4 Cara Mensucikan Pakaian dengan Mesin Cuci

Author Larusso

Cara Mensucikan Pakaian dengan Mesin Cuci

Bagi umat Islam cara mensucikan pakaian dengan mesin cuci adalah kewajiban terlepas dari najis. Islam telah mengajarkan umat bagaimana tata cara bersuci dengan benar. Seperti wajib mengenakan pakaian bersih dan suci saat menjalankan ibadah shalat lima waktu.

Kebersihan dalam Islam syarat keimanan seseorang kepada Allah serta upaya mendekat kepada-Nya. Sebab itu najis berat wajib mengalami pembersihan menyeluruh, contoh najis darah, tinja, air kencing, air mani, air liur hewan babi dan anjing.

Pada saat jenis kotoran ternajis menempel di pakaian atau tempat Anda berada maka tunda waktu sholat. Seluruh kenajisan tadi perlu bersih terlebih dulu sesuai jenis kotoran buruk yang menempel.

Cara Mensucikan Pakaian dengan Mesin Cuci

Cara Mensucikan Pakaian dengan Mesin Cuci

Najis artinya segala sesuatu yang tidak suci dan terlarang bersentuhan langsung dengan tubuh atau peralatan ibadah. Setelah diri Anda bebas dari kotoran menjadi syarat beribadah sesuai syari’ah. Bila proses mencuci pakaian benar sesuai syariah Islam, maka ibadah Anda bisa diterima. Namun, jika tak sanggup mencuci dengan tangan, Anda pun boleh memakai barang elektronik, sebab tak terlarang dalam Islam.

Apabila hendak mengikuti cara mensucikan pakaian dengan mesin cuci, taati aturan-aturan sesuai syariat Islam.

Memilah Pakaian Bersih dan Najis

Apabila terburu-buru Anda sering lupa mencampur pakaian bersih dan yang sudah terkena najis. Padahal Anda tak boleh sembarangan. Jangan menggabung antara pakaian kotor terkena najis dan masih suci. Anda harus memilahnya terlebih dahulu.

Menghilangkan Bentuk Najis

Perhatikan apakah ada bentuk atau tidak kemudian hilangkan atau pindahkan agar kotoran itu tak menyebar ke mana-mana. Caranya guyur dengan air mengalir ke bawah atau rendam beberapa menit sebelum masuk dalam mesin cuci.

Sebab apabila mencuci dengan mesin cuci, pastikan bentuk najis sudah hilang seluruhnya. Najis yang masuk dalam air kurang dari dua qullah akan menajiskan air pula.

Pada mazhab Syafi’I air dua qullah setara volume air 216 liter atau air dalam kubur berukuran panjang, lebar, dan tinggi 60 sentimeter. Volume air harus menggenang dan menjangkau semua permukaan baju

Mencuci dengan Sabun

Penting mencuci pakaian dengan sabun agar najis yang melekat hilang seluruhnya. Sabun deterjen dapat Anda berikan jika baju telah terbilas bersih dengan air yang banyak. Pertama membuang air bilasan tersebut dan setelah itu baru menuang sabun dengan air yang baru.

Membuka Keran Air

Jangan lupa membuka keran air pada mesin cuci untuk mengalirkan air dan membuka saluran pembuangan. Kemudian biarkan mesin cuci bekerja dengan kondisi keran air serta saluran pembuangan terbuka. Setelah pasti tak ada lagi najisnya, sudah habis dialirkan, baru tutup saluran bawah pembuangan.

Mesin Cuci dengan Air Bersih Mengalir

Apabila terlanjur menggabung pakaian bernajis dan bersih dalam satu wadah, kemudian air tersebut tergenang atau tak mengalir, maka air tersebut pun tidak suci lagi. Artinya seluruh najis akan semakin bercampur dalam air serta membaur ke pakaian suci di dalam wadah tersebut.

Kemudian apabila air hanya sedikit atau kurang dua qullah, maka masukkan baju terlebih dulu, kemudian alirkan air. Seperti dijelaskan tadi yang terpenting baju tertutup dengan air mengalir dan menggenang.

Selain itu, saat mencuci menggunakan mesin, Anda dapat menuang air ke dalamnya, tanpa mencampur sabun. Kemudian nyalakan mesin cuci dan apabila sudah selesai, dapat buang airnya. Setelah itu, tuangkan air, tambahkan sabun, dan nyalalkan mesin. Cara mensucikan pakaian dengan mesin cuci ini sudah cukup sesuai dengan syariat Islam.

Proses Mencuci Pakaian

Pada umumnya, berbagai cara mensucikan pakaian dengan mesin cuci tadi tentu sudah sering Anda lakukan. Pertama, tentang pemisahan pakaian menurut warna, jenis, dan seberapa banyak kotoran yang menempel.

Kedua, penggunaan deterjen sesuai warna dan jenis kain, seperti mengatur seberapa banyak Anda menuang sabun deterjen tersebut. Ketiga, proses pencucian menurut pengaturan mesin cuci dengan air mengalir, serta menurut jenis pakaian Anda tersebut.

Nah itulah empat cara mensucikan pakaian dengan mesin cuci, semoga tips ini bermanfaat!

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment