Cara Menghilangkan Cat Kayu di Baju Dengan Efektif

Author Larusso

Baju putih kotor karena cat kayu? Pastinya bingung Jika hal tersebut menimpa baju kesayangan. Apalagi sudah dicuci berulang kali, namun noda tak menghilang. Nah, tak perlu risau, sebab terdapat cara menghilangkan cat kayu di baju dengan teknik super ampuh.

Yah, menghilangkan noda pada cat yang sudah mengering merupakan tantangan bagi sang empunya baju. Jika salah dalam mencuci pakaian efeknya menjadi rusak.

Lantas bagaimana cara untuk menghilangkan noda tersebut? Yuk, segera simak informasinya cukup dengan membaca artikel sampai selesai.

Teknik Menghilangkan Cat Kayu di Baju

Aktivitas paling mengesankan adalah ketika mengeksplor cat, namun akan terganggu apabila zat tersebut mengikat di baju. Seperti yang anda ketahui bahwa cat merupakan cairan yang sangat mudah sulit untuk hilang.

Lantas apakah baju masih tetap bisa dipakai? Tentunya tetap dapat dipakai jika noda telah menghilang. Untuk mengetahui cara menghilangkan cat kayu di baju, yaitu

Menggunakan Tiner

Salah satu bahan yang bisa membersihkan noda cat pada baju adalah cairan tiner. Di mana memiliki fungsi untuk melunakkan cat yang sudah lama mengering pada baju.

Biasanya metode ini digunakan untuk baju berbahan sintetis. 

Untuk tekniknya sendiri cukup dengan memoleskan cairan cleaner tersebut pada area yang terkena noda. Anda cukup mengusap menggunakan spons secara perlahan sampai luntur. Apabila sudah luntur segera mencuci baju memakai deterjen.

Sendok Atau Pisau

Selain menggunakan bahan tiner Anda juga bisa memakai sendok atau pisau yang melekat pada baju. Menggunakan kedua benda tersebut akan membuat cat terkelupas dengan sangat mudah.

Cara menghilangkan cat kayu di baju yaitu dengan mengerok cat tersebut menggunakan pisau atau sendok. Setelah diperbesar bersih maka segera cucilah menggunakan deterjen cair. Langkah ini anda lakukan apabila cat tersebut belum begitu lama menempel pada baju.

Menggunakan Minyak Tanah

Jika tidak memiliki cairan pengencer seperti tiner, Anda dapat menggunakan minyak tanah. Cara menghilangkan noda cat kayu di baju cukup simpel, yaitu memakai tisu atau lap dan letakkan pada bagian baju yang terkena cat.

Kemudian minyak tanah tersebut dapat dioleskan pada permukaan yang ternoda. Agar menghilangkan sempurna Anda dapat menggosokkan sikat gigi bekas sampai cat luntur. Setelah luntur segera cuci dengan deterjen supaya bau minyak tanah lenyap.

Menggunakan Alkohol

Salah satu teknik agar noda cat pada baju yang sudah mengering menghilangkan secara sempurna, yaitu dengan menyemprotkan alkohol. Cukup dengan mengoleskan alkohol pada baju yang terkena noda cat.

Setelah itu Anda menggunakan sikat gigi lalu diamkan sampai noda tersebut larut. Jika sudah Anda dapat mencucinya menggunakan deterjen dan cuci sesuai pada instruksi di label baju tersebut. Ternyata cara menghilangkan noda cat kayu di baju cukup mudah, bukan?

Amonia,Garam dan Cuka

Alternatif untuk menghilangkan noda cat selanjutnya adalah dengan bahan yang sangat mudah didapatkan di rumah. Salah satunya adalah dengan mencampurkan bahan cuka, garam dan amonia.

Bekas atau lap menggunakan bahan tersebut dan hingga noda cat tersebut hilang. Kemudian jika noda tersebut telah hilang maka dapat mencuci seperti biasa menggunakan deterjen.

Menggunakan Bensin

Cara menghilangkan noda cat kayu di baju bisa dengan menggunakan bensin, dimana cairan tersebut sangat ampuh untuk menghempaskan noda cat yang sudah lama mengering di baju. Untuk cara pencuciannya yaitu siapkan lap pada bagian bawah baju yang terkena noda cat.

Jika sudah makan Anda dapat mengoleskannya di bagian permukaan bagian yang terkena noda cat menggunakan sikat dan gosoklah secara pelan. Langkah selanjutnya adalah dengan mencuci pakaian tersebut menggunakan deterjen setelah noda tersebut menghilangkan.

Menggunakan Lakban

Cukup simpel namun dapat menghilangkan noda cat yang membandel pada baju. Teknik cukup sederhana yaitu menghancurkan noda cat menggunakan sikat gigi atau bisa tumpul.

Cara menghilangkan noda cat kayu di baju, yaitu dengan menempelkan potongan kecil lakban pada baju yang terkena noda cat. Anda harus menekan kewajiban dan kemudian angkat benda tersebut secara perlahan. Lakukan secara berulang sampai sisa-sisa cat yang masih menempel pada baju terangkat dan menghilang sempurna.

Memakai Sabun Cuci Piring

Alternatif berikutnya, yaitu dengan menggunakan sabun cuci piring. Untuk caranya cukup tuangkanlah cairan tersebut pada baju yang terkena noda cat.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan merendam baju menggunakan air hangat selama beberapa menit. Kemudian jangan lupa campur air tersebut menggunakan cairan pencuci piring, jika sudah maka dapat membilas baju sampai noda luntur.

Sabun Cuci Tangan 

Siapa sangka cairan yang sering digunakan untuk tangan terbukti ampuh dalam menghilangkan noda yang membandel. Lantas bagaimana cara menghilangkan noda cat kayu di baju menggunakan cuci tangan?

Cukup dengan menyemprotkan hand sanitizer pada daerah yang terdapat noda catnya. Lalu setelah itu, Anda dapat menggunakan sikat gigi bekas dan menggosok secara perlahan.

Langkah terakhir yang harus dilakukan agar noda cat hilang sempurna adalah dengan mencucinya menggunakan deterjen. Nah, cukup mudah dalam menghilangkan noda bekas cat, bukan?

Semprotan Rambut Atau Kispray

Semprotan rambut atau hairspray dapat digunakan untuk menghilangkan noda cat pada baju yang sudah lama mengering. Hair spray sama penggunaannya seperti sanitizer yang mana cairan ini mengandung alkohol. Di mana cairan tersebut dapat mempermudah dan melunakkan cat pada baju.

Cara menghilangkan noda cat kayu di baju ini pun terbilang mudah, cukup menyemprotkan hair spray di baju yang terkena noda cat. Kemudian gunakanlah sikat untuk menggosok jika sudah lenyap pakaian dapat dicuci hingga bersih memakai deterjen.

Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun? Rupanya cairan ini pun juga disinyalir mampu menghilangkan noda membandel pada baju. Untuk penggunaan nya pun hampir sama dengan poin yang di atas yaitu mengoleskan minyak zaitun pada area yang terkena noda cat kayu.

Jika sudah dioleskan pada pakaian tersebut maka biarkan beberapa menit sampai cat yang ada pada baju tersebut melunak. Kemudian Anda dapat membersihkannya menggunakan deterjen lalu noda cat tersebut akan sirna.

Deterjen Cair

Cara menghilangkan noda cat kayu di baju yang terakhir yaitu dengan menggunakan deterjen cair. Langkah ini terbilang sangat mudah jika noda pada cat kayu belum begitu mengering.

Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu dengan merendam baju tersebut beberapa menit. Jika sudah melunak chat tersebut maka bisa pucat dan bilas menggunakan air bersih.

Baju yang bersih merupakan cerminan dari pemiliknya, itulah mengapa sebagian besar orang akan selalu menjaga kebersihan tersebut. Jika baju yang kamu sayangi terkena noda membandel caranya pun cukup mudah dengan menggunakan cairan atau bahan yang berada di sekitar Anda.

Dengan menggunakan beberapa informasi di atas sekarang tak perlu khawatir jika pakaian terkena noda membandel khususnya cat.

Cara menghilangkan noda cat kayu di baju pun terbilang mudah, bukan? Bahkan tidak membutuhkan biaya yang mahal dalam membersihkannya.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment