Jangan Salah! Kenali 5 Ciri-ciri Ikan Lemon

Author Larusso

Ciri-ciri Ikan Lemon

Pernah bertanya apa ciri-ciri ikan lemon? Dari namanya saja Anda pasti sudah bisa memprediksi bagaimana bentuk dan warna ikan lemon. Ikan ini berwarna kuning terang seperti warna jeruk lemon. Termasuk jenis ikan omnivora karena selain memakan rumput air, juga memakan berbagai serangga yang hidup di air.

Memiliki nama ilmiah Labidochromis caeruleus. Ikan ini memiliki sisik yang berwarna kuning terang. Hidup di air tawar dengan berbagai ikan lainnya. Warna yang kuning terang membuat ikan ini mudah diidentifikasi ketika berbaur dengan ikan jenis lainnya. Lalu bagaimana ciri-ciri ikan lemon selain melihat dari warnanya? Artikel ini akan membahas selengkapnya untuk Anda.

Ciri-ciri Ikan Lemon

Ciri-ciri Ikan Lemon

Agar tidak salah memilih, berikut beberapa cirinya dari ikan lemon yang mudah untuk mengenalinya.

Warna Kuning Terang

Tidak seperti ikan lainnya yang memiliki warna lebih dari satu di sisiknya. Ikan lemon hanya memiliki satu warna kuning terang di sisiknya. Inilah yang menjadi pembeda paling mencolok ikan lemon dengan ikan jenis lainnya. Warna kuning terang tanpa ada motif apapun.

Di toko yang menjual ikan hias, sangat mudah mengenali ikan lemon. Hanya dengan satu kali pandangan saja, Anda akan langsung bisa menemukan ikan lemon ini. Kuning terang ini terlihat seperti ada cahaya di permukaan sisiknya. Dan warna kuning inilah yang menjadi daya tarik ikan ini.

Bentuk Tubuh

Selain warna sisik, bentuk tubuh ikan lemon juga mudah dikenali. Bentuknya hampir mirip seperti ikan bawal dengan bentuk tubuh yang pipih dan memanjang. Bentuk kepalanya juga memanjang agak ke atas. Tubuh pilih yang lebar inilah yang menjadi ciri khas ikan lemon yang mencolok.

Ukurannya beragam. Semakin besar usia, ukurannya semakin besar. Tapi tidak terlalu besar seperti ikan perairan laut dalam. Tubuh yang proporsional inilah yang membuat ikan ini menjadi ikan hias yang dipelihara di akuarium. Atau di kolam ikan dengan ukuran yang beragam.

Bentuk Ekor

Bentuk ekor ikan lemon adalah protocercal, yaitu bentuk ekor dengan ruas-ruas vertebrata menyokong sirip. Ekor ini terus mempertahankan bentuknya tanpa mengalami perubahan bentuk. Sirip ekor ikan ini biasa ada pada ikan jenis Cephalaspidomorphi. Terlihat simetris pada bagian atas dan bawah.

Bentuk ekor seperti ini memang cukup populer sehingga mampu menarik perhatian peminatnya. Terlihat indah dengan warna kuning yang terang mencolok. Maka tak heran jika ikan lemon banyak menjadi incaran meski harganya cukup mahal.

Ukuran Ikan

Ukuran ikan memang tidak sebesar ikan perairan laut dalam. Namun ikan ini bisa tumbuh hingga ukuran 15 centimeter. Memang tidak terlalu besar. Maka wajar jika ikan ini sering dipelihara di aquarium rumah. Atau oceanatorium dengan beberapa ikan lainnya.

Ikan lemon juga bisa jenis ikan petarung. Jadi tidak akan saling beradu jika disatukan dengan ikan lainnya. Ada sirip yang tumbuh dari punggung hingga mendekati ekor. Berbeda dengan warna sisiknya. Warna sirip ikan ini justru memiliki perpaduan warna hitam, putih, dan kuning.

Habitat Ikan Lemon

Ciri-ciri dari Ikan lemon lainnya adalah terlihat pada habitat. Habitat atau tempat hidup ikan lemon berada di air tawar dengan kadar pH 7 hingga 9. Suhu paling ideal agar ikan ini bisa hidup adalah antara 23 sampai 26 derajat celsius. Biasa hidup di danau atau rawa air tawar.

Asal ikan ini adalah Danau Tanganyika Afrika Tengah. Bisa hidup di dalam air hingga kedalaman 40 meter. Ketahanan hidup yang luar biasa inilah yang membuat ikan lemon bisa beradaptasi dan berkembang biak dengan lebih baik. Bahkan kabar baiknya bisa hidup di luar habitatnya.

Ikan ini juga banyak ditemukan di Indonesia. Di berbagai danau dengan keindahan yang luar biasa. Menjadi kekayaan alam yang melimpah untuk keindahan yang nyaris sulit ditemukan di tempat lainnya.

Itulah 5 ciri-ciri ikan lemon yang bisa dengan mudah Anda temukan. Tidak harus mencari di danau. Jika Anda suka dengan ikan ini, bisa membeli langsung di toko ikan hias dengan berbagai pilihan dimensi.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment