Mengenal Apa Saja Jenis-jenis Aluminium dan Fungsinya

Author Larusso

Jenis-jenis Aluminium dan Fungsinya

Aluminium merupakan salah satu bahan logam yang penggunaannya cukup familiar dalam kehidupan sehari-hari. Kita sering mendapati berbagai peralatan dengan material aluminium di lingkungan sekitar. Contohnya seperti perabotan rumah tangga, peralatan dapur, panel listrik dan lain-lain.

Aluminium merupakan benda yang termasuk ke dalam golongan logam. Sebagai bagian dari logam, ternyata aluminium memiliki banyak sekali macam dan jenis. Informasi mengenai jenis-jenis aluminium dan fungsinya akan kita ulas tuntas pada artikel berikut ini. Simak selengkapnya disini!

Jenis-jenis Aluminium dan Fungsinya

Jenis-jenis Aluminium dan Fungsinya

Aluminium merupakan salah satu bahan logam yang memiliki karakteristik khusus, yaitu ringan, kuat dan juga tahan karat. Karena keistimewaan itulah mengapa penggunaan bahan aluminium sangatlah populer dalam kehidupan kita.

Aluminium sendiri sebenarnya tergolong menjadi berbagai macam varian. Dimana setiap jenisnya memiliki sifat, karakteristik dan fungsi yang berbeda. Simak perbedaan jenis aluminium dan fungsinya berikut ini.

Aluminium Murni

Jenis yang pertama adalah aluminium murni. Mendapat sebutan demikian karena logam ini memiliki kadar yang masih sangat tinggi yaitu hingga 99,0 % atau bahkan 99,9 % aluminium.

Selain memiliki kadar yang murni, tipe logam ini juga memiliki karakteristik khas. Antara lain yaitu kuat, memiliki bobot ringan, bertekstur lunak, mudah dalam pembentukan, serta memiliki kekuatan tensil hingga 90 Mpa.

Selain itu, aluminium murni juga memiliki tingkat ketahanan korosi yang sangat baik. Bobotnya yang ringan menjadikan logam ini pemakaiannya sering dimanfaatkan untuk membuat bahan terbang.

Aluminium Alloy Foil

Jenis aluminium yang satu ini merupakan logam yang terbuat dari perpaduan dengan berbagai bahan lain. Contohnya ialah mangan, kromium, tembaga, hingga magnesium.

Aluminium tipe Alloy Foil memiliki bobot ringan, keras, dan anti korosi. Fungsi dan penggunaannya sendiri cukup beragam, beberapa contohnya yaitu bisa kita temukan pada mesin-mesin otomotif, kerangka pesawat, kompresor kendaraan dan lain sebagainya.

Aluminium Sheet

Sheet aluminium memiliki karakteristik yang khas yaitu bentuknya yang berupa lembaran dan memiliki tekstur mengkilap. Sheet aluminium merupakan bahan logam yang terbuat dari kombinasi antara aluminium dengan berbagai bahan lainnya.

Komposisinya yaitu terbuat dari kombinasi aluminium, perunggu, tembaga dan juga magnesium. Karakteristik spesial dari material ini adalah memiliki ketahanan panas yang tinggi.

Pengaplikasian bahan tersebut biasa kita temukan pada berbagai benda, antara lain yaitu untuk membuat perabotan rumah tangga. Misalnya seperti peralatan dapur, wajan, panci, dan lain sebagainya.

Bare Aluminium

Jenis-jenis aluminium dan fungsinya selanjutnya adalah bare aluminium. Bare aluminium merupakan material yang memiliki ketahanan rendah dengan korosi. Oleh sebab itu, bahan ini rentan berkarat dan memiliki tampilan kurang menarik.

Meskipun demikian, bare aluminium memiliki kekuatan yang sangat baik. Jadi walaupun bagian luarnya tampak berkarat, tapi bagian dalamnya tetap kuat dan kokoh.

Oleh sebab itu dalam pemanfaatannya logam ini biasa terpakai untuk membuat barang-barang yang kurang memperhatikan tampilan luar. Misalnya untuk panel listrik, terminal block, dan lain-lain.

Clad Aluminium

Clad aluminium adalah logam yang terbuat dari gabungan aluminium murni dengan magnesium, nikel, tembaga, silikon dan juga seng. Selain itu, bahan ini juga mengandung material anti karat yang sering disebut chopper. Clad aluminium memiliki keistimewaan yaitu sifatnya yang anti karat atau anti korosi. Bahan ini juga memiliki daya tahan yang tinggi.

Penggunaannya sendiri yaitu sering kita temukan untuk beberapa keperluan. Beberapa contohnya dipakai dalam industri makanan, kosmetik atau bahan baku mesin produksi untuk makanan.

Aluminium 2024-T351

Material yang satu ini merupakan jenis yang paling keras. Selain keras, material ini juga kuat dan tahan panas tinggi. Jadi meskipun terkena suhu yang sangat panas material ini akan sangat sulit untuk mencair.

Konstruksi yang kokoh, kuat, tidak mudah mencair menjadi keuntungan tersendiri. Oleh sebab itu, aluminium yang komposisinya berkombinasi dengan magnesium tersebut biasa kita dapati penggunaannya untuk keperluan otomotif. Contohnya yaitu untuk konstruksi badan pesawat.

Aluminium Campuran

Selain jenis-jenis yang kita ulas pada artikel di atas, kita juga bisa menemukan banyak aluminium campuran. Aluminium campuran memiliki banyak sekali sebutannya. Ada yang menyebut sebagai aluminium 1000, 2000,3000 dan lain sebagainya.

Demikian beberapa informasi mengenai jenis-jenis aluminium dan fungsinya. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan Anda untuk mengetahui lebih spesifik mengenai bahan logam tersebut.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment