould, flashdisk, harddisk eksternal, dan lainnya sesuai dengan perangkat yang hendak di reset pabrik. iCloud banyak dipilih untuk mencadangkan foto, video, kontak, dan data lainnya pada perangkat ponsel.

3. Manfaat Reset Pabrik

Tahukah Anda, reset pabrik pada perangkat ternyata memberikan manfaat yang saling berkaitan? Namun,manfaatnya tersebut hanya dapat dirasakan apabila tidak melakukan kesalahan. Terutama dalam hal mencandangkan sebelum melakukan factory reset.

Adapun manfaatnya dengan melakukan setelan pabrik yaitu menghapus virus dan malware yang kerap terbawa saat mengunduh aplikasi atau berkas di suatu perangkat. Mengembalikannya menjadi setelan pabrik, maka aplikasi hasil unduhan akan terhapus total.

Cara mengembalikan foto yang kereset pabrik dapat dilakukan apabila Anda mencandangkan terlebih dulu sebelum melakukan factory reset. Perangkat yang disetel pabrik akan lebih terasa ringan, karena aplikasi terhapus sampai ke akarnya.

Selain itu, factory reset ini juga menjadikan performa perangkat kembali cepat. Sebab, tidak hanya aplikasi saja yang terhapus hingga ke akarnya, tapi seluruh data, foto, video, kontak, dan lainnya akan lenyap. Di situlah pentingnya melakukan pencandangan sebelum reset.

Perangkat yang mendapatkan pengaturan reser pabrik, benar-benar akan kembali seperti baru lagi. Anda yang ingin mengembalikan foto, video, atau data penting lainnya harus melakukan pencadangan terlebih dulu, baru dapat dilakukan recovery.

Ini Cara Mengembalikan Foto yang kereset PabrikTanpa Panik

Anda dapat mengembalikan foto atau data apapun yang diinginkan, dengan catatan telah mendapatkan backup sebelum reset pabrik. Berikut ini langkah-langkah yang dapat membantu recovery data tanpa perlu panik.

1. Siapkan Perangkat Cara Mengembalikan Foto Yang Kereset Pabrik

Di sini diperlukan beberapa perangkat yang digunakan sebagai cara mengembalikan foto yang kereset pabrik. Pertama, ponsel tempat Anda menyimpan foto tersebut. Kedua, dibutuhkan juga laptop atau komputer, lengap dengan kabel USB.

Ketiga, perangkat yang dibutuhkan untuk mengembalikan foto yang ke reset pabrikan yaitu Software Recovery Data. Namun, pastikan software ini kompatibel dengan laptop atau komputer yang akan digunakan sebelum download dan install.

2. Download dan Install Software Recovery Data

Software Recovery Data dapat digunakan untuk mengembalikan foto, video, atau data apapun yang telah dihapus melalui proses reset di suatu perangkat. Terdapat berbagai macam software yang ditawarkan, tapi pastikan pilih dengan tepat.

Setiap software mempunyai keunggulan dan kelemahannya masing-masing, serta memiliki standar kompatibilitas tersendiri yang perlu dipertimbangkan. Selain itu, Anda juga harus mengecek terlebih dulu ketersediaan ruang penyimpanan pada laptop atau komputer.

Pengembalian foto ini dapat dibantu dengan Software Recovery Data. Pastikan untuk mengikuti petunjuk download, install, dan penggunaannya agar memaksimalkan penggunaan. Selain itu, jangan menimpa data hilang dengan data baru.

3. Sambungkan Perangkat Pakai USB

Setelah download dan install Software Recovery Data di laptop atau komputer, maka sambungkan perangkat menggunakan USB. Selanjutnya, buka aplikasi software yang telah terpasang hingga muncul pilihan ‘Recover from Phone’ atau ‘Recover from Device’.

Apabila foto yang ingin dikembalikan berada di ponsel, maka pilihlah ‘Recover from Phone’ dan klik ‘Next’. Selanjutnya,aplikasi ini akan melakukan analisa pada perangkat tersebut. Tunggulah beberapa saat sampai seluruh data berhasil di analisa.

Setiap perangkat membutuhkan waktu yang berbeda, tergantung dari jumlah data yang dianalisa. Semakin banyak datanya, maka semakin lama juga watu penganalisaan.Aplikasi ini akan menemukan data yang telah dicadangkan sebelum reset pabrik di suatu perangkat.

4. Pilih Jenis Data dan Tentukan Penyimpanan

Cara mengembalikan foto yang kereset pabrik dapat dilakukan setelah analisa data selesai dilakukan. Anda dapat memilih jenis data yang ingin dikembalikan (foto dan video),akibat pengaturan factory reset di suatu perangkat.

Foto, video, file, dan data penting lainnya akan tampil berdasarkan data yang telah dicadangkan sebelum reset pabrik. Anda dapat mengembalikan semuanya dengan memilih dari setiap data tersebut. Selanjutnya, tentukan tempat penyimpanan recovery data.

Penting! Pilihlah tempat penyimpanan data yang baru, agartidak timpang tindih dengan file yang sudah ada isi. Hal ini dapat membantu mengurangi adanya kemungkinan gagaldalam mengembalikan foto dan jenis data lainnya yang hilang akibat reset pabrik.

5. Klik ‘Recover

Langkah terakhir yang dapat ditempuh sebagai cara mengembalikan foto yang kereset pabrik yaitu klik ‘Recover’. Pastikan perangkat Anda, baik itu ponsel, laptop atau komputer yang digunakan untuk proses ini memiliki pengisian daya baterai yang cukup.

Sebab, proses recovery ini membutuhkan beberapa waktuyang juga tergantung dari banyak dan besarnya kapasitas data. Anda dianjurkan untuk tidak mencabut perangkat atau mematikan laptop maupun komputer yang digunakan saat proses sedang berjalan.

Jika sampai perangkat mati, maka bisa membuatnya gagal dikembalikan atau data tersebut mengalami kerusakan. Jangan lupa cek daya baterai perangkat (ponsel, laptop, atau komputer) untuk membantu kelancaran proses ‘Recover’ ini.

Cara mengembalikan foto yang kereset pabrik ini dapat dilakukan tanpa perlu panik. Namun, dengan catatan data yang ingin dikembalikan sebelumnya sudah dicadangkan. Oleh karena itu, rajinlah melakukan backup data yang dianggap penting agar tidak hilang.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment