Inilah Beberapa Cara Menghilangkan Tinta Spidol di Baju Putih yang Wajib Anda Ketahui

Author Larusso

Cara menghilangkan tinta spidol di baju putih biasanya banyak dicari oleh orang-orang. Sebab, ketika tinta spidol ada di baju putih akan memberikan kesan kotor dan tidak rapi. Umumnya tinta spidol yang ada di baju putih sering dialami oleh anak-anak sekolah. Di samping itu, banyak dialami oleh para pekerja kantoran. 

Untung saja noda yang dihasilkan oleh spidol tidak terlalu susah dihilangkan. Itu sebabnya, Anda tidak perlu cemas. Biasanya untuk menghilangkan noda tersebut ada beberapa jenis cairan yang bisa Anda gunakan. 

Adapun berbagai cara yang dimaksud ialah sebagai berikut. 

Beberapa Cara Menghilangkan Tinta Spidol di Baju Putih 

Menggunakan Hair Spray 

Cara pertama yang bisa dilakukan ialah dengan menggunakan hair spray. Cara menghilangkan tinta spidol di baju putih ini cukup mudah untuk dilakukan. Di mana, caranya bisa dimulai dengan meletakkan baju yang terkena tinta spidol itu di atas kain kering. Selanjutnya Anda bisa menyemprotkan hair spray pada noda tersebut. 

Kemudian langkah lainnya ialah menekan-nekan bagian yang terkena noda dengan menggunakan kapas. Hal ini bertujuan agar noda spidol tersebut bisa diserap oleh kapas kering yang berada di bawah baju. Jika langkah ini sudah selesai, Anda bisa mencuci baju tersebut untuk menghilangkan residu spidol dan hair spray. 

Menggunakan Aseton 

Cairan yang satu ini sangatlah populer di kalangan wanita. Sebab, biasa digunakan untuk membersihkan kutek. Nah, siapa sangka jika cairan ini pun menjadi salah satu cara menghilangkan tinta spidol di baju putih. Untuk langkah-langkahnya pun sangatlah mudah. Anda bisa memulainya dengan meneteskan cairan aseton sebanyak 1 sampai 2 tetes. 

Kemudian, Anda bisa mengusap bagian baju tersebut dengan kain atau tisu kering. Di samping itu, siapkan juga ember yang isinya air dingin dengan sedikit campuran garam dapur. Setelah mengusap lembut bagian baju yang sudah diberi tetesan aseton, maka Anda bisa langsung merendam baju tersebut selama 10 menit. Meskipun noda tidak langsung hilang, tapi Anda bisa terus melakukan cara ini sampai akhirnya noda dari tinta spidol itu hilang. 

Menggunakan Alkohol 

Cara menghilangkan tinta spidol di baju putih yang selanjutnya ialah dengan menggunakan alkohol. Dengan kandungannya yang keras, alkohol mampu menghilangkan noda yang berasal dari tinta spidol. Hanya saja sebelum menggunakan cairan ini, maka Anda harus memeriksa terlebih dahulu jenis bahan dari baju tersebut. 

Hal ini dilakukan mengingat tidak semua kain bisa tahan dengan alkohol. Penggunaannya sendiri harus sangat hati-hati karena mampu membuat warna baju menjadi pudar dan tangan menjadi iritasi. Untuk lebih menjaga diri, maka ketika akan menggunakan cara ini, harus menggunakan pelindung tangan terlebih dahulu. 

Nah, untuk tips serta cara dengan menggunakan alkohol bisa dimulai dengan meneteskan alkohol pada bagian baju yang terkena dengan tinta spidol terlebih dahulu. Setelahnya, usap bagian tersebut menggunakan kain dan rendamlah baju pada air dingin yang sudah dicampuri oleh garam. Perendaman ini bisa dilakukan selama kurang lebih selama 1 jam. 

Menggunakan Pasta Gigi 

Beberapa orang biasanya menggunakan pasta gigi untuk berbagai hal, salah satunya ialah untuk menghilangkan noda spidol pada baju berwarna putih. Hanya saja penggunaan pasta gigi ini perlu diperhatikan dengan baik. Sebab, Anda harus menggunakan pasta gigi non gel. 

Untuk tips yang sangat mudah yakni dengan pasta gigi bisa diawali dengan mengoleskan pasta gigi pada bagian baju yang sudah terkena tinta spidol. Kemudian, Anda hanya perlu menggosok bagian dari baju tersebut dengan sangat lembut sampai akhirnya nodanya bisa hilang. Terakhir cukup bilas baju seperti biasanya. 

Menggunakan Garam Cara Menghilangkan Tinta Spidol Di Baju Putih

Selain menggunakan berbagai macam cairan kimia, Anda juga bisa menghilangkan noda tinta spidol dengan bahan dapur, salah satu di antaranya ialah garam. Cara ini terbilang mudah dilakukan oleh siapa pun. Mengingat garam akan selalu ditemukan di setiap rumah. 

Nah, untuk tips ini menggunakan garam bisa dimulai dengan menuangkan sedikit garam pada baku tersebut. Kemudian, gosok menggunakan tisu basah. Di samping itu, Anda juga bisa menyikat noda tinta tersebut dengan menggunakan sikat gigi. Lakukan berulang agar nodanya bisa cepat hilang. 

Menggunakan Cuka Cara Menghilangkan Tinta Spidol Di Baju Putih

Selain garam, cuka juga bisa digunakan untuk menghilangkan tinta spidol pada baju putih. Cuka sendiri merupakan bahan dapur yang mengandung asam. Di mana kandungannya inilah yang bisa membantu mengangkat noda membandel. Itu sebabnya, cuka bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan noda tinta spidol. 

Terbukti ampuh dengan menggunakan cuka bisa dimulai dengan menuangkan 1 sendok cuka. Kemudian, diamkan baju tersebut selama kurang lebih 10 menit. Setelahnya, gosok lembut bagian yang terdapat noda sampai tintanya menghilang. Jika sudah, bisa langsung membilas baju tersebut sampai bersih. 

Menggunakan Spiritus 

Spiritus merupakan bahan kimia yang sangat kuat. Bahan ini bisa menjadi alternatif lain untuk menghilangkan noda dari tinta spidol di baju. Caranya pun terbilang sangat mudah, yaitu dimulai dengan meletakkan beberapa lembar tisu di bagian bawah yang terkena noda tinta spidol. 

Kemudian, celupkan kain bersih atau spons pada cairan spirtus, kemudian juga bisa dilanjutkan dengan menggosokkan kain atau spons tadi pada bagian baju yang terkena noda tinta tersebut. Selanjutnya, tekan-tekan agar nodanya bisa berpindah ke tisu yang berada di bawah baju. Jika noda sudah hilang, maka Anda bisa mencuci baju menggunakan detergen agar sisa noda dan residu bisa benar-benar hilang. 

Tips Mudah Cara Menghilangkan Tinta Spidol di Baju Putih

Sebenarnya, noda tinta spidol pada baju putih harus dilakukan berulang. Agar baju bisa kembali putih seperti sebelumnya. Pada prosesnya kadang setelah dijemur, ternyata noda tersebut belum benar-benar hilang. Hal ini membuat Anda harus melakukan pengecekan berulang dan bisa memilih menggunakan cairan penghilang noda berkualitas tinggi.

Nah, dalam mengatasi masalah ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Di antaranya ialah menangani noda tersebut secepat mungkin. Jika pada praktiknya malah tidak langsung ditangani, maka noda akan semakin sulit untuk dihilangkan. 

Di samping itu, Anda juga dilarang untuk menggosok atau mengucek noda tinta spidol, sebab akan mudah luntur ke bagian yang lain. Dengan demikian, bisa memilih alternatif lain, yaitu membilas dengan air. Terakhir, jangan terburu-buru ketika memilih menggunakan beberapa alternatif bahan. Baca terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari bahan tersebut dan sesuaikan dengan bahan baju yang terkena tinta. 

Demikianlah beberapa cara menghilangkan tinta spidol di baju putihTinta spidol merupakan noda umum yang untuk menghilangkannya susah-susah gampang. Selain menggunakan cairan kimia, Anda juga bisa menggunakan bahan dapur. 

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment