Cara Menggabungkan Foto di Photoshop yang Sederhana

Author Larusso

Cara Menggabungkan Foto di Photoshop

Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi, media sosial menjadi salah satu platform favorit untuk berbagi foto. Uniknya, banyak yang menyukai hasil penggabungan foto menggunakan Photoshop. Tak heran banyak yang mencari cara menggabungkan foto di Photoshop.

Photosop sendiri merupakan sebuah program editing untuk mengolah raw photo menjadi hasil jadi yang indah. Bahkan Anda bisa melakukan banyak sentuhan indah hingga manipulasi foto dengan program ini. Memang membutuhkan sedikit latihan, tetapi pada dasarnya mudah untuk menggunakannya.

Ikuti Cara ini untuk Menggabungkan Foto di Photoshop

Cara Menggabungkan Foto di Photoshop

Ketika Anda melihat berbagai desain poster, iklan, atau mungkin sekadar postingan dalam media sosial sekalipun, pasti akan melihat beberapa foto maupun gambar yang telah bergabung satu sama lainnya dalam satu konten. Hal itu bisa Anda lakukan dengan menggunakan Photoshop.

Sebenarnya tak sulit untuk menggabungkannya, cara menggabungkan foto di Photoshop bisa Anda lakukan sekalipun masih pemula. Tetapi Anda tetap membutuhkan tutorialnya untuk mempermudah langkah-langkah editing yang akan Anda lakukan. Berikut tutorialnya.

Cara Gabungkan Foto di Photoshop yang Paling Mudah

Ini adalah cara yang sangat mudah, begitu sederhana dan tak perlu susah untuk mengerjakannya. Sebab hanya bermodal drag and drop saja, maka Anda pun mendapatkan hasil editan foto yang bagus.

Caranya adalah sebagai berikut.

  • Masukkan foto yang akan Anda edit ke Photoshop.
  • Setelah itu, cobalah untuk Anda drag and drop foto yang kedua yang mana akan Anda gabungkan dengan gambar yang pertama. Setelah itu, tekan tanda checklist yang ada pada bagian atasnya.
  • Selesai, cara tersebut telah sukses menggabungkan foto atau gambar Anda menjadi satu konten.

Cara Gabungkan Foto dengan Cara Masking

Yang satu ini menjadi cara menggabungkan foto yang sedikit lebih rumit jika Anda bandingkan dengan yang pertama, tetapi hasilnya juga jauh lebih bagus. Simak caranya, Anda bisa melakukannya dengan versi lama dan baru program Photoshop masing-masing.

  • Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah pastikan laptop atau PC Anda mampu membuka aplikasi Adobe Photoshop, sehingga tak akan ada drama gawai blank atau hang karena tak kuat membukanya.
  • Setelah terbuka, maka pilih menu Create New yang tersedia.
  • Lantas, atur saja ukuran canvas yang akan Anda gunakan, juga pilih pula latar belakang yang akan Anda buat. Tentukan warnanya lebih dahulu supaya lebih indah. Setelah itu, pilih Create.
  • Apabila sudah, maka silakan masukkan foto pertama yang akan Anda edit. Cara untuk melakukannya bisa dengan menggunakan drag and drop, tetapi apabila membukanya lewat menu File juga tak apa.
  • Tekan Open.
  • Jika sudah maka sekarang pilih dulu foto apa saja yang ingin Anda gabungkan, tekan Open.
  • Lalu sekarang saatnya masukkan foto yang kedua dan cara untuk melakukannya mudah, pakai drag and drop. Jika berhasil, harus Anda pastikan dulu jika foto kedua berada pada layer yang pertama, bukan layer lainnya.
  • Sekarang tahap masking, klik Quick Selection Tool.
  • Selanjutnya lakukan masking pada foto yang kedua. Lakukan secara hati-hati supaya hasilnya bagus.
  • Jika sudah selesai, silakan klik kanan pada objeknya, pilihlah Select and Mask.
  • Silakan untuk mengatur kontras, ketajaman, transparansi dan lain sebagainya pada Properties yang ada pada bagian kanan.
  • Tekan Output Settings, lihat pada bagian Output to maka pilih Layer Mask.

Sudah selesai, tetapi jika ingin menambahkan efek bayangan, mudah dengan cara menekan New Layer. Anda harus pastikan jika layernya transparan dan berada pada bagian bawah dari objeknya itu sendiri. Tekan Brush Tool lalu Shadow yang berada pada bagian atasnya.

Anda bisa mengatur tingkat kecerahannya, juga objek yang akan Anda edit sebelumnya. Setelah melewati tahapan akhir ini maka Anda pun dapatkan hasil yang Anda inginkan. Hasilnya bisa Anda unggah ke media sosial, Anda cetak, atau sekadar untuk koleksi pribadi.

Demikian adalah cara menggabungkan foto di Photoshop, semoga bermanfaat.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment