Inilah Beberapa Jenis Sablon Baju Terbaik 

Author Larusso

Kaos sablon masih menjadi pilihan produk baju yang banyak diminati oleh orang-orang. Salah satu alasannya ialah karena kenyamanan dalam memakainya. Menariknya, Anda bisa mendapatkan berbagai jenis sablon sesuai dengan keinginan. Namun, tetap perlu diperhatikan beberapa jenis sablon baju terbaik yang bisa menjadi pilihan. 

Umumnya, setiap teknik sablon biasanya menggunakan bahan yang berbeda. Untuk bisa mendapatkan kualitas yang bagus, maka desain dan bahan pun harus diperhatikan. Dengan mengetahui berbagai macam sablon kaos, maka akan sangat membantu Anda dalam memilih produk yang tepat. 

Beberapa Jenis Sablon Baju Terbaik 

Sablon Rubber

Jenis sablon baju terbaik yang pertama ialah sablon rubber. Sablon rubber umumnya disebut juga dengan nama sablon karet. Disebut demikian karena memiliki serat alami yang mampu menutupi serat kain dan hasilnya sangat elastis seperti karet. Kepekatan tinta dari sablon ini sangat cocok digunakan untuk menyablon kain berwarna gelap. 

Selain digunakan sebagai sablon utama, sablon rubber biasa digunakan sebagai penyablonan dasar. Di mana nantinya bisa ditimpa dengan jenis sablon lainnya. Keunggulan lain dari sablon ini ialah tintanya cenderung awet dan tahan lama. Di samping itu bisa dengan mudah disetrika. 

Sablon Plastisol 

Jenis sablon baju terbaik selanjutnya ialah sablon plastisol. Jenis sablon ini sangat sering ditemukan di pasaran. Baik pada kaos berlengan panjang atau lengan pendek. Bahan ini umumnya memiliki daya tahan tinggi dan awet. Itu sebabnya hasil dari sablon ini memiliki warna cerah, presisi, sampai dengan memiliki kesan yang premium. 

Namun perlu diketahui bahwa bahan ini relatif mahal. Di samping itu, dalam merawat sablon ini pun perlu berhati-hati agar tidak mudah rusak. Bahan plastisol juga dapat meleleh apabila terkena panas. Bahkan, bahan ini bisa dengan mudah dihilangkan oleh cairan. 

Sablon Pigmen 

Sablon pigmen juga masuk ke dalam deretan jenis sablon baju terbaik. Jenis sablon ini sangat banyak digunakan oleh orang-orang. Sebab memang sangat mudah menyerap ke dalam serat kain. Sablon jenis ini biasa digunakan untuk teknik penyablonan kain berwarna terang. 

Sangat tidak disarankan menggunakan sablon ini untuk bahan kain berwarna gelap. Hal ini dikarenakan warna tinta sablon pigmen akan kalah dengan warna gelap dari kain itu sendiri. Dengan begitu, jika Anda akan membuat sablon untuk kain berwarna gelap, hindari sablon ini. 

Sablon Discharge 

Kemudian Anda juga bisa menemukan sablon discharge. Jenis sablon baju terbaik ini sering digunakan dalam pembuatan kaos distro. Sablon ini juga dikenal dengan teknik cabut warna. Untuk metode sablon ini akan memberikan hasil yang lebih sempurna jika diaplikasikan pada bahan atau kain dengan warna gelap. 

Nantinya hasil cetakan akan memberikan kesan lebih alami dan mampu memberikan tampilan dengan kesan seperti motif asli dari kain dimilikinya. Akan lebih baik jika Anda mengaplikasikan sablon ini pada jenis kain katun yang memiliki konsentrasi tinggi. Di samping itu, metode sablon ini akan sangat sulit apabila diaplikasikan pada kain dengan warna ungu, biru, dan hijau. 

Jenis Sablon Baju Terbaik: Flocking 

Ragam selanjutnya ialah sablon flocking. Jenis sablon ini biasanya membutuhkan beberapa bahan tambahan lain. Salah satunya ialah beludru sebagai bahan lapisannya. Penggunaan bahan lainnya ini memiliki tujuan untuk membentuk permukaan yang timbul dan dilekatkan menggunakan perekat tertentu. 

Sablon ini memiliki 2 jenis, yaitu sablon bubuk dan lembaran. Tentu saja keduanya memiliki perbedaan tertentu yang membuat Anda harus memperhatikannya dengan baik. Ketika akan melakukan teknik sablon ini, maka memerlukan alat presser agar nantinya sablon bisa merekat dengan lebih kuat. 

Sablon DTG 

Sablon DTG menjadi bagian dari jenis sablon baju terbaik. Saat ini, sablon DTG sangat hits di kalangan banyak orang. Pada praktiknya, tahapan penyablonan ini dilakukan dengan menggunakan mesin digital. Sehingga nanti hasilnya akan lebih jelas dan detail. Kebanyakan, sablon ini digunakan pada tahapan produksi kaos massal. 

Hasil cetakan dari sablon ini akan sangat memuaskan jika Anda menggunakan kaos berwarna putih. Namun perlu diketahui bahwa jenis sablon memiliki harga yang relatif tinggi. Sebab, tinta yang digunakan dalam sablon ini memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan jenis tinta sablon yang lainnya. 

Sablon Super White 

Jenis sablon baju terbaik lainnya ialah sablon super white. Jenis sablon yang satu ini sering menjadi pilihan utama pada industri konveksi saat ini. Untuk sifat dari sablon super white hampir sama dengan sablon rubber, sebab mampu menembus serat kain. 

Hal yang menjadi pembedanya ialah jenis sablon ini memiliki tinta yang jauh lebih transparan dan biasanya hanya tersedia pada 2 pilihan warna saja, yaitu white dan colour. Jenis sablon ini sangat cocok untuk penyablonan kain dengan warna yang gelap. 

Jenis Sablon Baju Terbaik Polyflex 

Sablon polyflex biasanya sangat unggul dalam menciptakan warna-warna yang padat dan membutuhkan ketajaman tinggi. Jenis ini masuk ke dalam sablon digital yang umumnya tidak memiliki minimum order. Sablon ini umumnya juga digunakan dalam pembuatan nomor pada jersey sepak bola. Akan lebih baik jika mengaplikasikan sablon polyflex pada jenis bahan kain katun dan polyster. 

Sablon 3D 

Sesuai dengan namanya, maka jenis sablon ini menggunakan teknologi cetak 3D. Sehingga akan menghasilkan gambar atau pola yang tampak memiliki dimensi yang lebih nyata. Pada prosesnya, desain yang diinginkan akan dipindahkan pada kaos dengan metode cetak 3D. 

Jenis sablon baju terbaik ini umumnya mampu menciptakan ilusi optik, seolah gambar terasa hidup. Dengan demikian, tampilan dari sablon ini akan lebih menarik dan menambah estetika tersendiri. 

Sablon DTF 

Kemudian ada jenis sablon DTF atau Direct Transfer Film yang memiliki proses dengan mentransferkan gambar pada sebuah kertas film. Dalam proses pembuatannya, biasa akan digunakan lem bubuk yang memiliki fungsi sebagai perekat. Kelebihan dari jenis sablon ini ialah bisa digunakan pada berbagai jenis kain, seperti polyster, katun, dan DC.

Jenis Sablon Baju Terbaik Glow in The Dark 

Glow in the dark menjadi macam lainnya yang bisa Anda pilih. Umumnya, jenis sablon ini banyak digunakan untuk sablon distro. Konsep dari sablon ini sangatlah berbeda dengan sablon lainnya. Ada banyak bahan yang biasa digunakan pada metode sablon ini, di antaranya rubber, plastisol, dan penambahan bahan fosfor. 

Berbagai bahan tersebut akan memberikan tampilan menyala ketika nantinya baju tersebut Anda pakai dalam ruangan gelap. Tampilan dari sablon ini akan memberikan efek yang sangat bagus dan lebih tahan lama. Hal ini dikarenakan campuran dari berbagai bahan pada saat proses pembuatannya. 

Demikianlah beberapa jenis sablon baju terbaik yang bisa Anda pilih. Berbagai jenis sablon di atas memiliki kelebihan dan kekurangan lain yang membuatnya unik. Perlu diketahui bahwa tidak semua jenis salon cocok untuk semua jenis kain. 

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment