Jangan Salah! Ini 7 Ciri-ciri Pohon Mangga Chokanan

Author Larusso

Ciri-ciri Pohon Mangga Chokanan

Sebagai masyarakat yang tinggal di negara tropis, tentu Anda tidak asing lagi dengan buah mangga. Tapi pernahkah mendengar istilah mangga chokanan? Mangga varietas unggul yang mungkin tidak banyak dipahami masyarakat kita. Terlebih lagi ciri-ciri pohon mangga chokanan hampir sama seperti pohon mangga lainnya.

Mangga chokanan merupakan salah satu mangga dari varietas Thailand. Memiliki campuran rasa yang manis dan asam. Kulit buahnya dominan warna kuning. Biasa tumbuh di iklim tropis karena membutuhkan suhu panas dan kelembaban agar bisa berbunga dan berbuah dengan baik.

Ciri-ciri Pohon Mangga Chokanan

Ciri-ciri Pohon Mangga Chokanan

Pohon mangga chokanan memang hampir sama seperti varietas mangga lainnya. Tapi ada beberapa ciri-ciri pohon mangga jenis chokanan yang bisa Anda ketahui dengan mudah dan jelas.

Bentuk Pohon

Pohon mangga chokanan termasuk pohon yang bisa tumbuh menjulang tinggi. Bahkan ketinggiannya bisa mencapai 8 hingga 10 meter dengan diameter 60-80 cm. Memiliki bentuk daun yang lebar dan batang yang lebat dibandingkan dengan jenis varietas mangga lainnya.

Menanam pohon mangga chokanan ini paling cocok memang di lahan yang luas. Mengingat perkembangan pohon, batang, dan daun yang sangat lebat. Seperti di kebun, ladang, atau pekarangan yang luas. Karena jika lahannya sempit, pertumbuhan dan perkembangan pohon mangga menjadi terganggu.

Buah

Buah mangga chokanan memiliki ciri khas tersendiri. Berukuran cukup besar, oval, dan memiliki kulit yang halus. Saat masih muda, kulit buahnya berwarna hijau dan merah pada bagian atas. Ketika sudah tua kulit buah mangga berubah menjadi warna kuning terang agak keemasan.

Saat sudah matang buahnya berwarna kuning dengan rasa buah yang manis dan sedikit asam. Dagingnya cukup tebal dan bijinya berukuran kecil. Maka tak heran jika banyak yang menyebut bahwa buah ini merupakan varietas unggul. Satu kilo gramnya hanya berisi satu sampai 2 buah saja.

Bunga

Ciri-ciri pohon mangga chokanan lain bisa Anda kenali dari bunganya. Bunga mangga chokanan berwarna merah keunguan. Dengan ukuran yang cukup kecil dan lebat. Sedangkan kelopaknya memanjang menyerupai jari tangan. Keunikan bentuk bunga inilah yang membuat bunga mangga chokanan mudah dikenali.

Sebagian masyarakat mungkin belum terlalu familiar dengan bentuk bunga mangga ini. Karena memang ada beberapa tempat di Indonesia yang tidak menanam pohon mangga varietas ini. Tapi dengan iklim tropis yang baik, pohon ini bisa tumbuh subur dengan bunga dan buah yang ranum.

Daun

Selain buah dan bunga, Anda juga bisa mengenali mangga chokanan dari bentuk dan tekstur daunnya. Memiliki daun dengan tekstur permukaan yang mengilap berwarna hijau kebiruan. Ukuran daunnya lebih lebar dan besar daripada varietas lainnya. Warna daun bagian atas lebih gelap daripada warna daun pada bagian bawah.

Ini berkebalikan dari mangga jenis lainnya. Di mana daun bagian atas memiliki warna lebih terang daripada daun pada bagian bawah. Dan daun dengan bentuk yang cenderung kecil mengerucut.

Batang

Ciri khas yang paling menyolok dari mangga chokanan adalah pada batangnya. Batangnya memiliki permukaan dengan duri-duri kecil. Tekstur batangnya keras dan kasar. Berwarna coklat kehitaman atau abu-abu agak kebiruan. Ini berbeda dengan pohon mangga varietas lain yang kulit batangnya cenderung agak halus tanpa ada duri-duri pada permukaannya.

Akar Tunggang

Sama seperti pohon mangga lainnya, pohon mangga chokanan memiliki jenis akar tunggang. Bedanya, pada akar mangga ini memiliki akar serabut yang ada di sekitar akar tunggang. Akar inilah yang berfungsi untuk mengambil air dan berbagai nutrisi yang diperlukan oleh pohon mangga.

Masa Berbuah

Sebenarnya mangga chokanan bisa berbuah sepanjang tahun. Terutama yang tumbuh di wilayah tropis. Tapi masa buah yang paling sering adalah saat musim panas atau kemarau. Bunganya akan tumbuh dengan maksimal dan menghasilkan buah yang maksimal juga.

Nah, itulah tujuh ciri-ciri pohon mangga chokanan. Anda pernah melihat di sekitar rumah? Ini bisa menjadi varietas unggulan yang bisa Anda tanam di pekarangan, kebun, atau bahkan taman di perumahan. Bisa juga mengembangbiakkan sebagai usaha agrobisnis yang berpeluang besar.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment