Bagaimana Cara Menghilangkan Luntur pada Pakaian?

Author Larusso

Cara Menghilangkan Luntur pada Pakaian

Saat mencuci pakaian terkadang tak sengaja membuat pakaian menjadi terkena noda luntur. Pakaian berwarna putih bisa lebih mudah terlihat jika terkena noda dari warna lainnya. Cara menghilangkan luntur pada pakaian bisa dengan menggunakan bahan seperti aseton. Selain itu, penting juga untuk mencegah agar pakaian menjadi tetap terjaga warna aslinya. Mengetahui bahan pakaian dan juga cara mencuci yang tepat bisa mencegah warnanya luntur.

Cara Menghilangkan Luntur pada Pakaian

Cara Menghilangkan Luntur pada Pakaian

Noda luntur pada pakaian bisa menjadi salah satu masalah yang kadang tidak langsung ditangani. Jika noda luntur tersebut sudah terlalu lama maka bisa jadi akan sulit untuk menghilangkannya. Kesalahan saat mencuci bisa menjadi awal dari munculnya noda luntur pada pakaian. Pakaian dengan kualitas kurang bagus biasanya dapat luntur warnanya ketika baru pertama dicuci. Ini bisa berdampak pada pakaian lain yang dicuci secara bersamaan.

Pakaian yang terkena noda luntur atau noda lainnya sebaiknya segera untuk diatasi agar bisa lebih mudah hilang. Berikut cara menghilangkan noda luntur pada pakaian.

Siapkan Bahan Aseton atau Penghilang Noda

Bahan aseton biasanya berguna untuk penghilang cat kuku/kuteks, penghilang cat dinding, dan penghilang pernis. Bahan ini bisa juga untuk menghilangkan noda luntur pada pakaian. Anda bisa membeli bahan ini di apotek atau toko online. Selain aseton, bisa juga menggunakan produk penghilang noda khusus untuk pakaian. Produk ini biasanya ada di minimarket atau toko retail.

Aplikasikan Aseton pada Noda Luntur

Aplikasikan atau tuang aseton secukupnya pada bagian pakaian yang terkena noda luntur. Setelah itu diamkan selama beberapa saat. Nanti akan terlihat noda tersebut bisa semakin memudar. Jika tidak memudar bisa menambahkan lagi aseton tersebut.

Kucek pada Bagian Noda Luntur

Kucek pakaian khususnya pada bagian dengan noda luntur tersebut. Setelah itu bisa membilasnya dengan air.

Cuci Pakaian dengan Detergen

Langkah terakhir cara menghilangkan luntur pada pakaian yaitu cuci dengan detergen. Jika pakaian putih maka bisa menggunakan detergen khusus untuk warna putih. Setelah kering perhatikan apakah noda tersebut masih terlihat jelas atau tidak. Jika masih terlihat maka bisa mengulangi prosesnya.

Mencegah Pakaian Terkena Noda Luntur

Pakaian berwarna yang terbuat dari bahan tertentu bisa luntur ketika pertama mencucinya. Ini tentunya dapat berdampak pada pakaian lain yang dicuci bersamaan. Apalagi jika pakaian lain tersebut berwarna putih, noda bisa terlihat lebih jelas. Ada baiknya untuk menghindari pakaian terkena noda daripada harus berusaha menghilangkannya. Berikut cara mencegah pakaian terkena noda luntur.

Membedakan Mencuci Pakaian Putih dengan Pakaian Berwarna

Sebaiknya mencuci pakaian secara terpisah antara yang berwarna putih dan warna lainnya. Pakaian berwarna yang luntur bisa membuat pakaian berwarna putih menjadi bernoda. Pakaian dengan warna putih jika sudah terkena noda maka akan sulit untuk menghilangkan dengan bersih. Selain itu bisa juga mencuci pakaian warna putih dengan jenis detergen khusus sehingga tidak cepat kusam.

Melihat Kode/Informasi pada Pakaian

Sebelum mencuci pakaian, perhatikan kode atau informasi pada pakaian tersebut. Biasanya akan ada keterangan mengenai bagaimana cara mencucinya. Bahan pakaian tertentu kadang perlu mencuci dengan lembut sehingga tidak cepat rusak. Ini juga bisa terkait dengan suhu air untuk mencuci pakaian tersebut. Tak semua bahan pakaian bisa cocok dengan air panas.

Menggunakan Detergen yang Tepat

Gunakan detergen yang tepat ketika mencuci pakaian. Detergen yang terlalu keras bisa jadi membuat pakaian menjadi luntur. Perhatikan informasi pada detergen tersebut dan bagaimana menggunakannya dengan baik.

Membeli Pakaian Berkualitas yang Tidak Mudah Luntur

Pakaian yang luntur bisa jadi karena bahannya dan proses pewarnaannya. Proses pewarnaan yang terlalu lama bisa membuat pakaian luntur ketika pertama mencuci. Pakaian yang berkualitas biasanya tidak akan mudah luntur dan tahan lama.

Noda pada pakaian memang bisa menjadi masalah sehingga perlu mengatasinya dengan benar. Cara menghilangkan luntur pada pakaian dapat dengan menggunakan bahan penghilang noda seperti aseton. Sebelum mencuci pakaian, perlu juga memperhatikan terkait bahan dan warnanya. Jika ingin pakaian tidak luntur maka sebelum membeli perhatikan kualitasnya lebih dulu.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment