Cara Menghilangkan Sablon Pada Baju 100% Ampuh!

Author Larusso

Adakah cara menghilangkan sablon pada baju yang paling ampuh? Pertanyaan ini mungkin sekarang sedang ada di pikiran Anda. Bisa jadi, ada baju yang menurut Anda paling favorit, tapi sudah mulai terlihat kurang menarik bagian sablon-nya.

Mengapa Sablon Baju Bisa Sampai Rusak?

Baju dengan aksen sablon memang banyak dipergunakan karena tampilannya yang menarik. Namun, ada saatnya juga bagian sablon menjadi rusak sehingga membuatnya jadi terlihat kusam.

Ada banyak penyebab hal tersebut terjadi. Selain karena kesalahan pemilihan deterjen, hingga kurang tepat menggunakan metode pencucian. Sablon baju yang rusak pun bisa disebabkan karena proses setrika yang salah.

Bahkan, baju sablon yang sudah terlalu lama, biasanya juga rusak dengan sendirinya. Kalau sudah begini, sablon baju harus dihilangkan jika Anda ingin tetap menggunakannya. Jangan khawatir, karena ada beberapa cara menghilangkan sablon pada baju yang paling ampuh.  

Cara Menghilangkan Sablon Pada Baju 100% Ampuh

Gunakan Setrika dan Kertas

Pada umumnya, jika tidak ingin merusak sablon bagian tersebut perlu dihindarkan terkena setrika. Jadi, apabila Anda maua menghilangkan sablon pada baju tentu alat tersebut bisa digunakan.

Selain setrika, siapkan juga alat lainnya seperti kertas kraft besar dengan 2 sisi yaitu mengkilap (fungsinya untuk menyerap sablon) dan kusam. Pertama, silahkan tempatkan sisi kertas kraft mengkilap di atas sablonan baju.

Setelah itu, siapkan setrika dengan panas sedang lalu setrika bagian kertas kraft tersebut dengan perlahan. Langkah selanjutnya dari cara menghilangkan sablon pada bajuyang satu ini adalah dengan membuka kertas kraft tersebut.

Perhatikan pasti bagian tinta sablon meleleh dan menempel ke kertas kraft. Artinya sablon sudah hilang pada baju. Namun, apabila masih ada sisa sablon pada kain baju, Anda dapat mengikisnya menggunakan kuku atau alat lain.

Pakai Bensin

Bensin yang biasanya digunakan sebagai bahan bakar, juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan sablon pada baju. Caranya juga terbilang sangat mudah, tinggal balik baju untuk membuat bagian sablon berada di dalam.

Lanjut letakkan kain kering pada bagian dalam baju. Baru oleskan bensin ke lapisan belangan kain sablon pakai spons atau kain bekas yang tidak berbulu. Cara menghilangkan sablon pada baju dengan bensin selanjutnya adalah menggosok secara perlahan.

Pastikan gosok dengan gerakan melingkar hingga sablon terlepas. Apabila sudah, diamkan dulu beberapa saat, lalu hilangkan bagian sablon yang tersisa menggunakan gunting supaya tidak merusak kain. Jangan lupa cuci baju supaya bau bensin hilang dari baju.

Gunakan Alkohol

Apakah di rumah kebetulan tersedia alkohol? Bahan ini bisa digunakan untuk menghilangkan sablon pada baju yang ampuh. Siapkan baju yang akan dihapus sablon-nya lalu oleskan alkohol.

Berikutnya, tinggal diamkan beberapa saat supaya alkohol meresap ke dalam tinta sablon. Untuk cara menghilangkan sablon pada baju ini, Anda juga perlu menyiapkan sikat gigi lembut atau kain tak berbulu.

Alat tersebut dipergunakan untuk menggosok bagian sablon baju secara perlahan. Anda bisa mengulang beberapa kali langkah tersebut hingga seluruh sablon baju berhasil terangkat. Apabila sudah, cuci ulang baju dan biarkan kering baru bisa dipakai.

Manfaatkan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih memang punya banyak fungsi, tidak hanya sebagai obat masuk angin atau meredakan gigitan serangga saja. Anda pun dapat memanfaatkannya untuk menghilangkan sablon pada baju kesayangan.

Cara menghilangkan sablon pada baju pakai minyak kayu putih sangat mudah. Langkahnya hampir mirip saat menghapus sablon baju dengan alkohol. Paling penting adalah jangan lupa lapisi bagian dalam baju dengan kain kering dulu.

Setelah itu, silahkan oleskan minyak kayu putih pada bagian sablon baju. Langkah selanjutnya tinggal tunggu saja beberapa saat hingga sedikit mengering. Lalu, gosok perlahan sablon baju menggunakan kuku atau pisau tumpul sampai terkelupas sempurna.

Coba Pakai Pemutih Pakaian

Sepertinya setiap rumah pasti menyimpan pemutih pakaian untuk membersihkan noda membandel. Siapa sangka, ternyata bahan ini dinilai cukup ampuh dalam merontokkan sablon pada baju.

Untuk cara menghilangkan sablon pada baju dengan pemutih pakaian bisa dibilang sangat mudah sekali. Anda hanya perlu merendam baju pada larutan air dan pemutih pakaian. Lanjut kucek bagian sablon hingga terlepas.

Cairan M3

Mau menghilangkan sablon pada baju yang cepat dan ampuh? Anda bisa menggunakan cairan M3, walaupun bahan ini hanya bisa didapatkan dengan membelinya di toko bahan kimia.

Larutan M3 sendiri dikenal bagus dalam melelehkan tinta sablon. Bahkan, banyak konveksi yang menggunakannya saat ingin menghapus sablon pada baju kaos. Kalau pakai cara ini, selain cairan M3, siapkan juga bahan lain handuk kering dan pisau.

Langkah pertama dari cara menghilangkan sablon pada baju dengan cairan M3 ini adalah balik dulu bajunya. Setelah itu, letakkan handuk atau kain kering di dalamnya supaya cairan M3 tak tercecer.

Lanjut, oleskan cairan kimia tersebut ke belakang sablon baju. Gosok secara perlahan lalu diamkan beberapa saat hingga mengering. Lama-lama sablon mengerut dan terkelupas, Anda tinggal gunakan pisau untuk membuat sablon terlepas sepenuhnya.

Aseton

Bagi yang suka nail art, tentu di rumah punya persediaan aseton bukan? Bahan ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan sablon pada baju, khususnya kaos katun. Anda harus berhati-hati jika baju ternyata berbahan lebih dari 50% serat sintetis.

Pasalnya, aseton berpotensi merusak baju tersebut. Namun, jika Anda yakin ingin menggunakan cara menghilangkan sablon pada baju pakai aseton, bisa dilakukan dengan langkah mudah.

Pertama, silahkan rendam dulu kapas pada larutan aseton. Apabila baju sablon Anda tergolong masih baru, ada baiknya cuci dulu dengan air dingin untuk menghilangkan tinta. Jika sudah, silahkan oleskan rendaman kapas aseton tadi ke sablon dengan hati-hati.

Diamkan beberapa saat, karena proses ini perlahan akan membuat sablon terkelupas. Apabila keseluruhan sablon sudah lepas, langsung cuci baju supaya sisa tinta dan noda ikut terkikis. Anda bisa mengulangi langkah-langkah tersebut jika dirasa sablon belum hilang.

Penghilang Plastisol

Ada lagi cara menghilangkan sablon pada baju dan dinilai sangat ampuh. Apalagi kalau bukan dengan menggunakan penghilang plastisol. Sebagai informasi saja, jenis tinta yang paling banyak digunakan dalam aktivitas sablon disebut dengan plastisol.

Maka cairan plastisol tentu akan sangat ampuh menghapus atau menghilangkan sablon pada baju. Cairan penghilang plastisol sendiri dapat Anda beli di toko-toko bahan kimia di pasaran. Sementara untuk langkah-langkahnya sendiri sebenarnya terbilang sangat mudah.

Tinggal encerkan dulu larutan penghilang plastisol dengan handuk lembut. Setelah itu, langsung saja tempelkan pada sablon baju dan tunggu hingga beberapa jam. Lanjut dengan menggosok sablon pakai sikat lembut. Terakhir, cuci baju supaya dapat digunakan lagi.

Itu dia tadi beberapa cara menghilangkan sablon pada baju. Beberapa bahkan hanya menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah. Sekarang, tidak perlu bingung menghapus sablon di baju kesayangan yang masih ingin dipergunakan.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment