5 Jenis Table Set Up untuk Jamuan Makan yang Berbeda

Author Larusso

enis Table Set Up

Pernah mendapat undangan jamuan makan formal? Biasa disebut dengan fine dining. Sebuah jamuan makan malam keluarga atau kolega bisnis untuk membahas sesuatu yang penting. Salah satu hal yang mencuri perhatian sekaligus pemandangan utama adalah adanya jenis table setelah up.

Yaitu sebuah meja makan mewah lengkap dengan berbagai perlengkapan makan yang tak kalah mewah. Berbagai menu makanan akan dihidangkan sesuai dengan konsep acara jamuan makan tersebut. Beberapa waiters profesional akan membantu agar jamuan makan bisa sesuai dengan ekspektasi.

Sudah Tahu Apa Itu Table Setting?

enis Table Set Up

Secara sederhana, table setting adalah aktivitas menutup dan merangkai meja makan dengan berbagai perlengkapan meja makan yang ada. Seperti glassware, silverware, chinaware, dan lain sebagainya. Tujuannya adalah agar tampilan meja makan lebih menarik dan memudahkan pengunjung untuk mengambil berbagau alat yang digunakan.

Table setting memang identik dengan jamuan makan yang mewah. Maka dari itu, semua perlengkapan yang digunakan juga terkesan dan terlihat sangat mewah. Biasanya ada untuk kalangan menengah ke atas. Dengan harga makanan dan pelayanan yang sangat mahal dan berkelas.

Jenis Table Set Up

Secara umum ada 3 jenis tablet set up yang biasa digunakan. Namun pada artikel ini akan menjelaskan 5 jenis table setting yang biasa ada pada jamuan makan mewah di hotel atau restoran ternama.

Basic Table Setting

Ini adalah peralatan makan paling dasar yang harus ada di meja makan. Yaitu piring, garpu, sendok, pisau, serbet dan gelas air. Anda bisa meletakkan piring pada bagian tengah. Sedangkan pisau dan sendok terletak sejajar pada sebelah kanan piring. Dan pada sebelah kiri piring ada serbet yang terletak di bawah garpu.

Gelas air bisa Anda letakkan pada bagian depan piring. Ini akan memudahkan tamu untuk mengambil air di sela-sela jamuan makan. Yang namanya basic, semua peralatan itu harus ada tanpa terkecuali karena jika kurang satu saja akan menyulitkan tamu.

Standart Table Setting

Standart table setting ini hampir sama dengan basic table setting. Bedanya, pada standart table setting ini terdapat tambahan pisau dan piring kecil yang fungsinya untuk dessert. Terletak pada bagian kiri piring utama dengan ukuran piring dan pisau yang lebih kecil.

Standart table setting ini ada untuk breakfast, lunch, ataupun dinner. Isi dessert bisa beragam. Mulai dari buah, puding, hingga cake ringan. Dengan standart table setting ini makanan yang tersaji tentu saja lebih banyak variasinya. Pastikan meja makan memiliki ukuran yang lebih besar agar tidak terkesan ramai.

Formal Table Setting

Jenis table set up yang cukup lengkap disebut dengan formal table setting atau elaborate table setting. Biasanya ada untuk jamuan makan tamu kenegaraan atau kolega bisnis yang mewah dan berkelas. Dalam satu meja ada banyak peralatan makan yang berfungsi dengan baik.

Ada piring utama, mangkuk sup, sendok, garpu, piring dan pisau kecil untuk dessert, gelas air, sendok teh, paper shaker, salt shaker, dan lain sebagainya. Semua bisa berfungsi dengan baik. Apakah tamu akan menggunakan semuanya atau tidak tergantung selera. Yang pasti waiters harus menyiapkan sebagai peralatan yang lengkap.

Informal Table Setting

Bisa dikatakan bahwa informal table setting adalah bentuk sederhana dari formal table setting. Tidak semua peralatan formal setting ada di sana. Hanya menyesuaikan dengan kebutuhan saja. Cara peletakan peralatannya juga tidak seformal table setting, tapi masih cukup rapi untuk sebuah acara jamuan makan.

Informal table setting ini biasa ada untuk jamuan makan keluarga. Bukan untuk jamuan makan tamu kenegaraan ataupun kolega bisnis. Jadi lebih ringan dan tidak terlalu kaku.

Breakfast Table Setting

Breakfast table setting adalah table set up untuk sarapan. Peralatannya hampir sama dengan standart table setting. Hanya ada tambahan cangkir dan cawan untuk teh atau kopi. Biasanya ada untuk jamuan sarapan di hotel atau untuk keluarga.

Nah, itulah beberapa pilihan jenis table set up. Dari kelima table set up tersebut, Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan jamuan makan. Semakin formal suatu acara maka semakin lengkap pula peralatan yang digunakan.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment